1

Mengintip Update Sistem Operasi Macintosh Terbaru, Mountain Lion

1 Jun 2012 12:30 3703 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kesuksesan Apple dengan sistem operasi Mac OS X-nya sepertinya tidak berujung dengan kata puas bagi Tim Cook dan timnya. Apple berencana kembali menghadirkan **sistem operasi macintosh** terbaru yang diberi nama OS X 10.8 Mountain Lion. Sistem operasi singa gunung ini merupakan penerus OS sebelumnya yaitu OS X 10.7 Lion. Tetapi pengguna produk Apple, harus ...

Kesuksesan Apple dengan sistem operasi Mac OS X-nya sepertinya tidak berujung dengan kata puas bagi Tim Cook dan timnya. Apple berencana kembali menghadirkan sistem operasi macintosh terbaru yang diberi nama OS X 10.8 Mountain Lion. Sistem operasi singa gunung ini merupakan penerus OS sebelumnya yaitu OS X 10.7 Lion. Tetapi pengguna produk Apple, harus bersabar hingga akhir musim panas ini. Mountain Lion sendiri saat ini hanya tersedia bagi para developer. Menurut Phil Schiller, Senior Vice President Worldwide Marketing Apple, tinjauan ke developer hanya berlaku selama tujuh bulan.

Pada tag line halaman Mountain Lion, disebutkan bahwa Mountain Lion terinspirasi oleh iPad yang kemudian diimajinasikan ulang agar bisa diimplementasikan ke dalam Mac. Tampaknya Apple tidak main-main dengan pernyataannya bahwa akan membawakan pengalaman iOS ke sistem operasi Mac OS X. Dengan munculnya preview Mountain Lion di saat tak terduga ini menghancurkan anggapan orang-orang bahwa Apple telah kehilangan minat dan menganaktirikan Mac OS. Dikutip dari wawancara Wall Street Journal dengan CEO Apple Tim Cook mengatakan Mac sangatlah penting bagi Apple.

Jika dilihat dari penamaannya, tampaknya Mountain Lion ini merupakan versi perbaikan (fine tune) dari Lion, seperti halnya Snow Leopard (10.6) yang meneruskan Leopard (10.5). Lalu apa yang baru di Mountain Lion ini? Apple akan membawa banyak fitur-fitur dari iOS ke OSX ke Lion, begitu pula untuk Mountain Lion yang juga akan dilengkapi dengan Notification Center, AirPlay Mirroring, Reminders, iMessage dan bahkan Game Center. Salah satu fitur yang menarik perhatian adalah Gatekeeper, yang akan melindungi Mac dari aplikasi berbahaya. Dengan fasilitas ini maka Mac akan menyalakan aplikasi yang diunduh melalui App Store Mac dan dapat langsung mengontrol aplikasi tersebut.

Berikut ini Paseban akan sedikit menguraikan fitur-fitur baru di sistem operasi macintosh terbaru ini, yang sebagian besar fitur barunya merupakan transformasi iOs untuk Mac OS X.

iCloud

Sejak diluncurkan iCloud sudah melayani proses sinkronisasi lebih dari 100 juta pelanggan. Mountain Lion adalah OS pertama Apple yang terintegrasi dengan iCloud. Sistem operasi ini menggunakan Apple ID user untuk otomatis melakukan set up Contacts, Mail, Calendar, Messages, Facetime, dan Find My Mac. Jika Anda melakukan save dokumen di iCloud, revisi yang dilakukan di satu perangkat akan secara otomatis tersedia di perangkat Apple lainnya.

Messages

Implementasi Messages atau yang di perangkat Apple lain disebut iMessages ini cukup menarik, apalagi ternyata iMessage di Mac akan menggantikan iChat yang sudah cukup tua. Dengan Messages pengguna Mac OS X yang tidak mempunyai perangkat iOS dapat berkomunikasi dengan pengguna iOS dan juga sebaliknya. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah akun Apple ID yang bisa diperoleh secara gratis. Bertukar pesan via Messages dapat dilakukan secara unlimited, termasuk mengirim foto, video HD dan attachment lain hingga 100MB.

Reminders dan Notes

Pada Mountain Lion Anda bisa menikmati Reminders lengkap dengan interface yang mirip dengan yang di iOS. Reminders ini juga akan langsung tersinkronisasi melalui iCloud. Anda tidak akan lupa lagi untuk melakukan tugas-tugas Anda. Sementara itu , untuk Notes di Mountain Lion tampaknya sudah bercerai dengan Mai app. Notes akan berdiri sendiri sebagai sebuah aplikasi. Anda dapat mengirimkan Notes melalui email atau Messages, Anda juga dapat menambahkan gambar-gambar ke dalam Notes Anda. Dengan begitu kehadiran Notes ini bisa jadi menggantikan Sticky Notes yang sudah berumur.

Notification Center

Lagi-lagi, Notification Center di Mountain Lion mirip dengan yang ada di iOS. Fitur ini mengingatkan pengguna jika ada sesuatu yang baru dari Mail, Calendar, Messages, Reminders, update sistem ataupun aplikasi dari pihak ketiga.

Share Sheet

Salah satu fitur baru di Mountain Lion adalah kemudahannya untuk berbagi dengan Share Sheets. Apple memberikan kemudahan untuk berbagi link, foto dan video secara langsung dari Apple dan aplikasi pihak ketiga. Dalam hal ini Apple bekerja sama dengan Flickr untuk berbagai foto dan Vimeo untuk video.

Game Center

Hadirnya Game Center ini membuat Anda menjadi lebih mudah bersaing dan bermain bersama teman-teman Anda. iOS telah sukses dengan Game Center, dan kali Game Center masuk ke Mac. Kemungkinan besar Apple sudah merekrut developer game yang sukses di iOS untuk porting game-game mereka di OS X.

Airplay Mirroring

Dengna Airplay Mirroring pengguna dapat melakukan mirror atau menampilkan layar komputer Mac ke televise layar besar secara wireless. Syaratnya, televise tersebut harus memiliki perangkat Apple TV. Fitur ini sudah didukung dengan tampilan high definition 720p.

Gatekeeper

Gatekeeper ini adalah sebuah aplikasi sekuritas baru untuk Mountain Lion. Dengan Gatekeeper Anda dapat mengontrol penggunaan dan instalasi aplikasi berdasarkan sumber, sehingga Anda dapat mengatur agar komputer Mac hanya menerima software yang didownload dari Mac App Store. Disini, Anda juga dapat melakukan personalisasi setting keamanan komputer Mac.

Diprediksi sistem operasi macintosh ini akan didistribusikan melalui Mac App Store seperti juga pada Lion dengan harga yang cukup terjangkau karena distribusi digital yang ekonomis. Bahkan jika mengingat harga upgrade Snow Leopard dari Leopard yang cukup murah, maka diperkirakan harga OS X perbaikan ini akan membuatnya lebih murah lagi. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel