Manakah Tablet PC Terbaik - iPad 2 vs Asus Transformer Prime (1)

9 Dec 2011 12:00 3893 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada pembahasan pertama dari "Manakah Tablet PC Terbaik: iPad 2 vs Asus Transformer Prime" ini Paseban akan melakukan perbandingan dasar, yaitu menggunakan *tool benchmark test* yang tersedia untuk kedua OS, iOS dan Android, sehingga kita mengetahui performa dari kedua perangkat ini.

Ada banyak hal yang bisa dibicarakan ketika membandingkan suatu gadget, apalagi ketika membandingkan dua "raksasa" seperti iPad 2 dan Asus Transformer Prime. Dan pada pembahasan pertama dari "Manakah Tablet PC Terbaik: iPad 2 vs Asus Transformer Prime" ini Paseban akan melakukan perbandingan dasar, yaitu menggunakan tool benchmark test yang tersedia untuk kedua OS, iOS dan Android, sehingga kita mengetahui performa dari kedua perangkat ini.

Tool benchmark yang Paseban gunakan untuk mengetahui manakah tablet pc terbaik ini adalah SunSpider, benchmark javascript untuk membandingkan performa browser internet pada kedua perangkat. Tool kedua adalah Rightware's BrowserMark, tool lain untuk tes performa browser internet. Dan yang terakhir, GLBenchmark 2.1 yang merupakan tool untuk membandingkan performa tampilan.

Browser benchmark

Tool benchmark SunSpider, yang menggunakan perhitungan angka lebih kecil lebih baik, menunjukkan bahwa pada adu tablet pc terbaik, Asus Transformer menang atas iPad 2 dengan angka total 1685.2 ms(millisecond) vs 1808.4ms.

Manakah Tablet PC Terbaik - iPad 2 vs Asus Transformer Prime

Sementara pada tool benchmark BrowserMark, yang menggunakan perhitungan angka lebih besar lebih baik, juga menunjukkan Asus Transformer Prime tetap menjadi tablet pc terbaik atas iPad dengan angka 100960 vs 98437.

Manakah Tablet PC Terbaik - iPad 2 vs Asus Transformer Prime

GPU benchmark

Tes terpenting kedua pada adu tablet pc terbaik ini adalah tes GPU (Graphics Processing unit) yang bisa dipenuhi oleh tool benchmark GLBenchmark 2.1. Bagian tes ini adalah bagian paling menarik menurut Paseban, karena tes ini membandingkan chipset A5 dual-core milik Apple dengan quad-core processor Tegra 3 milik Nvidia.

Manakah Tablet PC Terbaik - iPad 2 vs Asus Transformer Prime

Satu hal yang mungkin sedikit mengejutkan dihasilkan oleh GLBenchmark 2.1. dari nama quad-core processor yang menjadi embel-embel pada Tegra 3 melawan dual-core pada A5 Apple mungkin membuat sebagian orang berpikiran jelas Tegra 3 memenangkan pertarungan tablet pc terbaik. Namun nyatanya GPU iPad 2 menghasilkan skor lebih tinggi daripada GPU Asus Transformer Prime.

Tetapi hasil adu GPU ini bisa dibilang belum selesai. Pertarungan kemampuan grafis adu tablet pc terbaik akan berlanjut dalam bentuk praktek, bukan hanya teori berupa benchmark. Pada artikel selanjutnya Paseban akan membandingkan kedua perangkat saat menjalankan game. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel