Akses Aplikasi Foursquare dengan Cepat Menggunakan Aplikasi Android dan iOS

18 May 2012 11:00 3814 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi Foursquare tentunya telah menjadi raja di antara layanan lainnya. Foursquare, yang juga kerap disebut sebagai jejaring sosial berbasis lokasi ini memanfaatkan perangkat mobile seperti smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur GPS untuk membuat status "check in" jika penggunanya tengah berada di suatu tempat.

Tren layanan berbasis lokasi masih banyak digandrungi oleh para pengguna perangkat mobile hingga saat ini. Aplikasi Foursquare tentunya telah menjadi raja di antara layanan lainnya. Foursquare, yang juga kerap disebut sebagai jejaring sosial berbasis lokasi ini memanfaatkan perangkat mobile seperti smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur GPS untuk membuat status "check in" jika penggunanya tengah berada di suatu tempat.

Status Check-in dipergunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna aplikasi ini tempat di mana ia berada. Karena telah bekerja sama dengan media sosial seperti Twitter dan Facebook, maka status lokasi pengguna akan juga terpampang di akun jejaring sosial tersebut. Aplikasi Foursquare ini dapat digunakan oleh perangkat mobile seperti Android, iPhone, BlackBerry, dan juga ponsel lainnya yang mendukung aplikasi berbasis mobile web. Pada perangkat iPhone 1.3, aplikasi ini lebih dikenal sebagai Ping.

Ada beberapa kekurangan yang sering dikeluhkan oleh para pengguna aplikasi Foursquare terkait akses masuk ke dalam aplikasi ini. Saat melakukan Check-in ke dalam Foursquare untuk membuka poin, badges, ataupun membuat peta virtual sebuah perjalanan seringkali terasa begitu sulit. Oleh sebab itu ada banyak pengembang aplikasi baik Android ataupun iOS yang berbondong-bondong menyediakan layanan akses Foursquare yang lebih cepat dan mudah. Beberapa aplikasi memang memberikan proses Check-in dalam hitungan detik dan dua sentuhan melalui layar perangkat mobile Anda. Salah satu aplikasi tersebut bernama Simple Checkin.

Simple Checkin merupakan aplikasi yang dapat membantu proses check-in lebih cepat dan akurat. Ada kalanya yang ingin Anda lakukan dengan perangkat mobile Anda hanya melakukan check-in melalui aplikasi Foursquare dan kembali ke aktifitas biasa. Untuk melakukannya, gunakan Simple Checkin untuk mendapatkan akses yang cepat. Anda akan dibawa langsung ke dalam daftar lokasi, lalu dengan satu sentuhan saja Anda telah meng-update status lokasi.

Ada banyak fitur yang dapat Anda gunakan seperti proses check-in dalam satu sentuhan, akses pencarian lokasi, mengakses secara instan daftar lokasi terdekat, dan lainnya. Selain itu Simple Checkin pun telah memasukkan tampilan peta agar Anda dapat menginformasikan bahwa lokasi Anda saat itu sudah benar. Untuk menggunakannya Anda dapat mengunduh Simple Checkin melalui Google Play Store secara gratis di sini.

Selain perangkat Android, Anda pun dapat memanfaatkan aplikasi check-in untuk perangkat iOS bernama Checkie agar dapat membantu Anda lebih cepat mengakses status lokasi di aplikasi Foursquare. Kegiatan check-in lokasi melalui perangkat smartphone memang bukanlah hal yang telah menjadi kebiasaan pengguna. Selain itu, mereka pun seringkali lupa untuk memperbaharui status lokasi saat tengah berada di tempat. Aplikasi yang dikembangkan Tijo Inc ini rupanya dapat membantu Anda menghadapi masalah tersebut.

Anda cukup membuka aplikasi ini dan tunggu beberapa detik agar Checkie dapat mengetahui lokasi dan kemudia pilih tempat yang Anda inginkan. Dengan menggunakan Checkie Anda tidak dapat melakukan sharing ke akun jejaring sosial, tak perlu memberikan komentar, ataupun mengunggah foto. Andapun tidak dapat menambahkan tempat, menerima permintaan pertemanan ataupun lainnya. Pasalnya, aplikasi ini didesain khusus untuk keperluan check-in saja dan mengaksesnya dengan cepat. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunduh Checkie melalui iTunes secara gratis di sini.

Kedua aplikasi tersebut, baik Simple Checkin ataupun Checkie pada dasarnya merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan kapan saja saat hendak melakukan check-in dengan cepat. Yang perlu Anda lakukan adalah meluncurkan aplikasi tersebut, dan langsung melakukan check-in. Anda dapat mengikuti cara berikut agar dapat mengakses aplikasi Foursquare menggunakan dua aplikasi pembantu tersebut.

  • Aplikasi Simple Checkin memiliki satu kelebihan daripada Chuckie, yakni fitur peta. Setelah mengunduh dan meng-install aplikasi ini, Anda akan menemukan daftar-daftar tempat. Tapi, tepat di bagian atas daftar tersebut telah terpampang sebuah peta yang memungkinkan Anda untuk melakukan konfirmasi bahwa Anda telah berada di tempat yang benar. Anda tidak dapat melakukan pembagian status ke akun jejaring sosial atau memasukkan komentar dan foto.

  • Untuk aplikasi Checkie yang berjalan pada perangkat iPhone, setelah Anda meng-install Checkie, pastikan aplikasi ini mendapatkan mengakses langsung ke akun aplikasi Foursquare Anda. Checkie akan menampilkan daftar-daftar nama tempat. Untuk melakukan check-in, pilihlah nama tempat yang diinginkan. Seperti halnya Simple Checkin pada perangkat Android, Anda tidak dapat memasukkan komentar, foto, atau bahkan mengirimkan status lokasi ke akun jejaring sosial.

Hingga April 2012 kemarin, aplikasi Foursquare terhitung telah memiliki sekitar 20 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Awalnya aplikasi ini hanya dapat menjangkau sekitar 100 area perkotaan saja di Eropa, Amerika, dan sebagian kecil Asia. Namun pada pada bulan Januari 201, layanan berbasis lokasi ini dapat diakses tanpa adanya pembatasan daerah. Hal inilah yang membuat pengguna Foursquare membludak. Namun, dengan proses pengaksesan yang terkesan lambat, kedua aplikasi untuk perangkat Android dan iOS itu dapat menjadi opsi bantuan untuk mengakses aplikasi Foursquare dengan cepat. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel