Carboid Mobipad - Ubah Ponsel Touchscreen Symbian sebagai Trackpad Laptop Anda

28 Dec 2011 14:00 7153 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Suatu hari, mungkin touchpad yang dimiliki laptop Anda yang berfungsi sebagai pengendali kursor menjadi macet. Sehingga Anda kesulitan untuk memakainya dan jika harus membeli mouse, keadaan finansial Anda saat itu belum memadai. Sebagai solusinya, kini touchpad pada laptop Anda bisa digantikan dengan sebuah ponsel touchscreen Symbian via aplikasi Carboid Mobipad.

Suatu hari, mungkin touchpad yang dimiliki laptop Anda yang berfungsi sebagai pengendali kursor menjadi macet dan tidak bisa digunakan. Sehingga Anda merasa kesulitan untuk memakainya dan jika harus membeli mouse, keadaan finansial Anda saat itu belum memadai.

Sebagai solusinya, kini touchpad pada laptop Anda bisa digantikan dengan sebuah ponsel touchscreen Symbian via aplikasi Carboid Mobipad. Aplikasi Carboid Mobipad ini merupakan aplikasi java yang memungkinkan ponsel touchscreen symbian Anda diubah menjadi pengendali touchpad.

Sebenarnya, aplikasi Carboid Mobipad ini mendukung semua ponsel java, dan pada tes kali ini Paseban mencoba menggunakannya dengan ponsel Nokia berplatform Symbian^3 Nokia C6-01. Untuk memulai mengendalikan laptop dengan sebuah ponsel touchscreen Symbian, pertama-tama pastikan bahwa Bluetooth laptop Anda sudah diaktifkan.

Apabila laptop Anda tidak memiliki fitur Bluetooth internal, Anda bisa menggunakan adaptor Bluetooth eksternal. Penggunaan Bluetooth eksternal dilakukan dengan menghubungkan laptop dan ponsel Anda lalu gunakan modus discoverable.

Setelah persyaratan pengaktifan Bluetooth selesai, lakukan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Download aplikasi Carboid Mobipad di situs ini http://mobipad.carboid.com, lalu ekstrak file yang telah Anda download tersebut.

  2. Pilih Download Client untuk aplikasi di ponsel Symbian Anda, atau pilihan Download Server untuk dipasang di aplikasi laptop. Untuk menggunakan aplikasi Carboid Mobipad di ponsel masukkan semua file yang terdapat pada folder Client 1.0 yang memiliki ekstension *.jad dan *.jar menggunakan kabel data.

  3. Jalankan file .jad dari ponsel Symbian Anda, pilih OK lalu tunggu sampai proses instalasi selesai.

  4. Setelah selesai, pilih Close, lalu download aplikasi untuk laptop yang bernama runtime java melalui situs ini <http://www.java.com /en/download/manual.jsp>, lalu ekstrak.

  5. Install aplikasi server yang dibutuhkan untuk PC (runtime java) yang sebelumnya telah Anda download, ikuti perintah selanjutnya lalu tunggu hingga proses instalasi selesai.

  6. Klik kanan pada aplikasi *.jar yang berada pada folder Server 1.0 yang telah di-download lalu pilih Open With >> JavaTM Platform SE Binnary.

  7. Klik Start, dan mulai jalankan aplikasi Carboid Mobipad.

  8. Pilih Optio n>> Search, lalu tunggu hingga Bluetooth menemukan ID adaptor laptop Anda. Setelah ditemukan pilih nama ID adaptor yang benar lalu klik Yes.

  9. Jika berhasil, aplikasi yang sedang dijalankan pada laptop akan terhubung. Status terhubungnya ini mengindikasikan bahwa ponsel touchscreen Symbian Anda sudah berhasil dijadikan sebagai trackpad. Untuk melakukan klik ini dan itu seperti halnya dengan touchpad Anda tinggal memilih Option saja.

Itulah Sembilan langkah mudah dalam merubah ponsel touchscreen Symbian Anda menjadi trackpad pada laptop. Bagaimana, Anda siap berpetualang? Jangan buang waktu Anda untuk mencoba hal-hal baru yang positif. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel