Printer Canon 2770 - Printer Ekonomis dengan Teknologi ChromaLife100

22 Jul 2013 13:00 8197 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Printer adalah gadget atau perangkat untuk mencetak dokumen komputer ke media kertas, kartu, dan sejenisnya. Dalam beroperasi, printer dikoneksikan ke komputer dengan kabel USB atau jenis kabel lain. Data-data atau file, yang akan dicetak, dikirim oleh komputer melalui kabel. Printer akan mulai mencetak saat diperintah oleh komputer atau user. Data yang dicetak oleh komputer bisa berupa teks atau gambar, baik hitam putih maupun berwarna.

Printer adalah gadget atau perangkat untuk mencetak dokumen komputer ke media kertas, kartu, dan sejenisnya. Dalam beroperasi, printer dikoneksikan ke komputer dengan kabel USB atau jenis kabel lain. Data-data atau file, yang akan dicetak, dikirim oleh komputer melalui kabel. Printer akan mulai mencetak saat diperintah oleh komputer atau user. Data yang dicetak oleh komputer bisa berupa teks atau gambar, baik hitam putih maupun berwarna. Saat ini, berbagai merek printer telah tersedia di pasaran. Contoh merek printer yang sering kita dengar adalah HP ( Hewlett Packard ), Epson, dan Canon. Salah satu produk Canon yang telah dikenal adalah Printer Canon 2770. Produk Canon ini dikenal sebagai printer berjenis inkjet.

Printer Inkjet

Sebagai jenis inkjet, Printer Canon 2770 tentu memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis printer lain misalnya jenis laser jet dan dot matrik. Printer inkjet memerlukan tinta untuk mencetak dokumen. Hasil cetakan printer jenis ini rata-rata cukup bagus. Tinta yang digunakan printer inkjet adalah jenis dye. Tinta dye mampu memberikan hasil cetakan yang berkualitas namun cepat luntur, terutama saat terjadi perubahan cuaca. Printer inkjet juga bisa menggunakan tinta pigmen. Tinta pigmen tidak cepat memudar jika terkena sinar matahari. Selain itu, karakteristik tinta jenis ini adalah tidak cepat memudar.

Tinta pigmen lebih cepat mengering saat digunakan pada kertas. Namun, untuk keperluan cetak warna, tinta dye lebih bisa diandalkan. Perinter jenis inkjet termasuk paling banyak digunakan di masyarakat. Harga printer inkjet berkisar 400 ribuan. Berdasarkan penempatan tinta yang digunakan. Printer inkjet dibedakan atas printer All In One dan printer infus. Selain untuk keperluan mencetak, Printer All In One memiliki fitur tambahan untuk scanning dan memfotokopi dokumen kertas.

Desain

Desain Printer Canon 2770 disesuaikan dengan fungsinya sebagai mesin pencetak. Printer ini memiliki desain compact dan bentuk chasing/bodi yang elegan. Seperti kebanyakan Printer Canon Pixma yang lain, produk Canon ini tersedia dengan warna hitam. Printer Canon 2770 lebih dikhususkan untuk pengguna rumahan, kantor, dan universitas. Ukuran printer ini adalah 445 x 250 x 130 mm. Dengan berat 3,4 kg, produk Canon ini memerlukan konsumsi daya listrik yang cukup irit. Saat mencetak (printing), printer ini memerlukan daya 11 Watt dan 0,3 Watt untuk sleep mode.

Resolusi Cetak

Dalam mencetak dokumen, Printer Canon 2770 memiliki resolusi 4800 x 1200 dpi. dpi (dot per inch) adalah kemampuan printer untuk menghasilkan jumlah titik dalam 1 inch persegi. Dengan resolusi 4800 x 1200 dpi, printer ini mampu membuat 4800 titik/inch horisontal dan 1200 titik/inch vertikal.

Keterangan mengenai resolusi ini tercantum dalam buku panduan printer atau stiker yang tertempel di printer. Produk Canon ini mampu mencetak di kertas yang berukuran A4, Legal, A5, Letter, B5, dan envelopes. Canon juga meyertakan teknologi hybrid system. Teknologi ini diaplikasikan pada cartridge Canon 2770 dengan menggunakan tinta dye untuk cartridge warna dan tinta pigmen untuk cartridge black. Sistem hybrid ini mampu memberikan hasil cetakan yang lebih tajam. Untuk cartridge hitam, printer ini menggunakan cartridge Canon PG-810 sedangkan untuk cartridge warna, printer ini mengandalkan Canon PG-811.

USB 2.0, Auto Photo Fix, dan Easy-WebPrint

Untuk komunikasi data dengan komputer, Printer Canon 2770 dilengkapi konektor USB 2.0. USB 2.0 memungkinkan pengguna untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimal dan tanpa delay atau keterlambatan. Dengan kabel printer, Canon 2770 telah siap mencetak data anda. Selain koneksi yang andal, printer Canon ini juga memanfaatkan Auto Photo Fix . Teknologi ini dapat memeperbaiki kualitas foto sebelum dicetak. Dengan begitu, unsur "mata merah” pada hasil cetakan bisa dihindari. "mata merah'” biasanya muncul akibat pantulan kilatan lampu. Tidak hanya itu, produk canon ini juga kompatibel dengan aplikasi Easy-WebPrint. Dengan aplikasi ini, user dapat langsung mencetak halaman web yang ditampilkan pada aplikasi browsing. Tampilan web, yang akan dicetak, bisa disesuaikan dengan ukuran kertas secara otomatis. Fitur pratinjau juga memudahkan pengguna untuk memantau halaman yang akan dicetak.

Teknologi FINE™ print head

FINE adalah teknologi eksklusif yang telah dipatenkan oleh Canon. Dengan teknologi ini, Printer Canon 2770 mampu mencetak file berupa foto atau dokumen dengan cepat dengan hasil yang tetap berkualitas. Teknologi ini memanfaatkan tetesan injeksi yang halus dan stabil dengan hasil foto yang berkualitas dan memiliki daya tahan yang lama. Foto yang dicetak juga tidak memiliki guratan.

ChromaLife100

Untuk semakin meningkatkan kinerja teknologi FINE, Printer Canon 2770 juga telah menerapkan teknologi ChromaLife100. Teknologi ini digunakan oleh printer Canon dengan tinta dye-based. ChromaLife100 bisa mencakup jenis warna yang lebih luas. Teknologi ini bisa diaplikasikan jika print head telah menggunakan teknologi FINE. Dengan ChromaLife100, hasil foto diklaim mampu bertahan hingga puluhan tahun.

Kecepatan Cetak dan Harga

Printer Canon 2770 mampu mencetak 30 halaman dalam 1 menit (untuk dokumen hitam putih) dengan mode draft A4. Untuk dokumen warna, produk Canon ini mampu mencetak 14 halaman/menit dengan mode yang sama. Printer Canon ini dibanderol dengan harga RP 474.900,00. [MER]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel