Seiki SE50UY04 - TV Layar besar Berukuran 50 inch Termurah dengan Resolusi Ultra High Definition 4K

11 Jul 2013 11:00 7762 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

TV 50 inch Seiki SE50UY04 ini mendukung resolusi Ultra High Definition 4K (384×2160 piksel) dan dilengkapi dengan built-in scaler video untuk merubah sumber video eksternal ke bentuk resolusi 4K

Harapan orang yang menginginkan TV berukuran besar dengan resolusi 4 kali lebih besar dibanding resolusi HD tapi dengan harga yang murah akan menjadi kenyataan. Seiki, sebuah produsen televisi yang tidak terlalu terkenal ini memperkenalkan salah satu TV generasi pertama buatan Seiki yang menggunakan resolusi 4K yang diberi nama Seiki SE50UY04. TV 50 inch ini merupakan TV terbaru dengan resolusi 4K dari Seiki yang di mana sebelumnya Seiki hanya memproduksi TV layar besar dengan resolusi terbesar mencapai resolusi HD. TV ini sendiri dipastikan memberikan pilihan baru bagi para pencinta TV dengan layar besar yang ingin menikmati TV murah dengan dukungan resolusi 4K yang selama ini didominasi oleh pabrikan TV yang terkenal tapi dengan harga yang sangat mahal.

Desain

Sederhana, kata ini paling tepat untuk mewakili desain dari TV layar besar 50 inch ini. Tidak ada corak atau pola yang menonjol yang ada pada Seiki SE50UY04 yang membedakan TV ini dengan TV sekelas. Masuk akal memang di mana desain dari TV 50 inch ini dibuat sederhana untuk menghemat biaya produksi sehingga harga jual menjadi terjangkau. Desain pada TV ini lebih terkesan seperti monitor komputer daripada sebuah TV, apalagi stand yang digunakan mengambil model stand monitor komputer kebanyakan.

Dimensi

Dimensi pada TV 50 inch ini sama seperti pada kebanyakan TV dengan layar berukuran sama. Hadir dengan dimensi 44.80 x 28.66 x 9.84 inch dengan menggunakan stand serta ukuran 44.80 x 26.66 x 2.09 inch ketika tidak menggunakan stand serta bobot 20 Kg jika menggunakan stand serta bobot 19 Kg jika tidak menggunakan stand. Bisa dibilang cukup ringan dibanding TV sejenis yang mencapai tiga kali lipat dari bobot Seiki SE50UY04 sehingga cukup mudah untuk ditata atau dipindah-pindah.

Layar

Hadir dengan resolusi 3840 x 2160 piksel atau 4 kali lebih besar dibandingkan resolusi HD yang hanya mencapai 1920 x 1080 piksel membuat gambar maupun video yang ditampilkan oleh layar berteknologi LCD/LED ini terasa hidup dengan paduan warna yang terkesan nyata dan jelas serta detail yang nyaris sempurna untuk TV 50 inch ini. Dukungan refresh rate sebesar 120 Hz. 2 kali lebih besar dibanding refresh rate monitor kebanyakan yang mencapai 60 Hz, aspek rasio 16:9, native rasio kontras mencapai 5000:1, dan waktu respon yang tidak lebih dari 6.5 milidetik membuat TV ini tidak hanya enak dipandang tetapi juga optimal dalam melihat gambar dan video yang dihasilkan. Tidak hanya mendukung resolusi 4K, TV 50 inch ini juga mendukung resolusi di bawahnya seperti resolusi 480i, 576i, 480p, 576p, 720p, 1080i, serta resolusi HD atau 1080p.

Konektivitas

TV 50 inch menyediakan koneksi HDMI sampai 3 buah untuk memaksimalkan resolusi 4K yang digunakan. Selain koneksi HDMI, TV ini juga menyediakan koneksi konvensional macam koneksi VGA. Selain itu, TV ini juga menyediakan fitur Analog & Digital TV Tuner yang bisa anda gunakan untuk menonton siaran TV. Tidak hanya koneksi video dan audio, TV 50 inch ini juga menyertakan koneksi universal macam USB untuk menyaksikan konten di dalamnya seperti gambar dan lagu. Sayangnya, fitur ini hanya mendukung format JPEG untuk gambar serta MP3 untuk format file audio.

Kesimpulan

Harga yang ditawarkan oleh Seiki untuk produk ini berkisar antara 12 sampai 14 jutaan, terkesan mahal untuk harga sebuah TV, tapi tunggu dulu. Anda mungkin akan terkejut jika mengetahui bahwa TV dengan ukuran dan resolusi yang sama buatan LG dan Sony dipasarkan dengan harga mendekati 50 juta! Hampir 5 kali lipat harga yang ditawarkan oleh Seiki untuk TV 50 inch ini. Dengan resolusi 4K dan ukuran layar yang mencapai 50 inch, anda tidak akan mendapatkan TV dengan rasio harga dan resolusi sebaik ini. Bukan tidak mungkin, banyak peminat TV beresolusi 4K akan memilih TV 50 inch ketimbang membeli TV lain dengan harga jauh lebih mahal hanya untuk resolusi dan ukuran yang sama. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel