Sculpt Mobile Mouse & Sculpt Comfort Mouse, Mouse Wireless dari Microsoft

19 Aug 2013 06:00 2499 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Microsoft beberapa waktu lalu merilis mouse yang diciptakan khusus sebagai pasangan notebook Windows 8 yang dilengkapi dengan tombol Start, kedua produk tersebut adalah Microsoft Sculpt Comfort dan Sculpt Mobile. Kedua mouse seri Sculpt besutan raksasa perangkat lunak asal Redmond ini dibekali dengan tombol touch-sensitive untuk akses cepat ke Start Screen di Windows 8.

Banyaknya kekecewaan dari pengguna terhadap Windows 8 yang menghilangkan tombol Start yang merupakan tombol khas dari sistem operasi Windows dijawab dengan hadirnya mouse pertama buatan Microsoft yang memiliki tombol Start pada badannya. Sculpt Mobile Mouse & Sculpt Comfort Mouse merupakan mouse wireless yang menggunakan koneksi Bluetooth maupun dongle yang ada di setiap paket penjualan. Dengan adanya inovasi tombol Start Windows 8, pengguna tidak perlu susah lagi masuk ke dalam Start dengan menggunakan keyboart sehingga jauh lebih mudah.

Design

Sculpt Mobile Mouse hadir dengan desain layaknya mouse wireless biasa yang berbentuk bongsor yang cocok untuk orang yang memiliki jemari tangan yang besar sedangkan Sculpt Comfort Mouse sesuai dengan namanya menghadirkan desain yang ergonomis yang memberikan kenyamanan lebih daripada Sculpt Mobile Mouse dengan hadirnya Comfort Grip yang biasanya hadir pada gaming mouse. Kedua mouse tanpa kabel ini dibalut dengan warna hitam piano dengan tombol Start Windows 8 yang berwarna biru memberikan kontras yang baik antara tombol dan badan mouse. Tombol Windows 8 pada Sculpt Comfort Mouse juga dapat digunakan untuk berpindah dari aplikasi karena mempunyai sensoran sentuhan seperti touch pad.

Desain dari Sculpt Comfort Mouse bisa dibilang jauh lebih baik daripada desain Sculpt Mobile Mouse yang terlihat standar dan kuno dibandingkan dengan desain Sculpt Comfort Mouse yang lebih trendi dan up-to-date. Desain asimetris dari Sculpt Comfort Mouse lebih cocok digunakan untuk pengguna yang dominan menggunakan tangan kanan dibandingkan tangan kiri, sedangkan Sculpt Mobile Mouse bisa digunakan untuk pengguna yang dominan tangan kiri maupun tangan kanan.

 

Setup (Kompatabilitas) dan Wireless

Kedua mouse tanpa kabel ini memang menggunakan koneksi Bluetooth untuk dapat digunakan, tapi Sculpt Comfort Mouse jauh lebih unggul karena tidak menggunakan USB dongle seperti Sculpt Mobile Mouse yang harus menggunakan USB dongle berukuran mini untuk terhubung dengan perangkat elektronik macam PC, laptop, dan tablet, padahal mouse tanpa kabel ini ditujukan untuk pengguna yang sering bepergian dengan tablet maupun laptop yang tentunya membutuhkan perangkat semacam mouse yang simpel dan siap pakai tanpa butuh konfigurasi lagi. USB dongle dari Sculpt Mobile Mouse harus terpasang ke perangkat yang ingin digunakan baru bisa digunakan setelah menunggu proses berhasil mengidentifikasi mouse. Sculpt Comfort Mouse hadir lebih mudah dengan Bluetooth yang langsung dapat terhubung dengan perangkat seperti tablet maupun laptop yang memiliki fitur Bluetooth yang diaktifkan dulu tentunya.

Performa

Soal performa, kedua mouse tanpa kabel ini sebenarnya sama saja dari segi performa, tapi Sculpt Comfort Mouse mampu tampil lebih unggul karena memiliki tombol Windows 8 yang memudahkan berganti aplikasi tanpa perlu dukungan keyboard dengan mudah. Selain itu, mouse tanpa kabel ini juga tidak membutuhkan USB dongle serta comfort grip memberikan kenyamanan bagi pengguna yang menggunakan tangan kanan untuk memakai mouse tanpa kabel ini. Sculpt Mobile Mouse memang dibuat untuk berada di bawah Sculpt Comfort Mouse, tapi tetap menghadirkan performa yang cukup baik dengan hadirnya tombol Windows 8 yang berada di tengah mouse serta hanya menggunakan satu buah baterai bertipe AA alkaline sehingga lebih hemat daya dibanding dengan Sculpt Comfort Mouse yang membutuhkan dua buah AA alkaline untuk mengaktifkan fitur Bluetooth yang ada serta menjamin terhubungnya mouse tanpa kabel ini dengan perangkat yang digunakan.

Harga dan Kesimpulan

Bisa dilihat dari spesifikasi maupun fitur yang digunakan bahwa Sculpt Comfort Mouse menjadi mouse tanpa kabel yang lebih mahal dibandingkan Sculpt Mobile Mouse dengan harga di pasaran mencapai $39.95 atau sekitar 390 ribuan Rupiah dibandingkan dengan harga dari Sculpt Mobile Mouse yang hanya berkisar $29.95 atau 290 ribuan Rupiah, lebih murah 100 ribu daripada kakaknya. Walaupun begitu, performa dan fitur yang ditawarkan kedua mouse wireless ini patut diacungi jempol dengan menghadirkan tombol Start Windows 8 sehingga pengaksesan menu Start pada Windows 8 menjadi lebih mudah dan cepat dibanding menggunakan kombinasi tombol di keyboard. [BAM]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel