1

Headphone Unik atau Futristik, Mana yang Anda Pilih?

19 Sep 2011 08:05 7073 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Headphone sudah menjadi barang wajib bagi Anda yang sehari-hari bergumul dengan laptop atau PC komputer. Headphone atau yang biasa dikenal dengan nama headset bisa mengubah energi listrik menjadi energi suara, sehingga dengan alat ini Anda bisa mendengarkan suara musik di komputer yang langsung terhubung dengan telinga Anda.

Headphone sudah menjadi barang wajib bagi Anda yang sehari-hari bergumul dengan laptop atau PC komputer. Headphone atau yang biasa dikenal dengan nama headset bisa mengubah energi listrik menjadi energi suara, sehingga dengan alat ini Anda bisa mendengarkan suara musik di komputer yang langsung terhubung dengan telinga Anda.

Kadang Anda sendiri masih ragu dan belum bisa membedakan apa itu headphone, headset atau earphone. Jika dipandang dari segi fungsi, alat ini memang memiliki kesamaan, perbedaannya hanya terletak pada bentuknya saja. Earphone dipasangkan dengan cara disumpalkan langsung ke telinga, sedangkan headphone merupakan dua earphone yang saling dihubungkan dengan sebuah 'bando' yang dikenakan di kepala. Sedangkan headset adalah headphone yang dilengkapi dengan sebuah mikrofon dan alat tambahan berupa pemancar di kepala.

Headphone pertama kali dikenal pada abad ke-20. Menurut data yang Paseban dapatkan, teknologi headphone berawal dari sebuah amplifier besutan Thomas Alfa Edison. Ya, siapa sangka seorang Thomas Alfa Edison yang selama ini kita kenal sebagai penemu bola lampu juga merupakan sosok dibalik teknologi headphone yang kita kenal sekarang. Pada saat itu, Edison tidak menyadari bahwa pada eksperimennya terjadi proses pembentukan elektron yang melewati logam dan filament pada bola lampu tersebut. Dari eksperimen inilah kemudian penelitiannya diteruskan oleh ilmuwan yang bernama John C. Koss, sehingga terciptalah headphone yang kita kenal sekarang. Nama John C. Koss inilah yang pada akhirnya dianggap sebagai penemu headphone.

Sejak awal ditemukannya headphone hingga beberapa tahun ke belakang, bentuk headphone hampir tidak mengalami perubahan sedikit pun, hanya dari segi ukuran saja yang memang lebih mini. Hal inilah yang mendasari para produsen untuk menciptakan sebuah desain headphone unik yang lain dari biasanya.

Berikut ini adalah headphone yang memiliki keunikan tersendiri menurut Paseban. Coba Anda pilih, kira-kira desain mana yang paling menarik?

Thriller Headphones

thriller headphone

Anda termasuk penyuka sesuatu yang berbau horor? Mungkin headphone ini perlu Anda miliki. Bentuk headphone ciptaan Johnny Lighthands memang konvensional, namun ada sedikit modifikasi di bagian bando yang menyerupai area pemakaman. Pada bagian telinganya, ada bentuk zombie yang seperti mau bangkit dari dalam kubur, menyeramkan bukan?

Mood Headphones

Mood Headphone

Headphone ini sepintas seperti kacamata. Memang sih, headphone besutan Akin Bacioglu ini sengaja dirancang sedemikian rupa. Headphone ini juga punya fitur tambahan, yakni sebuah Bluetooth. Jadi, bagi orang yang fashionable headphone ini cocok untuk Anda.

Gizmag Headphone

Gizmag headphone

Selain dapat digunakan untuk mendengarkan pemutar musik apapun dengan sambungan Bluetooth, headphone ini memiliki sumber energi berupa baterai yang dapat bertahan hingga 4 jam. Jika baterai habis, charge headphone ini dengan menggunakan tenaga matahari.

CatBud

catbud headphone

Mungkin Anda yang menyukai kucing, headphone ini akan membuat Anda nampak seperti seorang cat woman. Bagian earphone dalam headphone ini bisa ditarik memanjang, sehingga headset ini cocok bagi siapa saja tanpa memperhatikan usia. Bando ini sengaja didesain berbulu hitam seperti boneka, sehingga lebih nyaman jika dikenakan.

Headset Robot Rock

RobotRock Headphone

Headset yang didesain oleh G. Smith ini konon terinspirasi dari lagunya Daft Punk yang berjudul Robot Rock. Nilai futuristik memang sudah terkesan dalam headset ini. Jadi, headset ini sepertinya cocok bagi Anda yang senang mengoleksi merchandise robotic. HJ

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel