Pertarungan Dua Smartphone Berbasis Android Gingerbread: Huawei Vision vs Samsung Galaxy W

22 Jan 2012 16:00 3400 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagai *smartphone* yang sama-sama mendukung sistem operasi Android Gingerbread Paseban mencoba menyajikan perbandingan antara Huawei Vision dan Samsung Galaxy W. Seperti apakah penampilan dari masing-masing *smartphone* ini? Simak ulasannya berikut ini.

Awal November 2011 lalu, Huawei merilis tiga produk Androidnya sekaligus di Indonesia, dan salah satunya adalah Huawei Vision yang hadir dengan body berlapiskan aluminium. Sama halnya dengan smartphone buatan vendor asal Korea Selatan, Samsung Galaxy W yang juga dirilis pada bulan November 2011 lalu di Indonesia.

Sebagai smartphone yang sama-sama mendukung sistem operasi Android Gingerbread, Paseban mencoba menyajikan perbandingan di antara keduanya. Seperti apakah penampilan dari masing-masing smartphone ini? Simak ulasannya berikut ini.

Dimensi

Huawei Vision memiliki body yang cukup ramping dengan ukuran 118x59,9x9,9 mm dan berat sekitar 121 gram. Smartphone yang berlapiskan aluminium ini nampaknya terasa lebih berat dibandingkan pesaingnya Samsung Galaxy W. Galaxy W memiliki bobot sekitar 114,7 gram dengan ukuran 115,5 x 59,8 x 11,5. Dalam kategori ini tentu saja Samsung Galaxy W lebih unggu dari Huawei Vision.

Layar

Untuk ukuran dan dimensi layar, baik Huawei Vision maupun Samsung Galaxy W didukung dengan layar touchscreen yang berukuran 3,7 inci dan resolusi 480x800 piksel. Namun bedanya, layar Samsung Galaxy didukung dengan 16 juta warna, sedangkan Huawei Vision hanya mendukung 256.000 warna saja. Lagi-lagi, Samsung Galaxy menang telak atas Huawei Vision.

Kamera

Baik Huawei Vision maupun Samsung Galaxy W, keduanya sama-sama dilengkapi dengan kamera 5MP dengan kemampuan merekam video HD 720p. Menariknya lagi, keduanya juga dilengkapi dengan kamera depan yang berresolusi VGA. Dari hasil foto, mungkin Anda sudah bisa menebak siapa yang lebih unggul antara produk Korea Selatan dan Cina ini.

Kinerja

Huawei Vision berjalan di atas platform Android Gingerbread yang didukung oleh prosesor berkecepatan 1GHz Snapdragon (Qualcomm Snapdragon MSM 825 processor) dan disandingkan dengan RAM sebesar 512MB. Kombinasi yang memang mampu menyajikan kinerja yang cukup mulus ketika menjalankan multitasking.

Sedangakan Samsung Galaxy W yang juga mendukung OS Android Gingerbread telah disesuaikan dengan antarmuka TouchWiz 4,o yang juga mampu berjalan lebih baik ketika menjalankan multitasking.

Baterai dan memori

Huawei Vision didukung dengan baterai Li-Ion yang memiliki kapasitas 1400mAh, sedangkan Samsung Galaxy W ditenagai dengan baterai Li-Ion dengan kapasitas 1500mAh. Memori internal Huawei Vision sebesar 1GB, dengan ROM 2GB, serta slot microSD mencapai 32GB. Tentunya lebih rendah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy W yang memiliki memori internal 1.7GB, ROM 2GB serta slot microSD sampai 32GB.

Kesimpulan

Kedua smartphone, baik Huawei Vision maupun Samsung Galaxy W memiliki spesifikasi yang hampir sama, meski dalam beberapa kategori terdapat perbedaan namun secara keseluruhan, Samsung Galaxy W memang mampu mengungguli Huawei Vision.

Kedua smartphone ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,9 jutaan. Namun untuk keputusan mana yang lebih baik, menurut Paseban Anda lebih mengetahui mana yang terbaik dan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel