Perbandingan Smartphone Terlaris 2011 - Samsung Galaxy Ace vs iPhone 4

9 Dec 2011 16:00 4434 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bulan Januari 2011 lalu, Samsung akhirnya merilis produk barunya yaitu Samsung Galaxy Ace yang diprediksikan dapat bersaing dengan Apple iPhone 4, produk yang telah mendominasi industri *smartphone* beberapa waktu lalu.

Bulan Januari 2011 lalu, Samsung akhirnya merilis produk barunya yaitu Samsung Galaxy Ace yang diprediksikan dapat bersaing dengan Apple iPhone 4, produk yang telah mendominasi industri smartphone beberapa waktu lalu.

Kedua smartphone tersebut memiliki sejumlah fitur yang sama dengan fungsi yang tidak jauh berbeda. iPhone 4 yang dirilis pada bulan Juni 2010 ini disinyalir mengalami berbagai masalah yang banyak dikomplain oleh konsumennya. Tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy Ace yang juga ditemukan adanya masalah pada browser bawaan yang tidak mendukung Flash.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan spesifikasi dari Samsung Galaxy Ace dan iPhone 4, simak kelanjutannya di bawah ini.

Desain

Dari desain, kita bisa melihat bahwa Samsung Galaxy Ace memiliki bentuk candybar dengan hiasan glossy hitam pada bagian body-nya, bagian sudutnya yang membulat seakan memberikan sinyal sebuah ketegasan yang tertanam pada salah satu smartphone Samsung ini.

Jika Anda perhatikan lebih teliti, Samsung Galaxy ace ini cenderung seperti mengadopsi gaya yang dimiliki oleh iPhone 4. Perbedaanya utamanya hanya terletak pada bagian casing belakang saja di mana Samsung Galaxy Ace melapisinya dengan finishing tekstur yang lebih kasar dan kesat serta warna peraknya yang begitu mencolok.

Pada smartphone Samsung Galaxy Ace, sudah tertanam proximity sensor yang terdapat di ujung kanan bagian atas dari body depan. Sensor yang posisinya nyaris tak terlihat ini berfungsi sebagai radar yang akan mendeteksi jarak antara layar dan obyek yang berada di depannya. Sedangkan pada iPhone 4, terdapat antena yang dibenamkan di samping kiri bawah dan hal ini menyebabkan sinyal yang tertangkap menjadi lemah ketika Anda menggenggamnya dengan tangan kiri. Kelemahan lain dari iPhone 4 ini disinyalir rentan pecah karena menggunakan kaca pada bagian bawahnya.

Display

Baik Samsung Galaxy Ace maupun iPhone 4, kedua smartphone ini sama-sama memiliki ukuran layar 3,5 inci. Hanya saja, terdapat perbedaan yang sangat mencoloj dalam hal resolusi layar, di mana perbandingannya adalah HVGA 320 x 480 : 960 x 640 piksel untuk iPhone 4. Tentu saja dalam urusan resolusi, iPhone 4 memiliki kepadatan piksel yang sangat mumpuni dibanding Samsung Galaxy Ace yang memiliki kepadatan piksel rendah. Hal ini menimbulkan ketajaman konten yang ditampilkan iPhone 4 menjadi lebih tajam dan bagus dibanding Samsung Galaxy Ace.

Jika iPhone 4 memiliki fitur Ambient light sensor atau sensor cahaya yang memungkinnya mengontrol kecerahan backlight pada layar, maka Samsung Galaxy Ace memiliki fitur Proximity sensor. Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu obyek yang berada di dekatnya tanpa adanya sentuhan fisik.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Ace dan iPhone 4 memiliki kelebihan yang saling melengkapi satu sama lain, tetapi jika Anda harus memilih salah satu di antara keduanya mungkin Anda perlu mempertimbangkan hal lainnya karena tidak bisa jika hanya sebatas dari faktor display saja.

Sistem Operasi

Dalam perbandingan Samsung Galaxy Ace vs iPhone 4 ini, secara tidak langsung kita juga membandingkan dua sistem operasi yang berbeda dan bertolak belakang dalam beberapa pandangan spesifik. Samsung yang berjalan pada sistem operasi Android Froyo 2.2, memiliki kelemahan dibadningkan iOS, di mana Android masih kalah intuitif. Pengguna Android masih harus menemukan third party manager dan beberapa pilihan sistemnya. Selain fungsi search engine yang belum begitu akurat serta masih banyak file /aplikasi "sampah" yang sering terdeteksi.

Di sisi lain, iPhone 4 memang unggul dengan sistem operasinya yang mudah serta third party manager yang memiliki keteguhan kuat dengan pihak Apple. Meskipun demikian, iPhone juga memiliki kekurangan yang cukup signifikan yaitu masih kurang fleksibelnya dalam hal penyesuaian tertentu terhadap penggunanya.

Pada umumnya, masalah yang sering terjadi di kalangan pengguna iPhone terletak dalam hal penggantian aplikasi standar yang mengelola data-data pada iPhone mereka, selain itu juga pengguna tidak bisa semaunya melakukan penggabungan data menjadi sebuah folder. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda ingin saling berbagi video dan lagu ke sesama pengguna iPhone atau PC komputer yang terkesan sangat sulit.

TouchWiz 3,0 UI yang dimiliki Samsung Galaxy Ace sepertinya akan membawanya ke singgasana menggeser posisi Apple. Fitur UI yang satu ini akan benar-benar mengingkatkan penggunaan ruang homescreen menjadi sangat efektif, tidak hanya terlihat bersih, cepat dan serbaguna tetepai juga menawarkan sejumlah fitur yang eksklusif.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Ace dan iPhone 4 merupakan dua produk samrtphone yang memiliki kehebatan masing-masing dan siap saling bersaing. Dari sisi desain, sulit untuk mencari keputusan yang terbaik mengenai siapa yang lebih unggul dari keduanya. Clue terbaik adalah kembali kepada selera Anda sebagai pengguna.

Dalam memutuskan mana yang akan Anda pilih, sesuaikan dengna kebutuhan dan faktor budget yang kini Anda miliki. Dengan begitu, Anda memiliki keputusan yang bijak tanpa harus memikirkan lebih bagus Samsung Galaxy Ace ataupun iPhone 4.

Untuk mengetahui spesifikasi dari kedua smartphone ini secara lebih men-detail, Anda bisa membandingkannya dengan aplikasi Handset Spesification. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel