Duel Seru Dua Smartphone Berprosesor 1GHz, BlackBerry Bellagio vs Sony Ericsson Xperia Pro

17 Jan 2012 15:00 3581 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BlackBerry Bold 9790 alias BlackBerry Bellagio sempat fenomenal di Indonesia, bagaimana jika dibandingkan dengan Sony Ericsson Xperia Pro. Mampukah spesifikasinya sefenomenal saat pertama kehadirannya?

Pada bulan November lalu, RIM memperkenalkan smartphone BlackBerry Bold 9790 yang menggunakan OS BlackBerry 7,0 atau yang lebih dikenal dengan julukan BlackBerry Bellagio. Smartphone ini pun mendapat sambutan cukup hangat di tanah air.

Namun bagaimana sebenarnya kualitas dari smartphone ini? Kali ini Paseban mencoba membandingkan BlackBerry Bellagio dengan produk milik Sony Ericsson, yakni Xperia Pro. Untuk mengetahui seperti apa duel seru kedua smartphone berprosesor 1GHz ini, simak review lengkapnya di bawah ini.

Dimensi

Smartphone BlackBerry Bellagio ini memiliki dimensi 110x60x11.4 mm yang didesain dengan keyboard QWERTY. Sedangkan untuk bobotnya, smartphone ini memiliki berat sekitar 107 gram. Sedangkan Sony Ericsson Xperia Pro memiliki ukuran 120x57x13.5 mm dengan bobot sekitar 142 gram yang juga tampil dengan keyboard QWERTY. Dalam kategori ini, BlackBerry Bellagio berhasil menjadi pemenang, karena dia hadir dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan Xperia Pro.

Layar

Layar TFT capacitive touchscreen yang menunjang tampilan 16 juta warna berukuran 2,45 inci menaempel pada smartphone BlackBerry Bellagio. Selain itu, smartphone yang memiliki resolusi layar 480x360 piksel ini juga dilengkapi sebuah optical trackpad. Sedangkan Xperia Pro menggunakan layar capacitive touchscreen dengan LED Back-lit berukuran 3,7 inci yang menunjang tampilan 16 juta warna.

Resolusi layar yang ditawarkan pun cukup tinggi, yakni sekitar 480x854 piksel. Fitur-fitur seperti multi-touch, Sony Mobile BRAVIA Engine, accelerometer, proximity dan UI Timescape dapat ditemukan dalam smartphone ini. Mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa pemenang dalam kategori ini berhasil diraih oleh Xperia Pro produknya Sony Ericsson.

Kinerja

Prosesor Marvel Tavor MG1 1GHz yang ditunjang dengan RAM 768MB siap menjadi otak dari smartphone BlackBerry Bellagio. Smartphone yang sempat menggemparkan dunia karena menimbulkan kericuhan pada peluncuran pertamanya ini menggunakan OS BlackBerry 7,0. Beberapa jenis fitur konektivitas pun bisa ditemukan pada smartphone ini, antara lain Bluetooth 2.1, NFC, microUSB 2.0 dan WiFi.

Sama seperti smartphone BlackBerry Bellagio, Xperia Pro pun ditunjang dengan prosesor single core 1GHz milik Qualcomm. Selanjutnya, terdapat RAM 512MB dan OS Android Gingerbread yang menunjang kinerja prosesor. Fitur lain seperti WiFi, 3G, Bluetooth dan USB pun dapat ditemui pada smartphone ini. Dan dalam kategori ini, keduanya berimbang alias seri.

Kamera

Sebuah kamera 5MP yang dilengkapi dengan autofokus, LED flash, Geo-tagging, face detection dan image stabilization tersemat di bagian belakang BlackBerry Bellagio. Kamera ini juga mampu merekam video kualitas VGA. Xperia Pro memiliki kamera dual, 8MP di bagian belakang dengan fitur autofokus, LED flash, video calling, touch focus, geo-tagging, face and smile detection serta mampu merekam video 720p, selain itu di bagian depan juga terdapat kamera berkualitas VGA. Tentunya, Xperia Pro terlihat muncul kepermukaan sebagai pemenang dalam kategori ini.

Memori dan Baterai

BlackBerry Bellagio dilengkapi dengan ROM berkapasitas 8GB. Terdapat pula slot microSD untuk memberikan tambahan kapasitas hingga 32GB. Sementara pada bagian baterainya, smartphone ini mampu bertahan selama 5 jam 10 menit pada mode 2G dan 5 jam 30 menit pada mode 3G. Baterai Li-Po 1500 mAh milik Xperia Pro mampu bertahan 6 jam 55 menit (2G) dan 7 jam (3G) dalam kondisi talk yime. Memori internal dengan kapasitas 1GB plus slot microSD tersemat pula di smartphone ini. Lagi-lagi Xperia Pro terpilih sebagai pemenang.

Kesimpulan

Terlepas dari siapa yang paling banyak memenangkan kategori dari duel seru smartphone berprosesor 1GHz ini, Anda lebih berhak menentukan mana yang lebih pantas menjadi pemenang di hati Anda, karena selera tentu berbeda. Tetapi jika di bandingkan dari segi harga, Sony Ericsson Xperia Pro dibanderol dengan harga yang lebih murah dari BlackBerry Bellagio dengan perbandingan Rp 3,6 juta : Rp 4,4 juta. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel