Afterlight, Aplikasi Edit Foto yang Sederhana Tetapi Kaya Fitur

5 Jan 2015 14:00 20991 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi edit foto semakin nge-trend saja akhir-akhir ini. Bagi sebagian orang, aplikasi jenis ini terdengar ini mungkin terdengar membosankan. Bukan apa-apa, aplikasi edit foto sudah terlalu banyak dan menjamur, apalagi di Google Play Store. Namun, anehnya ketika ada aplikasi edit foto yang baru, tidak sedikit orang yang penasaran seperti apa aplikasi tersebut.

Aplikasi edit foto semakin nge-trend saja akhir-akhir ini. Bagi sebagian orang, aplikasi jenis ini terdengar ini mungkin terdengar membosankan. Bukan apa-apa, aplikasi edit foto sudah terlalu banyak dan menjamur, apalagi di Google Play Store. Namun, anehnya ketika ada aplikasi edit foto yang baru, tidak sedikit orang yang penasaran seperti apa aplikasi tersebut.

Contohnya aplikasi edit foto yang satu ini, Afterlight. Aplikasi yang satu ini sebenarnya tidaklah terlalu baru. Aplikasi ini sudah malang melintang di iTunes App Store. Hanya saja, baru pada Agustus 2014 ini, aplikasi ini menyambangi Android. Menarik disimak, akan seperti apa aplikasi yang satu ini?

 

KONSEP

Afterlight adalah aplikasi edit foto yang dibesut oleh Simon Flip. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi paling top dan banyak digunakan di perangkat iOS. Tidak heran, kehadiran aplikasi ini di perangkat Android tentunya membuat banyak pengguna Android merasa senang. Meskipun, pengguna Android sebenarnya bisa memilih aplikasi edit foto yang lainnya, kehadiran aplikasi Afterlight seolah terasa beda. Bisa jadi hal ini karena Afterlight sebelumnya cenderung eksklusif untuk iOS.

Kehadiran aplikasi ini di Android sendiri tampaknya lebih didasari karena pengguna Android lebih banyak dibandingkan dengan iOS. Pengembangnya tampaknya ingin melebarkan sayap dengan mengambil pasar potensial di ranah Android.

 

aplikasi edit foto afterlight aplikasi edit foto afterlight

aplikasi edit foto afterlight aplikasi edit foto afterlight

 

DESAIN DAN ANTARMUKA

Desain Afterlight bisa dikatakan cukup sederhana. Afterlight memiliki latar warna hitam dengan desain ikon untuk fungsinya yang tidak membingungkan. Untuk tampilan antarmukanya sendiri cukup khas. Mengingat aplikasi ini sebelumnya berada di iOS, tentunya cita-rasa iOS sangat kental pada tampilan antarmukanya, terutama tampilan untuk bagian kameranya. Ketika pengguna pertama memasuki aplikasi ini, pengguna bisa melihat dua tombol besar pada bagian Home Screen.

Satu ikon tombol untuk kamera dan satu lagi untuk galeri foto aplikasi ini. Afterlight juga menyediakan tombol fungsi untuk mengatur fokus dan Apperture. Sayangnya Anda tidak akan bisa melihat tampilan efek filter saat menggunakan aplikasi ini untuk memotret objek.

 

FITUR

Sama seperti aplikasi edit foto lainnya, Afterlight menyediakan berbagai fitur yang menarik dan tidak kalah asyik. Aplikasi ini tentunya bisa membuat gambar atau foto hasil kamera menjadi terlihat lebih baik. Cara kerjanya sebenarnya cukup mudah. Pengguna tinggal memilih efek yang akan digunakan untuk kemudian diterapkan di foto yang ingin diedit. Untuk melakukan edit ini, pengguna bisa menggunakan berbagai fitur yang ada. Fitur-fitur tersebut diantarnya adalah

 

ADJUSTMENT TOOL

Tool bisa dipakai pengguna untuk melakukan edit foto pada umumnya seperti memotong bagian foto, memutar foto, kecerahan foto, kontranya, Exposure, Straighten, dan sebagainya. Di fitur ini terdapat sekitar 15 Tools yang bisa pengguna gunakan untuk mengedit dan memperindah foto.

 

FILTER

Filter merupakan fitur yang menarik. Di aplikasi edit foto lainnya, fitur ini memang selalu menjadi perhatian. Begitupun di aplikasi Afterlight ini. Pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk menambah sentuhan agar foto terlihat lebih indah. Penggunaan fitur ini pun tergolong mudah. Dan yang menarik, Afterlight menyediakan sekitar 59 filter, terasuk 14 filter dari Instagram.

 

TEKSTURE

Jika pengguna kurang menyukai fitur filter, pengguna bisa memanfaatkan fitur tekstur. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan berbagai tekstur. Tekstur yang menarik contohnya adalah tekstur khas film zaman dulu, tekstur dengan cahaya yang pudar, dan lainnya. Setidaknya, pengguna bisa memilih 66 tekstur yang disediakan aplikasi ini.

 

FRAMES

Selain tekstur, pengguna juga bisa mempercantik foto mereka dengan bingkai atau frame. Frame yang disediakan Afterlight pun cukup banyak. Pengguna bisa memilih 77 frame dengan desain yang berbeda-beda. Dari yang simpel sampai desain frame yang elegan telah disediakan di aplikasi ini.

 

KESIMPULAN

Afterlight adalah aplikasi edit foto yang bisa dijadikan pilihan. Aplikasi ini memang terlihat simpel dan hampir sama dengan aplikasi edit foto lainnya. Hanya saja, tentu saja aplikasi ini memiliki ciri khasnya sendiri. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi edit foto utama. Alasannya tentu saja karena aplikasi ini sederhana dan mudah digunakan oleh siapapun.

Tertarik dengan aplikasi ini? Silakan download aplikasi ini di iTunes untuk pengguna iOS dan di Google Play untuk pengguna Android. Perlu diingat, aplikasi ini bisa dibanderol seharga Rp 12.000. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel