Monitor Asus PQ321 - Monitor Full HD 31,5 Inci Berteknologi IGZO & Berbody Ramping

19 Jul 2013 19:00 2434 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Monitor Full HD Asus PQ321 menawarkan resolusi layar 3840 x 2160 serta dibekali desain body yang lebih ramping dibanding Ulta HD display lainnya, yaitu hanya 35 mm.

Baru-baru ini Asus, perusahaan PC dari Taiwan, memperkenalkan sebuah monitor full HD Asus terbaru miliknya, yaitu PQ321. Sepertinya peluncuran produk ini bertujuan untuk menyaingi monitor yang sebelumnya telah dikeluarkan oleh Sharp, yaitu PN-K321. Terlihat kemiripan nama antara kedua produk tersebut. Hal ini disebabkan, baik monitor Asus maupun monitor Sharp, keduanya menggunakan teknologi IGZO (Indium Gallium Zinc Oxide) yang sama. Berikut ini adalah ulasan PQ321 selengkapnya.

Design

Monitor Asus PQ321 dibalut dengan panel bernuansa hitam dan dilengkapi dengan dudukan berwarna abu-abu dan hitam. Anda dapat mengatur ketinggian monitor dari dudukannya serta mengatur kemiringan dan sudut pandang monitor. Jika Anda tidak ingin menggunakan dudukannya, Anda dapat melepaskan monitor dari dudukan tersebut dan menggantung monitor di dinding. Monitor ini didesain agar dapat sefleksibel mungkin ketika digunakan. Dibandingkan dengan monitor full HD lainnya, PQ321 didesain dengan bodi yang lebih ramping. Monitor berukuran 31,5 inci ini hanya memiliki ketebalan 35 mm. Selain hemat tempat, desainnya yang tipis juga membuat monitor ini terlihat lebih indah.

Performa

Monitor LED-backlit PQ321 hadir dengan resolusi UltraHD 4K 3840 x 2160 piksel (rasio 16:9) dan kepadatan piksel 240 ppi. Dengan spesifikasi tersebut, monitor full HD ini dapat menampilkan gambar secara mendetail. Mata Anda tentunya akan dimanjakan dengan hal tersebut. Bagi Anda yang suka menonton film maupun bermain game, inilah yang Anda cari.

Walaupun mampu menampilkan gambar secara detail, PQ321 tetap hemat dalam penggunaan daya listrik. Hal ini berkat teknologi IGZO yang dibenamkan pada lapisan aktif panel LCD pada monitor full HD dari Asus ini. Teknologi IGZO merupakan teknologi yang baru dibandingkan dengan teknologi silicon amorf tradisional. Teknologi inilah yang menjawab permasalahan monitor selama ini yang boros dalam penggunaan daya listrik.

Monitor full HD berukuran 31,5 inci ini memiliki respon gray to gray 8 ms dan tingkat kecerahan 350 cd/m2. Selain itu, monitor ini didukung dengan warna 10-bit RGB sehingga pergantian warna pada video/gambar yang bergerak menjadi lebih alami. Mengenai sudut pandang, PQ321 memiliki sudut pandang yang cukup lebar, yaitu 176 derajat pada sisi vertikal dan horizontal. Monitor ini dapat ditonton dengan jelas oleh banyak orang di ruangan yang lebar.

PQ321 juga dilengkapi dengan beberapa komponen tambahan. Terdapat speaker 2 W dengan suara stereo pada monitor full HD ini. Dalam hal konektivitas, Asus membekali PQ321 dengan audio in/out 3,5 mm, dua buah HDMI, DisplayPort, dan serial. DisplayPort yang dimiliki oleh PQ321 berperan agar monitor ini mampu mengeksekusi gambar dengan resolusi yang tinggi sekaligus frame rate yang tinggi.

Harga dan Kesimpulan

Kabarnya, PQ321 mulai dijual pada akhir bulan Juni 2013. Namun, sayangnya sampai pada saat ini belum dapat diketahui harga jual monitor full HD ini. Sebagai pembanding, monitor 32 inci dari Sharp yang juga menggunakan teknologi IGZO dibanderol dengan harga $5.500. Sepertinya harga jual monitor Asus yang satu ini tidak jauh beda dengan harga jual monitor Sharp.

Jika harga jual monitor full HD PQ321 tidak jauh beda dengan harga jual monitor dari Sharp, harga $5.500 untuk sebuah monitor terdengar cukup fantastis. Namun, hal tersebut sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Monitor full HD ini 31,5 inci ini didesain dengan tipis dan dapat ditempatkan di meja maupun di dinding dengan berbagai penyesuaian. Gambar ditampilkan dengan resolusi UltraHD 3840 x 2160 piksel, kepadatan piksel 240 ppi, respon gray to gray 8 ms dan tingkat kecerahan berturut-turut sebesar 8 ms dan 350 cd/m2, serta adanya dukungan teknologi IGZO. Sudut pandang monitor ini sebesar 176 derajat baik secara vertikal maupun horizontal. Berbagai konektivitas dan speaker stereo 2W juga melengkapi monitor ini.

Dengan semua spesifikasi di atas, monitor ini mampu menampilkan gambar dengan sangat baik, namun tetap menjaga agar penggunaan daya listrik seefisien mungkin. Bagi Anda yang benar-benar membutuhkan spesifikasi yang ditawarkan oleh PQ321, monitor full HD ini layak menjadi pilihan Anda. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel