Cara Membuat Animasi GIF di Android dengan GIFDroid

19 Jan 2012 12:00 6248 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berbagi video-video lucu bersama teman melalui *mobile device* sepertinya hal yang menyenangkan, tapi terkadang hal itu membutuhkan *bandwith* yang cukup besar. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini Paseban akan memberikan tips agar Anda bisa *sharing* animasi ringan dalam bentuk *file* GIF. Bagaimana caranya? simak ulasan berikut ini.

Berbagi video-video lucu bersama teman melalui mobile device sepertinya hal yang menyenangkan, tapi terkadang hal itu membutuhkan bandwith yang cukup besar. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini Paseban akan memberikan tips agar Anda bisa sharing animasi ringan dalam bentuk file GIF. Bagaimana caranya? simak ulasan berikut ini.

Untuk membuat animasi GIF yang diinginkan, Anda bisa menggunakan aplikasi GIFDroid. Melalui aplikasi ini, Anda dapat membuat animasi baru atau mengambil video yang telah ada kemudian menjadikannya sebuah animasi GIF. Adapun fitur yang dimiliki aplikasi GIFDroid di antaranya dapat meng-convert video baik itu video yang Anda buat sendiri atau video yang sudah ada. Memilih interval video tertentu. Menyesuaikan preference seperti frame per detik, penundaan frame dan dimensi GIF. Memilih frame tertentu untuk membuat animasi GIF yang sempurna dan membuat profil icons atau animasi lucu.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat animasi GIF yaitu install aplikasi GIFDroid dari Android Market, setelah Anda meng-install-nya ikuti tahap-tahap berikut ini:

  • Untuk memilih video yang Anda inginkan pilih "Select Video" atau "Record Video" untuk membuka Gallery

  • Setelah Gallery terbuka, Anda bisa memilih video yang Anda inginkan untuk dijadikan animasi GIF

  • Untuk menyetel section video, Anda slide bar berwarna abu-abu pada awal dan akhir

  • Jika Anda ingin menyetel FPS untuk memberikan jeda antara frame dan mengatur ukuran file GIF yang dihasilkan, pilih "Edit Gif Preferences"

  • Untuk memperkecil ukuran file animasi GIF sekaligus membuang sections, pilih frames dari video yang akan Anda gunakan

  • Pilih "Create Gif" jika Anda sudah selesai membuatnya

  • Terakhir, preview animasi Gif yang sudah Anda buat kemudian Anda bisa share kepada teman-teman Anda. [RF]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel