BlackBerry 9720 - Handphone BlackBerry Terbaru 2013 dengan Gaya Lama

15 Aug 2013 09:00 4685 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perusahaan BlackBerry baru saja secara resmi memperkenalkan handphone BlackBerry terbarunya yang disematkan nama BlackBerry 9720.

Perusahaan BlackBerry baru saja secara resmi memperkenalkan handphone BlackBerry terbaru 2013-nya yang disematkan nama BlackBerry 9720. Berbeda dengan jajaran smartphone BlackBerry yang diluncurkan di tahun 2013 ini seperti Z10, Q10, dan Q5 yang membawa OS 10 BlackBerry 9720 hadir menggunakan BlackBerry OS 7.1 dan membawa desain lamanya. Seperti apa rupa handphone ini?

Desain

Seperti yang sudah dituliskan di dalam judul, handphone BlackBerry terbaru 2013 ini mengusung desain lamanya. Desain yang diusung dari handphone BlackBerry terbaru ini jika dilihat memang seperti perangkat BlackBerry yang menggunakan OS 7. Hadir dengan papan ketik yang khas dan layar mungilnya, perangkat ini dihadirkan dengan lima warna Black, White, Purple, Blue, Pure Pink, pilihan warna ini makin memanjakan para penggunanya yang ingin bernostalgia dengan perangkat BlackBerry klasik.  Tombol kontrol lainnya bisa Anda temukan di sisi kanan dan sisi atas dari ponsel ini. Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki dimensi 114 x 66 x 12 mm dan berat yang  mencapai 120 gram.

Layar

BlackBerry 9720 sendiri membawa layar sebesar 2.8 inci dengan resolusi sebesar 480 x 360 pixels dengan kerapatan yang mencapai 214 ppi. Tentu dengan resolusi yang dihadirkan layar ini akan menampilkan kotak grid dari ikon yang ditampilkan di dalam layarya. Meskipun membawa layar sebesar 2.8 inci, namun BlackBerry membawa panel IPS capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan pendar warna 16 juta macam warna. Jadi selain Anda bisa menggunakan optical trackpad sebagai navigasi utama. Seperti biasa, tidak ada material pelindung yang melindungi layar dari BlackBerry ini.

Performa

BlackBerry 9720, ditopang dengan sistem operasi BlackBerry OS 7.1 yang disokong dengan prosesor Single-core 806 MHz Tavor MG1. Dengan prosesor yang ditanamkan di dalamnya, tentu performa yang disuguhkan adalah performa yang biasa dan stAndar. Jadi jangan heran jika Anda menemui beberapa lag yang mengganggu aktifitas Anda pada saat Anda menggunakan ponsel ini.

Memori

BlackBerry menyediakan RAM dan ROM yang sama, yakni sama-sama 512MB, namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda dapat menambahkan memori dengan maksimal 32GB dengan microSD. Jadi untuk Anda yang memiliki file dengan jumlah yang lumayan besar, Anda bisa memasukkannya ke dalam perangkat ini guna menemani aktifitas bekerja Anda.

Konektivitas

Di sektor konektivitas, BlackBerry 9720 dibekali dengan konektivitas GPRS dan EDGE serta mampu memacu data hingga kecepatan HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps. Jika Anda memiliki jaringan internet nirkabel, maka Anda bisa memanfaatkan akses internet nirkabel di kawasan Anda untuk memaksimalkan penggunaan ponsel ini, karena BlackBerry 9720 dibekali dengan kanal Wi-Fi 802.11 b/g, Wi-Fi hotspot. Untuk pengiriman file antar pernagkat yang mendukung, BlackBerry 9720 membawa kanal Bluetooth v2.1 with A2DP yang mana kanal Bluetooth ini tergolong merupakan kanal Bluetooth yang kuno dimana ponsel pintar saat ini telah menggunakan kanal Bluetooth dengan versi yang lebih tinggi. Selain dibekali dengan kanal Bluetooth, ponsel ini juga dibekali dengan microUSB v2.0 yang mampu mengirimkan file dari komputer dengan kecepatan tinggi ke BlackBerry 9720.

Kamera

Fitur fotografi merupakan fitur yang tidak bisa ditinggalkan atau telah menjadi fitur resmi dari ponsel pintar saat ini. Begitu pula dengan BlackBerry 9720. Ponsel ini dibekali dengan kamera utama yang memiliki kekuatan sebesar 5 megapiksel yang mana kamera utamanya ini mampu mengabadikan gambar dalam resolusi sebesar 2592x1944 pixels. Kamera utamanya ini dibekali dengan fitur LED flash¸Geo-tagging, image stabilization. Selain hAndal dalam mengabadikan gambar digital, kamera utama ini juga mampu  merekam video yang masih belum diketahui kualitas dari video yang dihadirkan oleh ponsel ini. Sayangnya, untuk kamera sekunder, BlackBerry 9720 mengabsenkannya.

Fitur

Beragam fitur juga dibenamkan di dalam perangkat ini, seperti BBM key, MP3/eAAC+/WMA/WAV/Flac player¸MP4/H.263/H.264/WMV player, Organizer, Document view, Voice memo/dial, Predictive text input, SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM, Stereo FM radio with RDS, A-GPS support dan sensor Proximity.

Baterai

Baterai Li-Ion 1450 mAh dibenamkan untuk menyokong segala aktifitas di dalam perangkat ini. Alhasil, baterai ini mampu menyokong ponsel ini hingga 7 jam dan 30 jam dalam hal penggunaannya untuk pemutaran musik.

Kesimpulan

BlackBerry 9720 ini ditargetkan untuk pasar dikawasan Asia yang kemungkinan untuk pasar Indonesia termasuk, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Namun BlackBerry masih enggan membocorkan kisaran harga yang dibawa oleh perangkat ini nantinya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel