1

Kisah Dibalik Kesuksesan RIM

10 Oct 2011 19:00 4438 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Anda seorang pengguna BlackBerry? Seperti yang telah kita ketahui bahwa BlackBerry merupakan smartphone yang diproduksi oleh RIM. Tetapi sudah sejauh manakah Anda mengenal RIM? Berikut ini Paseban akan review sejarah kesuksesan RIM

Apakah Anda seorang pengguna BlackBerry? Seperti yang telah kita ketahui bahwa BlackBerry merupakan smartphone yang diproduksi oleh RIM. Tetapi sudah sejauh manakah Anda mengenal RIM? Tak kenal, maka tak sayang. Begitulah ungkapan yang paling populer yang sering terdengar di telinga kita. Jika Anda pengguna BlackBerry, sudah selayaknya pula Anda mengenali perusahaan yang mengeluarkan perangkat kesayangan Anda sekarang ini.

Kesuksesan yang dicapai oleh RIM (Research In Motion) Ltd tidak bisa dipisahkan dari kisah seorang pemuda Yunani yang bernama Mike. Mike yang memiliki nama lengkap Mike Lazaridis ini lahir pada tanggal 14 Maret 1961 di Istanbul, Turki. Mike kuliah di Universitas of Waterloo bidang teknik listrik jurusan ilmu komputer. Dua bulan sebelum kelulusannya, Mike memutuskan untuk berhenti kuliah karena telah menerima kontrak dari General Motors sebesar $ 600.000 untuk mengembangkan jaringan komputer yang mengontrol sistem tampilan layar.

Pada tahun 1996, Mike berimigrasi dari Turki ke Kanada bersama keluarganya dan menetap di Windsor, Ontario. Mike sempat mendapat pinjaman modal usaha dari teman, keluarga serta sebagiannya yang merupakan hibah dari pemerintah dan hasil kontraknya dengan GM, Mike dan kawannya Barnstijn dan Douglas Freign mulai mendirikan Research In Motion pada tahun 1984. Pada tahun 1987, RIM mulai mengarah pada perkenalan perangkat digital nirkabel yaitu BlackBerry mobile ketika RIM menerima kontrak dari Roger Mobile Communications, operator pager dan telepon seluler.

Sebelumnya RIM juga sempat mendapatkan prestasi dalam mengembangkan teknologi barcode untuk film. Dalam kontraknya tersebut, RIM harus mencari tahu sistem jaringan digital nirkabel yang pada saat itu diperkenalkan oleh Ericsson. Pada tahun 1990 setelah RIM berhasil menciptakan modem radio nirkabel mini, modem ini mulai dipakai di perusahaan OEM untuk beberapa produk seperti komputer hingga mesin penjual otomatis.

Software yang mendukung sistem email nirkabel mulai dikembangkan oleh RIM pada tahun selanjutnya, yaitu tahun 1991. Pada proyek ini RIM telah menjalin kerjasama dengan perusahaan besar yaitu Anterior Technology dan Ericsson. Hasil kerjasama antara Ericsson dan RIM menghasilkan modem radio portable sedangkan Anterior yang menyediakan gateway-nya. Kerjasama yang dilakukan oleh ketiga perusahaan tersebut menciptakan sebuah sistem nirkabel dengan kemampuan jaringan tak terputus. Berawal dari kerjasama itu juga lah RIM mulai dipercaya oleh berbagai perusahaan besar lainnya dalam menjalin kerjasama seperti Microsoft, IBM, Bell South Wireless Data dan sebagainya.

Pada tahun 1997 RIM meluncurkan perangkat email nirkabel bernama Inter@ctive pager, pada tahun 1999 RIM telah fokus sendiri dengan meluncurkan produk BlackBerry sebagai perangkat email korporat. Setelah itu BlackBerry mulai semakin menanjakkan karirnya pada tahun 2002 dengan versi yang lebih canggih tentunya. MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel