Network Attached Storage Infortrend EonNAS Pro 800, Solusi Plus Fitur & Performa OK

31 Jul 2013 19:00 2028 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satunya adalah dirilisnya Infortrend EonNAS Pro 800. Seperti pada umumnya sebuah perusahaan yang selalu berinovasi menawarkan keunggulan pada produknya, begitu juga dengan EonNAS Pro 800 ini.

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia komputasi ataupun perusahaan besar tentu sudah tahu atau mengenal dengan istilah network attached storage (NAS), namun bagi pemula pasti belum paham tentang istilah itu. NAS merupakan media penyimpanan dengan tujuan data yang dihasilkan bisa diakses lebih jauh dengan menggunakan data network. Pemakaian media ini dapat memberi kemudahan bagi Anda dalam mem-backup data dan mampu memberi kemudahan pada administrasi serta memberikan perlindungan data yang disimpan.

Network attached storage juga bisa menjadi media  yang cocok pada komputer untuk bisa saling berbagi penyimpanan. Dan dengan semakin banyaknya kebutuhan pasar akan tersedianya media yang mempunyai kapasitas penyimpanan besar membuat  persaingan akan perangkat ini semakin marak. Salah satunya adalah dirilisnya Infortrend EonNAS Pro 800. Seperti pada umumnya sebuah perusahaan yang selalu berinovasi menawarkan keunggulan pada produknya, begitu juga dengan EonNAS Pro 800 ini.

Desain

Dirancang dengan mempunyai  bobot  seberat 12.34 kg pada saat digabungkan dengan HDD sedangkan jika tanpa HDD hanya seberat 5,95kg. Media penyimpanan yang berlabel Infortrend EonNAS Pro 800 ini menawarkan sebuah network attached storage yang berbeda dengan media penyimpanan yang sudah banyak beredar di pasaran. Pada bagian depan perangkat ini didesain dengan adanya pemakaian panel LCD backlit berwarna biru kecil yang berfungsi melakukan sedikit konfigurasi dasar. Selain itu, NAS besutan Eon ini dilengkapi dengan adanya 8 drive bay yang isinya merupakan hard disk WD RE dan gunanya untuk pengadaan enterprise.

Pada bagian LCD dihiasi dengan pemakaian tombol soft power. Selain itu di bagian depannya juga tak lupa disematkan port USB yang gunanya agar Anda bisa melakukan ekspansi dari USB drive eksternal pada perangkat Network Attached Storage EonNAS Pro 800 ini. Pada bagian belakang terdapat tiga kipas kecil yang mempunyai fungsi masing- masing. Satu kipas untuk PSU dan dua lainnya untuk pemakaian adjustable.

Performa

Untuk performa, EonNAS Pro 800 memakai 1.8 GHz Intel Atom dan sesuai dengan labelnya, EonNAS Pro 800 menggunakan tenaga 800 pro sebagai kekuatan pada media penyimpanannya. Pada saat pertama kali dinyalakan mungkin NAS ini akan mengeluarkan suara yang nyaring alias bising hal ini terjadi karena kipas yang berputar secara maksimal. Selain itu EonNAS Pro 800 ini juga dilengkapi dengan RAM 4 GB DDR3 yang mendapatkan tenaga dari PSU sebesar  250 Watt.  Pada bagian penyimpanan, network attached storage ini mengkonfigurasi fitur penyimpanannya dengan memakai RAID 6. Selain itu EonNAS Pro 800 juga bisa mengakses penyimpanan unit iSCSI, CIFS, NFS, AFDP dan FTP. Selain itu perangkat ini juga bisa mendukung pemakaian 89 GB file video.

EonNAS Pro 800 juga dilengkapi  dengan satu port D- Sub yang fungsinya sebagai port output pada display, dua port gigabit LAN dan juga pemasangan empat port USB 2.0. Sebagai pelengkap fitur EonNAS Pro 800 tak lupa juga disematkan port eSATA. Ada juga beberapa fitur menarik yang juga tak lupa disematkan ke dalam perangkat NAS ini. Salah satunya adalah adanya dukungan pada pemakaian server Virtualization yang memakai Vmware vShpere, Windows Server 800, Citrix XenServer, dan Hyper V. Pada bagian jaringan, NAS ini dapat dioperasikan tidak hanya pada IPv4 namun juga dapat digunakan pada jaringan IPv6.

Harga dan Kesimpulan

Harga yang dibanderol untuk network attached storage bermerk Infortrend EonNAS Pro 800 adalah Rp 14.475.000. Namun meskipun demikian performa prima yang ditawarkan oleh EonNAS Pro 800 pada para pelanggan setianya layak untuk dijadikan pertimbangan. Secara keseluruhan, NAS satu ini sangat bagus dan bisa diandalkan untuk kinerja penyimpanan data pada perusahaan besar. Jika dilihat dari segi harga relatif murah untuk NAS yang sekelasnya. Fitur-fitur berkelas dengan kemampuan maksimal yang ditampilkan sangat jarang dimiliki oleh NAS merk lainnya. Jadi, jika Anda berniat mencari media penyimpanan baru untuk perusahaan Anda tidak salahnya memilih NAS satu ini.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel