PlayStation Vita (PSVita) - Smartphone Berkemampuan Game Portable atau Game Portable Berkemampuan Smartphone? (Part-1)

20 Dec 2011 10:00 4829 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

*Platform smartphone* paling populer saat ini, Apple iOS dan Google Android, memiliki *game* sebagai salah satu fitur yang dikedepankan. Konsep *smartphone* berkemampuan *game portable* inilah yang banyak ditawarkan sekarang. Namun bagaimana bila konsep dibalik *game portable* berkemampuan *smartphone*? Inilah yang ditawarkan PlayStation Vita (PSVita).

Platform smartphone paling populer saat ini, Apple iOS dan Google Android, memiliki game sebagai salah satu fitur yang dikedepankan. Konsep smartphone berkemampuan game portable inilah yang banyak ditawarkan sekarang. Namun bagaimana bila konsep dibalik game portable berkemampuan smartphone? Inilah yang ditawarkan PlayStation Vita (PSVita).

Setelah produk Xperia Play, sebuah smartphone Android dengan embel-embel "PlayStation Certified," dan kepopuleran game portable PSP yang kalah dengan multifungsi yang ditawarkan produk smartphone sekarang, pada 17 Desember kemarin Sony merilis PlayStation Vita, game portable dengan kemampuan smartphone.

History

Rumor tentang PlayStation Vita ini muncul pertama kali 7 Juli 2009 ketika Eurogamer, situs seputar game, melaporkan bahwa Sony sedang mengerjakan perangkat PlayStation Portable menggunakan prosesor SGX543MP PowerVR yang setara dengan kemampuan Xbox.

Rumor PlayStation Vita berlanjut pada setahun kemudian, 7 Juli 2010, oleh Wall Street Journal yang melaporkan Sony sedang mengembangkan perangkat dengan karakteristik game machines, e-book readers dan netbook computers. Dan dalam sebuah interview Shuhei Yoshida, President of Sony Computer Entertainment Worldwide Studios, mengakui bahwa mereka sedang mengembangkan hardware seperti itu. Dan "Development kits" telah dikirimkan kepada para pengembang software game untuk mendukung handheld tersebut.

Pada 17 November 2010, foto bocoran PlayStation Vita yang masih berupa prototype tersebar di duniamaya. Foto tersebut dicap sebagai perangkat penerus PSP dengan desain yang mirip dan tambahan dua analog sticks, dua kamera dan sebuah microphone.

Pada 22 December 2010, Kazuo Hirai, Sony Computer Entertainment CEO, menjawab, atau bisa dibilang makin memanaskan rumor yang beredar tentang PlayStation Vita ini saat melakukan interview dengan New York Times. Ia menyatakan bahwa Sony akan membuat para gamers di pasar handheld kagum dengan perangkat yang mengkombinasikan kontrol touchscreen dan tombol joystick, daripada hanya kontrol touchscreen saja seperti platform saingan mereka iPhone dan iPod Touch.

PlayStation Vita, ini kemudian diumumkan secara resmi pertama kali pada 27 Januari 2011 oleh Kazuo Hirai pada sebuah acara "PlayStation Meeting" di Jepang, yang saat itu masih memiliki codename Next Generation Portable (NGP).

Baru pada 6 Juni 2011, Sony mengumumkan bahwa nama dari perangkat tersebut adalah PlayStation Vita, dimana nama "Vita" berarti "kehidupan" dalam bahasa Latin.

Pembahasan selanjutnya mengenai PlayStation Vita ini bisa Anda baca di artikel Paseban mendatang

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel