GIF Droid - Aplikasi Pembuat File GIF Android

24 Jan 2012 16:30 7497 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda penggemar gambar animasi, kini Anda bisa membuat animasi secara mudah dan murah melalui aplikasi GIFDroid di smartphone Android Anda.

Berbagai foto dengan teman atau keluarga secara online merupakan hal biasa dalam dunia yang kini serba canggih, berbeda dengan hal berbagi kenangan atau peristiwa dalam sebuah format video di mana membutuhkan bandwith yang cukup besar. Dan terkadang, kedua hal tersebut sering terasa membosankan. Jika Anda adalah seorang pengguna smartphone, sekarang Anda dapat membuat animasi GIF Android menggunakan aplikasi GIFDroid langsung dari perangkat Anda.

GIF atau Graphics Interchange Format adalah format yang sering digunakan di dalam dunia foto digital. Format ini dapat membuat kumpulan foto bergerak dalam satu file. Foto tersebut tidak harus berupa rangkaian foto dalah satu sesi foto saja. Tetapi, dapat pula berasal dari foto yang berbeda sama sekali. Kelebihan format ini dibandingkan dengan format JPG yang lebih sering digunakan adalah cara menyampaikan pesan di dalamnya. Dengan gambar yang bergerak, foto-foto yang tadinya tampak kaku, akan mengalami pergerakan dan memberikan pesan yang lebih banyak. Namun, jangan samakan format ini sebagaimana pengolahan animasi pada umumnya.

Aplikasi pembuat animasi GIF Android ini dapat menyimpan file berukuran kecil. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah dan cepat berbagi animasi unik secara online langsung dari perangkat Android Anda. Aplikasi animasi GIF Android ini memungkinkan Anda untuk mengolah video menjadi format GIF.

Untuk membuat animasi GIF Android ini, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu secara gratis di Android Market. Kemudian setelah aplikasi GIFDroid telah ter-install dengan baik, pilih tombol Select Video untuk membuka data video yang telah Anda rekam sebelumnya, atau dengan memilih Record Video untuk melakukan perekaman video pada saat itu juga.

Agar video yang Anda pilih dapat menjadi animasi GIF, Anda dapat melakukan peng-edit-an terlebih dahulu untuk memberikan jeda antara satu frame dengan frame lainnya. Untuk melakukannya Anda bisa menekan Edit GIF Preference. Tetapi, apabila Anda ingin langsung membuat animasi tanpa melakukan proses penyuntingan, Anda tinggal menggeser slider pada bar berwarna abu-abu dari awal hingga akhir. Di dalam proses penyuntingan tersebut, Anda dapat menentukan seberapa cepat frame per detik yang ingin dimasukkan ke dalam video. Selain itu, aplikasi GIF Android ini pun dapat menyunting lebar dan tinggi video.

Setelah proses penyuntingan, pilih frame mana saja yang akan Anda gunakan. Kemudian buang frame yang menurut Anda tidak perlu masuk ke dalam animasi untuk memperkecil ukuran file. Apabila telah melakukan seleksi, tekan Create GIF yang berada di bawah pojok kanan. Kemudian, Anda tinggal menikmatinya dan berbagi animasi GIF ciptaan Anda secara online. Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Android 2.1 ke atas.

Mengenai tips dan trick serta tata cara menggunakan aplikasi ini, sudah pernah Paseban muat pada artikel sebelumnya. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel