iPhone 4 VS BlackBerry Torch, Skor Berimbang

22 Aug 2011 13:00 6037 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika iPhone 4 dan BlackBerry Torch 9810 diadu, mana yang lebih unggul? Keduanya saat ini menjadi smartphone terdepan di produknya, menarik jika diadu! Simak ulasan dari Paseban mengenai kedua perangkat ini.

Sudah sejak lama Paseban menikmati video-video di youtube yang menyajikan beberapa pihak yang membandingkan dua perangkat mobile yang berbeda. Video-video ini berisi pertarungan antara dua atau lebih perangkat mobile dalam hal kecepatan, respon, baterai dan hal lainnya.

Adu perangkat mobile ini dilakukan oleh pihak independen, seperti pengguna biasa atau media dan hal tersebut yang membuat hal video ini menjadi menarik karena murni tes dan tidak ada unsur promosi. Karena hal tersebut, Paseban memutuskan untuk menghadirkan dan membahas video-video tersebut, just for pleasure, dan tidak bermaksud menjatuhkan pihak lain.

 

Pada artikel ini Paseban akan membahas salah satu video yang membandingkan antara iPhone 4 VS BlackBerry Torch (dalam hal ini adalah BlackBerry Torch 9810), kedua smartphone yang menempati kasta tertinggi pada masing-masing brand. Video pertarungan iPhone 4 VS BlackBerry Torch ini untuk menilai kelebihan masing-masing smartphone berdasarkan kategori: call quality, reception, browser, email, UI & navigation, text input, speed, screen, apps, dan battery life.

Call Quality

Kategori ini untuk melakukan tes kemampuan smartphone saat melakukan panggilan, bagaimana kualitas suara saat kita mendengarkan lawan bicara dan kualitas suara yang didengar oleh lawan bicara. Pada kategori ini, iPhone 4 mendapatkan satu bintang dengan hasil suara yang jernih tanpa gangguan, sementara BlackBerry Torch menunjukkan adanya sedikit suara "letupan" saat melakukan panggilan. iPhone 4 win!

Reception

Kategori video iPhone 4 VS BlackBerry Torch ini untuk mengetahui kemampuan menangkap sinyal dari kedua perangkat. Tes yang dilakukan menunjukkan BlackBerry Torch berhasil mendapatkan sinyal lebih banyak daripada iPhone 4 ditempat dan kondisi yang sama. Disaat BlackBerry Torch mendapatkan sinyal 3G penuh, iPhone 4 hanya mendapatkan 3-4 bar sinyal. BlackBerry Torch win!

Browser

Smartphone adalah perangkat mobile yang memiliki fitur utama untuk online secara mobile, oleh karena itu browser adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Pengoperasian kedua browser hampir sama, namun saat melakukan slide dan zoom, BlackBerry Torch terlihat "patah-patah" dan agak lambat dalam proses rendering, hal ini dipengaruhi oleh perbedaan kecepatan prosesor yang dimiliki oleh kedua perangkat, sementara masalah koneksi terabaikan karena tes ini dilakukan pada jaringan WiFi yang sama.

Dalam hal spesifikasi, Safari pada iPhone 4 mendukung HTML 5 sebagai pengganti flash untuk menampilkan video, sementara browser BlackBerry Torch tidak mendukung flash maupun HTML 5. So, iPhone 4 win!

Email

Perangkat BlackBerry sejak awal sangat handal dalam kategori yang satu ini, keamanan email dan aplikasi manajemen email sangat sulit untuk dikalahkan. Sementara iPhone 4 dengan fitur email dan aplikasi manajemen email yang standar, tidak mempunyai kesempatan untuk melawan BlackBerry dalam kategori ini. BlackBerry obviously win!

UI & Navigation

Sebenarnya dalam kategori ini hasil akan sangat bergantung pada preferensi pengguna, seperti pihak yang melakukan tes pada video tersebut memilih BlackBerry Torch karena menyediakan pilihan untuk menggunakan touchscreen atau trackpad, sementara Paseban lebih memilih iPhone 4 dengan touchscreen dan deretan ikon aplikasi yang tersedia untuk langsung diakses. Namun dalam hal notifikasi, dimana apabila notifikasi iPhone 4 muncul pada layar saat kita sedang mengoperasikan perangkat untuk hal lain, kita dipaksa untuk menghentikan hal tersebut dan membuka notifikasi, Paseban setuju dengan video bila BlackBerry Torch win!

Text input

Sejauh pengalaman Paseban menggunakan on-screen keyboard, dan dapat dipastikan pengguna lain mengalami hal yang sama, tingkat kesalahan dalam mengetik huruf atau angka lebih banyak dialami. Oleh karena itu, BlackBerry Torch dengan pilihan on-screen keyboard dan physical-qwerty keyboard win!

Speed

iPhone 4 memiliki prosesor 1GHz sementara BlackBerry Torch memiliki prosesor 624 MHz, tetapi perbedaan yang sangat besar ini menghasilkan sedikit perbedaan dalam pengoperasian perangkat karena manajemen memori yang bagus dari BlackBerry. Dapat Anda lihat sendiri pada video sedikit perbedaan kecepatan dari dua perangkat dengan perbedaan prosesor yang cukup besar.

Namun perbedaan ini sangat terlihat pada saat melakukan browsing dimana proses loading situs iPhone 4 lebih cepat daripada BlackBerry Torch, sementara koneksi menggunakan jaringan WiFi yang sama. iPhone 4, a little bit, win!

Screen

Apabila membandingkan teknologi "Retina Display" dengan "Super Amoled Plus" mungkin masih pantas, tetapi "sangat tidak adil" apabila membandingkan kedua perangkat ini pada kategori layar, RIM masih menerapkan teknologi screen yang out-to-date. So, definitely, iPhone 4 win!

Apps

Tanpa bermacam aplikasi dengan berbagai macam fungsi, akan menjadikan sebuah smartphone menjadi setara dengan ponsel biasa, karena ekosistem smartphone saat ini sangat bergantung pada keberadaan aplikasi tambahan lain. Oleh karena itu aplikasi masuk dalam kategori penting untuk diperhatikan.

iPhone 4, seperti yang Anda semua tahu, memiliki banyak aplikasi menarik untuk digunakan. Sementara BlackBerry Torch dengan OS 6 memiliki sedikit dukungan akan aplikasi, plus banyak aplikasi yang tidak kompatible dan memiliki banyak bug apabila digunakan pada OS 6. iPhone 4 win!

Battery life

iPhone 4 menggunakan baterai Li-Po 1420mAh dan BlackBerry Torch menggunakan baterai Li-Ion 1300mAh. Dan dari tes yang dilakukan menyatakan, BlackBerry Torch win!

Jadi, dari perbandingan iPhone 4 VS BlackBerry Torch di atas, skornya ternyata seimbang. Kedua perangkat ini masing-masing memiliki nilai 5. Selebihnya setelah melihat perbandingan tersebut, kini giliran Anda yang menjatuhkan pilihan, iPhone 4 atau BlackBerry Torch. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel