PlayStation Vita (PSVita), Smartphone Berkemampuan Game Portable atau Game Portable Berkemampuan Smartphone? (Part-3)

20 Dec 2011 14:00 8812 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada dua pembahasan sebelumnya (lebih lanjut klik di sini dan di sini) mengenai *smarphone* ini, Paseban hanya membahasnya secara sepintas, namun pada artikel ini Paseban akan membahas PlayStation Vita ini hingga tuntas.

Pada dua pembahasan sebelumnya (lebih lanjut klik di sini dan di sini) mengenai smarphone ini, Paseban hanya membahasnya secara sepintas, namun pada artikel ini Paseban akan membahas PlayStation Vita ini hingga tuntas.

Fitur

Fitur-fitur yang ditawarkan PlayStation Vita adalah:

  • Chatting. PlayStation Vita mendukung kemampuan chatting dengan teman saat pengguna menonton video atau memainkan game, khususnya multiplayer game.

  • Cross Play adalah fitur lintas platform di mana Anda bisa mulai bermain game PlayStation 3 menggunakan PlayStation Vita(PSVita). Atau bermain game multiplayer pada PSVita melawan pemain pada konsol PlayStation 3.

  • Handheld ini bersifat "backwards compatible," dalam artian ia mendukung konten pada konsol versi lama seperti game, video, dan komik pada PlayStation Store yang tersedia untuk PSP, PlayStation minis, PlayStation Suite games, dan PSOne Classics.

  • Near. Program ini membantu konsumen mencaritahu jenis permainan apa saja yang dimainkan konsumen PS Vita dalam radius terdekat atau permainan apa saja yang baru dimainkan, serta mendukung konsumen berbagi informasi tentang permainan mereka. 'near' juga mendukung fitur permainan berbasis lokasi seperti 'gifting (memberi)', di mana konsumen dapat mengakses barang-barang yang berhubungan dengan permainan virtual yang dibagikan oleh konsumen lain, dengan cara mendaftar pada lokasi geografis yang telah dikunjungi pemain lain. Barang-barang virtual ini dapat mencakup konten yang telah dibuka dari permainan, seperti kostum karakter, senjata, dan harta karun.

  • Party merupakan aplikasi inovatif bagi sistem hiburan portabel yang memungkinkan konsumen menikmati bincang-bincang suara atau teks tidak hanya saat permainan online berlangsung, tapi juga saat konsumen memainkan permainan lain atau sedang menggunakan aplikasi lain. Dengan 'Party', yang menawarkan jejaring sosial dalam format baru, dan 'near' yang memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi permainan mereka satu dengan lainnya di mana pun, kapan pun, pengguna dapat mengembangkan batasan-batasan komunikasi interaktif secara dramatis.

  • Welcome Park aplikasi penuntun yang dikembangkan secara khusus untuk menuntun konsumen atas UI (User-Interface) terbaru PlayStation Vita(PSVita).

  • Web Browser. Berselancar internet menggunakan aplikasi browser yang mendukung HTML 5 pada layar OLED 5 inchi.

  • Aplikasi Music Player dan Video Player tidak lupa disertakan pada PlayStation Vita(PSVita).

  • Tidak lupa aplikasi Media Sosial juga tersedia untuk PlayStation Vita(PSVita), termasuk Facebook, Twitter, Foursquare, dan Skype.

Harga

Pada situs resmi PlayStation, produk PlayStation Vita(PSVita) terbagi menjadi 3 jenis:

  • PlayStation Vita(PSVita) 3G/Wi-Fi. Versi ini mendukung koneksi 3G dan tersedia slot SIM Card. PSVita versi ini dibanderol seharga $299 dengan kelengkapan dus berisi handheld PS Vita 3G/Wi-Fi System, AC adaptor, dan AC power cord.

  • PlayStation®Vita First Edition Bundle. Versi ini merupakan PlayStation Vita(PSVita) 3G/WiFi dengan tambahan 4GB memory card, Limited edition PlayStation Vita(PSVita) case, dan Little Deviants PSVITA game. Bundle ini dibanderol seharga $349.

  • PlayStation Vita(PSVita) WiFi. Versi ini hanya memiliki koneksi WiFi saja tanpa adanya slot SIM card dan dukungan koneksi 3G. Versi ini memiliki harga lebih murah yaitu $249.

Kesimpulan

Handheld ini layak untuk dimiliki oleh gamers sejati dan PlayStation "fanboy." Kemampuannya yang setara dan bisa dimainkan multiplayer dengan PlayStation 3, walaupun "berat," harus diakui sesuai dengan harga yang dimilikinya.

Namun apabila digunakan untuk menggantikan fungsi smartphone, PlayStation Vita (PSVita) masih belum bisa, kecuali Anda tidak keberatan tanpa adanya fungsi SMS dan telepon. Perangkat ini lebih ke arah pesaing iPod Touch atau Samsung Galaxy Player, dengan kemampuan yang jauh diatas kedua produk tersebut. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel