Nikon Coolpix A - Kamera Digital Terbaru Dengan Sensor DSLR DX Terkecil di Dunia

13 Jul 2013 20:00 3029 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada ajang bergengsi ini, Nikon memperkenalkan sebuah perangkat pengambil gambar dengan teknologi terkini yang diberi nama Nikon Coolpix A. 

Sebelum menuju ke ulasan Nikon Coolpix A, sedikit pembahasan tentang CeBIT 2013 tampaknya diperlukan. Apakah CeBIT 2013 itu? CeBIT 2103 adalah nama dari sebuah event yang diadakan di Hanover, Jerman dan direncanakan akan terlaksana secara tahunan. Event ini merupakan event terbesar dari ajang pameran teknologi dan komputer yang melibatkan dunia Internasional. CeBit 2013 ini dianggap sebagai barometer kemajuan teknologi terkini. Selain CeBIT, ada pula beberapa event sejenis, di antaranya adalah MWC yang juga telah diadakan baru-baru ini. Ya, pasti beberapa di antara Anda yang membaca akan menyimpulkan bahwa CeBIT ini mirip dengan MWC (Mobile World Congress) yang diadakan di Barcelona, Spanyol setiap tahun. Kenyatannya memang kedua event ini membahas hal yang mirip, yaitu tentang teknologi terkini.

Perbedaan yang sedikit signifikan adalah MWC lebih menitik beratkan event-nya ke perangkat komunikasi, sementara CeBIT lebih memfokuskan diri pada teknologi komputer. CeBIT sendiri merupakan singkatan dari Centrum für Büroautomation, Informationstechnologie und Telekommunikation, yang artinya kurang lebih Pusat Dari Otomatisasi Kantor, Teknologi Informasi dan Telekomunikasi. CeBIT tahun ini diadakan pada tanggal 5-9 Maret, CeBIT pertama diadakan pada tahun 2012 dan tahun ini CeBIT juga diadakan. Berbagai perusahaan elektronik dengan andalannya masing-masing hadir pada ajang bergengsi ini dan unjuk gigi dengan teknologi yang mereka kembangkan.

Salah satu nama besar yang mengikuti acara ini adalah Nikon, perusahaan teknologi yang berkecimpung di dunia fotografi ini telah menarik perhatian dunia dengan produk andalannya yang dipamerkan pada ajang CeBIT 2013 ini. Pada ajang bergengsi ini, Nikon memperkenalkan sebuah perangkat pengambil gambar dengan teknologi terkini yang diberi nama Nikon Coolpix A. Kamera terbaru ini dikabarkan merupakan kamera dengan sensor format DX yang ukurannya paling kecil yang pernah ada sampai saat ini. Dengan ukuran yang dapat dimasukkan ke dalam saku, kamera ini masih memiliki kemampuan yang tinggi jika dibandingkan dengan kamera saku lainnya. Apa saja keunggulan dari Nikon Coolpix terbaru ini?

Spesifikasi Perangkat

Kamera terbaru yang dipamerkan pada salah satu ajang bergengsi dunia ini memiliki resolusi 16.2 MP, diperkuat dengan lensa tangguh NIKKOR Wide Angle 28mm f/2.8. Kamera ini juga telah memiliki kemampuan unggulan, salah satu fitur pendukungnya adalah kemampuan ISO hingga 25600. Segala kemampuan kamera canggih tersebut dikemas dalam sebuah kamera yang masih berukuran relatif kecil. Dilepas dengan dua buah warna yaitu hitam dan perak membuat kamera kecil yang tangguh ini semakin terlihat dinamis.

Fitur Andalan

Ada satu fitur menarik yang sepertinya masih jarang diterapkan pada perangkat yang sejenis lainnya, kamera ini telah dibekali dengan fitur WiFi. Dengan adanya satu fitur penghubung yang dinamis ini, kamera dapat terhubung dengan perangkat apa saja yang juga menggunakan WiFi sebagai penghubungnya. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengirim gambar atau video dengan mudah, dan dengan beberapa langkah sederhana file tersebut juga dapat di-upload dengan segera. Selain fitur-fitur unggulan di atas, kamera ini juga dapat ditunjang dengan beberapa fitur tambahan, di antaranya adapter ring yang kompatibel dengan lens hood atau filter 46mm. Selain itu, kamera ini juga dapat dilengkapi dengan optical viewfinder yang dapat dibeli terpisah. Perangkat tambahan ini dilepas dengan harga mahal, sekitar US$450.

Informasi Tambahan

Perangkat tambahan untuk kamera yang satu ini saja dilepas dengan harga US$450, lantas bagaimana dengan kameranya sendiri? Kamera terbaru yang dipamerkan pada CeBIT 2013 ini dilepas di pasaran dengan harga yang tinggi, sekitar US$1,100. Unuk Anda yang menggmari dunia fotografi, nampaknya kamera ini layak untuk menjadi salah satu pilihan apabila Anda berencana untuk membeli perangkat baru. Namun harap dicatat, Nikon Coolpix A ini memiliki ukuran yang dinamis dan lebih cocok untuk dijadikan teman mobile. Ukurannya yang praktis namun kemampuannya yang tetap setara dengan kamera unggulan membuat perangkat yang satu ini tetap dapat diandalkan pada kondisi apapun. [BAM]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel