Pertarungan Dua OS Android Vs Windows Phone Terdepan - HTC Rhyme VS Nokia 710

10 Jan 2012 20:00 3774 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Smartphone* berbasis Windows Phone dalam waktu dekat akan meluncur ke Indonesia. Salah satunya adalah Nokia 710. Dalam artikel ini, Paseban akan mencoba membandingkan ponsel ini dengan ponsel berbasis Android dari HTC, yakni HTC Rhyme. Ingin Tahu bagaimana ulasannya? Simak artikel berikut.

Smartphone berbasis Windows Phone dalam waktu dekat akan meluncur ke Indonesia. Salah satunya adalah Nokia 710. Dalam artikel ini, Paseban akan mencoba membandingkan ponsel ini dengan ponsel berbasis Android dari HTC, yakni HTC Rhyme. Ingin Tahu bagaimana ulasannya? Simak artikel berikut.

Dimensi

Nokia 710 memiliki dimensi 119 x 62.4 x 12.5 mm dan 125.5 gram. Sedangkan HTC Rhyme tampil dengan ukuran yang lebih slim, 119 x 60.8 x 10.9 mm namun dengan dengan bobot yang lebih berat, yakni 130 gram. Dari poin ini, nampaknya kedua ponsel ini memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi ukuran maupun berat.

Layar

Smartphone baru berbasis Windows Phone 7.5 milik Nokia ini dilengkapi dengan layar 3.7 inci yang memiliki resolusi 480 x 800 piksel. Teknologi layar touchscreen kapasitif yang mendukung 16 juta warna tersemat di tampilan ponsel ini. Selain itu Nokia 710 juga mendukung Multi touch plus terdapat gorilla glass untuk melindungi dari goresan. Sebagai tampahan, Nokia menggunaka UI Nokia ClearBack pada ponsel barunya tersebut.

Sementara itu HTC Rhyme hadir dengan layar yang berukuran sama, 3.7 inci, dengan resolusi yang sama pula. Bedanya layar yang digunakan adalah layar S-LCD touchscreen kapasitif yang mendukung tampilan 16 juta warna. Fitur tambahan lainnya, ponsel ini memiliki kontrol touch-sensitive serta UI HTC sense 3.5.

Untuk perbandingan kali ini, lagi-lagi kedua ponsel ini memiliki kualitas yang seimbang. Tak hanya itu, keduanya juga mempunyai tampilan uniknya masing-masing, Nokia 710 dengan UI Nokia ClearBack, sedangkan HTC Rhyme datang dengan HTC Sense 3.5.

Sistem Operasi

Seperti yang kita ketahui semua Nokia 710 menggunakan OS Windows Phone 7.5 Mango. Sebagai OS baru, tentunya tak bisa dibandingkan dengan OS milik HTC Rhyme yang menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread. Jika Anda ingin merasakan tantangan baru, tentunya lebih baik memilih OS Windows Phone yang menghadirkan fitur-fitur baru. Namun sayangnya jumlah aplikasi yang mendukung platform ini tak sebanyak aplikasi Android. So, pemilihan kali ini Paseban tentukan kepada Anda sendiri.

Performa

Prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1.4GHz menjadi otak dari Ponsel Nokia 710. Selain itu terdapat GPU GPU Andreno 205 serta RAM 512MB untuk menunjang kinerja ponsel Lumia ini. Fitur lain yang terdapat pada ponsel ini adalah sensor Accelerometer, Proximity dan kompas. Sementara itu, HTC Rhyme mempunyai prosesor Qualcomm Scorpion 1GHz yang didukung dengan GPU Andreno 205. Fitur lainnya, ponsel ini memiliki GPS, mendukung aplikasi Adobe flash. Di sini, Nokia lebih unggul dalam performa prosesornya yang menjanjikan kecepatan lebih.

Kamera

Nokia 710 hadir dengan Kamera 5MP. Gambar yang dihasilkan pun tentunya tak terlalu bagus. Kamera ini mampu merekam video kualitas 720p HD. Namun sayangnya di bagian depat tak terdapat kamera untuk fasilitas video chatting. Pun demikian dengan HTC Rhyme yang hadir dengan kamera 5 MP. Di bagian depan terdapat kamera VGA yang dapat digunakan untuk video chatting. Paseban nampaknya lebih memilih HTC Rhyme sebagai pemenang dalam poin ini.

Baterei dan Memori

Standard battery, Li-Ion 1300 mAh (BP-3L), mampu bertahan hingga 400 jam pada mode 2G dan 400 jam pada mode 3G. Untuk talktime, handphone ini mampu bertahan hingga 6 jam 50 menit pada mode 2G dan 7 jam 40 menit pada mode 3G. Sementara itu memori internal yang dimiliki oleh ponsel ini adalah 8GB tanpa dilengkapi dengan slot microSD. Sementara itu, HTC Rhyme hadir dengan baterai standar Li-Ion 1600 mAh yang mampu bertahan hingga 295 jam pada mode 2G dan 340 jam pada mode 3G. Untuk fasilitas penyimpanannya, Rhyme mempunyai memori internal berkapasitas 4 GB dengan slot microSD yang maksimum bisa menampung kapasitas 32GB. Kali ini Nokia 710 kembali menjadi pemenang, dengan baterai yang mampu bertahan lebih lama, sayangnya ponsel ini tak dilengkapi dengan slot microSD.

Kesimpulan

Dari semua poin yang Paseban sebutkan di atas, nampaknya Nokia 710 layak menjadi pemenangnya. Namun semua pilihan jatuh ke tangan Anda, meningat pilihan utama di sini adalah perbedaan Operating System yang mungkin akan mempengaruhi kinerja smartphone Anda nanti kedepannya. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel