Kupas Tuntas Media Player pada Samsung Galaxy W

29 Dec 2011 14:00 5956 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
**Samsung Galaxy W** menggunakan *audio player* standar TouchWiz dengan UI (User Interface) secara *default* akan menampilkan *track audio* Anda dalam empat kategoriâ€-All, Playlist, Albums, dan Artists. Dan karena Android terkenal dengan kelebihan kustomisasi, Samsung menyertakan *setting* di mana Anda bisa menghapus dan menambahkan sendiri kategori tersebut sesuai keinginan Anda.

Kupas tuntas Samsung Galaxy W kali ini sampai pada review kemampuan media player. Artikel ini akan membahas fitur audio player dan video player yang dimiliki Samsung Galaxy W.

Audio Player

Samsung Galaxy W menggunakan audio player standar TouchWiz dengan UI (User Interface) secara default akan menampilkan track audio Anda dalam empat kategori—All, Playlist, Albums, dan Artists. Dan karena Android terkenal dengan kelebihan kustomisasi, Samsung menyertakan setting di mana Anda bisa menghapus dan menambahkan sendiri kategori tersebut sesuai keinginan Anda.

Samsung juga menyertakan setting equalizer disertai dengan teknologi sound-enhancing DNSe (Digital Natural Sound engine) dan 5.1 channel virtualization untuk memperkuat kemampuan suara yang dihasilkan Samsung Galaxy W.

Kupas Tuntas Media Player pada Samsung Galaxy W

Aplikasi audio player pada Samsung Galaxy W memiliki satu fitur yang cukup menarik di mana Anda bisa mencari informasi yang Anda perlukan dari sebuah lagu koleksi Anda di YouTube atau Google Search. Pilihan untuk mencari informasi dari sebuah lagu ini bisa Anda tentukan berdasarkan nama artis, judul lagu, atau judul album.

Video Player

Video player Samsung Galaxy W menawarkan tampilan yang sederhana. Tampilan yang bisa dibilang ciri khas Android adalah tampilan thumbnail berupa list disertai dengan gambar/foto kecil.

Seperti aplikasi Gallery atau My Files yang dibahas pada artikel sebelumnya, Video player secara otomatis akan mencari file video yang terdapat pada memory card atau internal storage Samsung Galaxy W dan menampilkannya dalam bentuk list berdasarkan nama, tanggal, tipe file, atau ukuran file.

Video Player Samsung Galaxy W memiliki fitur yang cukup berguna yaitu mengingat video yang terakhir Anda putar. Contoh Anda pause video yang sedang Anda lihat dan menutup aplikasi Video Player, selama Anda tidak mematikan atau me-restart smartphone Android Anda, Anda bisa mengakses aplikasi Video Player lagi dan resume video langsung pada bagian yang Anda tinggalkan.

Video Player Samsung Galaxy W memiliki fitur tiga pilihan tampilan video untuk menentukan tampilan mana yang nyaman menurut Anda, 5.1 channel virtualization, dan mendukung subtitle. Catatan untuk fitur subtitle adalah Anda bisa menentukan ukuran font. Tetapi Anda tidak bisa secara manual load subtitle, file subtitle harus bernama sama dengan file video. Contoh Anda memiliki file video berjudul Twilight.wmv dan Anda sudah download file subtitle untuk film tersebut dengan nama twilight1234.srt, Anda harus rename file tersebut menjadi Twilight.srt dan menaruhnya pada tempat/folder yang sama dengan file video agar aplikasi video player bisa secara otomatis load subtitle.

Video player Samsung Galaxy W cukup handal dalam mengatasi berbagai macam format video. DivX dan XviD videos beresolusi 720p bukan menjadi masalah saat diputar di Samsung Galaxy W, tetapi video player sedikit berat saat memutar format video 720p h.264. Video player perangkat lain umumnya akan mengalami masalah atau error saat memutar video yang memiliki format audio AC3 atau DTS sound, tetapi tidak dengan video player Samsung Galaxy W.

Kupas Tuntas Media Player pada Samsung Galaxy W

Good Audio Quality

Audio dan video player Samsung Galaxy W didukung dengan kualitas hardware audio yang secara mengejutkan ternyata cukup mumpuni. Tes kualitas audio secara keseluruhan memberikan hasil yang baik.

Samsung Galaxy W bukanlah tipe smartphone yang bisa menghasilkan suara kencang, tetapi suara yang dikeluarkan bersih dan layak, jadi pengguna bisa memperoleh kualitas suara yang lebih dari cukup.

Ketika dihubungkan dengan speaker eksternal, Samsung Galaxy W memberikan hasil yang cukup impresif dengan hanya sedikit kekurangan. Dan saat dihubungkan dengan headphone, audio output menunjukkan hasil yang lebih bagus lagi. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel