XORNET - Mouse untuk Game dengan Sensor 2000 DPI (High Precision)

22 Jul 2013 12:00 2626 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

CMStorm sangat khas dengan produk perlengkapan gamingnya yang canggih, profesional, dan modern. Xornet yang merupakan mouse game besutan CMStorm pun ikut mencicipi ciri khasnya tersebut, baik dari segi desain maupun teknologi hardwarenya. -Claw - Style Ergonomic Design- dan -Rubberzed Anti - Slip Design-, merupakan dua kalimat yang tersemat pada kemasan luar Xornet, dimana kalimat tersebut seakan menggambarkan bahwa Xornet dirancang dengan desain khusus yang berbeda dari mouse gaming konvensional lain.

CMStorm sangat khas dengan produk perlengkapan gamingnya yang canggih, profesional, dan modern. Xornet yang merupakan mouse untuk game besutan CMStorm pun ikut mencicipi ciri khasnya tersebut, baik dari segi desain maupun teknologi hardwarenya. "Claw - Style Ergonomic Design” dan "Rubberzed Anti - Slip Design”, merupakan dua kalimat yang tersemat pada kemasan luar Xornet, dimana kalimat tersebut seakan menggambarkan bahwa Xornet dirancang dengan desain khusus yang berbeda dari mouse gaming konvensional lain. Sekilas, kita pun akan bertanya - tanya seperti apa sih perbedaan yang dimaksud? Untuk menjawabnya, mari kita simak langsung ulasannya di bawah ini.

Desain dan Dimensi

CMStorm Xornet didesain dengan dimensi berukuran 4.2 x 4 x 1.3 inches atau setara dengan 107 x 75 x 35 mm. Sementara bobotnya bekisar 0.313 lbs atau setara 142 gram. Bodinya diselimuti dengan polesan warna hitam doff yang memberikan kesan ekstrem dan garang. Tidak berbeda dengan mouse untuk game kebanyakan, Xornet memiliki 6 buah tombol utama, yang 4 diantaranya merupakan tombol tambahan dengan fungsi sebagai Back dan Forward, serta navigasi untuk menaik - turunkan tingkat sensitivitas mouse (up & down). Xornet memang didesain dengan tampilan yang sederhana dan biasa, layaknya mouse gaming pada umumnya. Namun, disinilah poin utama yang mampu mengecoh pengguna. CMStorm sengaja merancang inovasi terbarunya ini dengan tampilan yang konvensional. Namun tidak disangka, rupanya ia sengaja melakukan itu untuk memfokuskan pengembangan pada bagian desain yang tidak mudah terpikirkan oleh banyak orang.

Apabila dilihat secara seksama, tetap saja mouse game ini tidak menunjukkan sesuatu yang lebih dari penampilannya. Namun, ketika pengguna mencoba menyentuh dan menggenggamnya, barulah akan ditemukan kelebihan Xornet yang sebenarnya. Mouse Xornet dirancang dengan lengkungan - lengkungan khusus yang dimaksudkan untuk memberi kenyamanan tingkat tinggi kepada penggunanya. Lengkungan - lengkungan tersebut diciptakan sedemikian rupa secara kompleks mengikuti kontur telapak tangan gamers yang biasa membentuk claw grip pattern. Claw grip pattern sendiri merupakan sebuah posisi / gaya telapak tangan yang membentuk cengkraman dengan ujung jari - jari yang menjauhi telapak tangan. Gaya menggenggam ini banyak diadopsi oleh gamers yang terbiasa memainkan game dengan kebutuhan respon super tinggi.

Performa

Dengan kecepatan respon yang begitu tingginya, memungkinkan sering terjadi slip pada saat menggenggam. Sehingga, tanpa disadari pola menggenggam gamers pun membentuk gaya ini. Namun, ketika gamers menggenggam mouse dengan gaya seperti itu tanpa didukung dengan kontur mouse yang sesuai, maka akan timbul ketidaknyamanan bahkan tidak jarang gamers mengalami kram pada telapak tangannya. Untuk itulah Xornet diciptakan. Gamers yang terbiasa menggenggam mouse dengan pola claw grip, akan merasa sangat nyaman ketika menggunakan mouse game besutan CMStorm tersebut. Selain itu, CMStorm Xornet dilengkapi juga dengan lapisan kesat berbahan karet pada sisi bagian kanan dan kiri mouse. Lapisan tersebut memungkinkan pengguna mendapat grip yang cukup kuat dan terhindar dari slip ketika menggerakkan mouse ke berbagai arah dengan kecepatan tinggi.

Beralih ke spesifikasi lain, Xornet dibekali dengan sensor optik beresolusi tinggi, yakni mencapai 2000 DPI. Namun, resolusi sensor tersebut masih dapat diatur sesuai kebutuhan. Pengguna dapat mengaturnya secara mudah menggunakan 2 tombol yang tersedia pada bagian bawah scroll mouse. Terdapat 3 pilihan resolusi yang disediakan, yaitu 500 DPI, 1000 DPI, dan maksimum 2000 DPI. Dengan resolusi sebesar itu, mouse game ini mampu memberikan kenyamanan sangat baik, terutama untuk memainkan game - game yang memerlukan kecepatan response sangat tinggi. Namun, satu hal yang perlu diingat, bahwa CMStorm tidak menyediakan indikator apapun yang menerangkan tentang level DPI pada mouse. Sehingga, pengguna tidak bisa dengan mudah mengetahui level DPI mana yang sedang ia gunakan. Diperlukan sedikit feeling untuk mengetahui resolusi sensor yang sedang aktif. Untuk itu, pengguna perlu mempersiapkan pilihan DPI sesuai kebutuhan sebelum memainkan game yang diinginkan.

Kesimpulan

Pada paket kemasan, pengguna diberikan sebuah Quick Start Guide yang berisi panduan penggunaan fungsi mouse. Tidak seperti mouse game lain, Xornet tidak menyediakan CD atau software apapun pada paket penjualannya, yang biasa digunakan untuk melakukan pengaturan macro assignment. Hal tersebut menjadi sebuah kelebihan yang patut diacungi jempol. Karena, dengan tidak diperlukannya software pada penggunaan mouse, pengguna bisa lebih leluasa menggunakannya mouse secara portable dan praktis, tanpa harus disulitkan melakukan instalasi software yang merepotkan. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel