AirPlay - Fitur OS 5 Apple Berkemampuan Baru

25 Oct 2011 08:00 4456 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pertama kali diperkenalkan dalam iOS 4.2 November tahun lalu, teknologi Apple AirPlay memungkinkan pengguna untuk wirelessly stream audio dan video dari perangkat iOS (iPhone & iPad) ke Apple TV, Airport Express, atau hardware lain yang kompatibel.

Pertama kali diperkenalkan dalam iOS 4.2 November tahun lalu, teknologi Apple AirPlay memungkinkan pengguna untuk wirelessly stream audio dan video dari perangkat iOS (iPhone & iPad) ke Apple TV, Airport Express, atau hardware lain yang kompatibel.

Untuk menggunakan AirPlay, pertama Anda harus play back file audio atau video, dan kemudian tap ikon AirPlay dan pilih hardware yang ingin Anda hubungkan dengan perangkat iOS 5 Anda. Hardware yang mendukung streaming audio ditandai dengan ikon speaker, dan hardware yang mendukung streaming video ditandai dengan ikon TV.

Fitur AirPlay ini kembali hadir pada iOS 5, dan tentu saja dengan tambahan kemampuan. Airplay pada iOS 5 bisa men-streaming apapun dari iPhone 4S atau iPad 2 ke second-generation Apple TV. Catatan: untuk tampilan gambar, Airplay hanya kompatibel via second-generation Apple TV dan menampilkannya ke HDTV. Sementara untuk suara, AirPlay mendukung banyak model speaker system.

Kemampuan AirPlay ini ideal untuk presentasi hingga bermain game iPhone atau iPad di layar lebar. HDTV sebagai layar utama dan iPhone 4S atau iPad 2 sebagai controller stick, that would be cool!

Mirroring via AirPlay

Untuk mengaktifkan AirPlay, tekan dua kali tombol "home" iPhone 4S atau iPad 2 dan tampilan multitasking bar, kemudian swipe ke kanan untuk menemukan ikon AirPlay. Tap ikon tersebut dan selanjutnya Anda akan melihat tampilan perangkat iOS 5 Anda di bagian paling atas dan list Apple TV yang berada pada jangkauan AirPlay ditampilkan pada bagian bawah. Pilih Apple TV dan tampilan pilihan "mirroring" akan muncul, pilih "ON" dan selanjutnya Anda bisa "broadcast" apapun dari perangkat iOS ke Apple TV.

Stream Web video via AirPlay

Pada versi terdahulu dari AirPlay, website membutuhkan "kode special" untuk bisa compatible dengan Airplay. Namun kini semua video HTML5 yang bisa diputar melalui Safari iOS 5, bisa langsung Anda streaming via AirPlay.

Saat Anda melakukan "Mirroring via AirPlay" tampilan pada HDTV tidak akan fullscreen seperti gambar di atas. Tetapi pada saat memutar video, tampilan pada HDTV bisa fullscreen. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memutar video melalui aplikasi Videos pada iOS 5 dan tap ikon AirPlay. Dan apabila video tersebut berbentuk web video yang Anda akses melalui Safari, tap ikon AirPlay yang muncul disamping web video tersebut. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel