Kios Bento Sekarang Tidak Hanya di Jepang Saja Lho!

22 Oct 2015 12:00 3973 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kios bento disini adalah kios Ekiben. Apa itu?

Bagi rekan pembaca yang sudah pernah ke Jepang, menemukan stall atau tempat yang menjual bento di setiap stasiun kereta bukanlah hal yang aneh. Tempat menjual bento yang berlokasi di stasiun-stasiun kereta api di Jepang diberi nama Ekiben dimana eki memiliki arti stasiun dan ben adalah kependekan dari bento.

Apa itu bento?

Bento adalah jenis makanan berat yang dikemas dalam sebuah box. Isinya terdiri dari nasi dan lauk yang beranekaragam dan biasa dibeli oleh mereka yang memang tidak mau pusing membuat bekal makan sendiri.

Di Indonesia sendiri, bento biasanya dapat kita temukan di supermarket-supermarket asal Jepang seperti Lawson yang tersebar di banyak kota di Indonesia.

Tapi, apakah di Indonesia ada penjual bento otentik langsung dari Jepang di setiap stasiun kereta api di Indonesia?

Sepengetahuan penulis sih tidak;

Umumnya, Ekiben atau tempat menjual bento yang lokasinya di stasiun kereta api hanya dapat rekan pembaca temukan di Jepang saja. Hal ini dikarenakan kereta api adalah alat transportasi massal yang paling sering digunakan di negeri sakura, dan Ekiben adalah salah satu inovasi bisnis yang memanfaatkan peluang dari penggunaan transportasi massal tersebut.

Jadi, bagi rekan pembaca yang ingin mencoba seperti apa itu Ekiben, mungkin harus ke Jepang dulu. Namun, hal itu sekarang tidak berlaku lagi. Alasannya, sebuah tempat penjualan bento (Ekiben) asal Jepang akan dibuka di sebuah kota yang terkenal dengan fashion-nya bernama Paris, yang letaknya di negara Perancis.

Paris-Gare de Lyon adalah salah satu stasion kereta api terpadat tidak hanya di Perancis saja, namun di benua Eropa. Hal ini dikarenakan, setiap bulannya, terdapat lebih dari 7.5 juta orang menggunakan dan melewati stasion ini.

Diantara 7.5 juta orang tersebut, pasti ada sebagian dari mereka yang memang kelaparan karena diburu waktu. Disitulah Ekiben memanfaatkan potensi bisnis yang ada, yaitu dengan hadir untuk memuaskan nafsu makan para pelancong lewat kuliner spesial Jepang yang dari sudut pandang orang Perancis adalah sebuah kuliner yang spesial karena komposisi atau susunan dari menunya.

Berlokasi di Hall 2 dari stasiun kereta api Paris-Gare de Lyon, kios Ekiben ini akan menjual berbagai menu bento khas Jepang yang langsung dibuat langsung oleh koki dari negeri matahari tersebut.

Mungkin bagi rekan pembaca yang pernah ke Singapura atau Taiwan, Anda pernah menemukan Ekiben di stasiun kereta api. Namun, kedua Ekiben tersebut berbeda. Jika pada Ekiben yang akan dibangun di paris ini memiliki target para pelancong, Ekiben yang pernah Anda jumpai di Singapura dan Taiwan adalah Ekiben yang dijual pada suatu event tertentu saja dan tidak permanen. Target dari Ekiben-nya juga adalah para wisatawan atau pengunjung event dan bukan para pelancong.

Dalam satu kios Ekiben, biasanya setiap stasion punya resep spesial masing-masing yang biasanya adalah resep daerah tempat stasion kereta api itu berada. Dan pada Ekiben yang ada di Paris-Gare de Lyon, akan ada dua buah menu bento spesial yang resepnya adalah kolaborasi antara kuliner Jepang dengan kuliner Perancis.

Menu bento spesial tersebut bernama French Charolais Beef Sukiyaki Style dan Makunouchi Bento French Style. Yang mungkin mengagetkan bagi kita orang Indonesia, ternyata kedua menu bento tersebut dihargai 15 Euro atau sekitar 250 ribu rupiah per box nya. Cukup mahal bukan ?!

Selain kedua menu di atas, ada juga pilihan menu dengan harga yang lebih murah, yaitu Omotenashi Bento dan Maki Sukeroku Bento dengan harga masing-masing 13 Euro dan 8 Euro.

Bagi rekan pembaca yang ingin merasakan bento khas Jepang tahun 1800-an, Ekiben Paris juga akan menyediakan Onigiri Bento yang isinya terdiri dari 3 buah onigiri dengan rasa berbeda dan beberapa buah kaarage atau yang kita kenal dengan fried chicken tanpa tulang.

Harga untuk menu ini sendiri adalah 8 Euro, yang juga merupakan menu termurah di Ekiben tersebut.

Rencananya, Ekiben ini akan dibuka di Paris-Gare de Lyon pada tanggal 1 Desember 2015 nanti. Dan secara perlahan stall atau tempat jualan ini akan secara perlahan diperluas ke stasion-stasion lain di Paris.

Itu di Paris, tapi kapan ya Ekiben ada di Indonesia?

Apakah rasanya akan berbeda dengan bento yang dijual di supermarket seperti Lawson?

Kita hanya bisa berharap dan menunggu. [FM]

 

 

via JR East dan narinari

Tags Jepang

About The Author

Fahd M. 80
Professional

Fahd M.

Saya suka menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya gadget dan komputer. Selain itu saya juga suka hal-hal yang berkaitan dengan Jepang.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel