Optimalkan Smartphone Dengan Aplikasi Unik If This, Then That

8 Jan 2015 11:00 4519 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Salah satu aplikasi unik yang saat ini akan diulas adalah IF This, Then That (IFTTT). Aplikasi yang semula hanya disediakan untuk pengguna iOS saja, sekarang sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android. Ini dia ulasan aplikasi unik IF This, Then That (IFTTT).

Pengguna smartphone semakin hari semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini membuat para developer berlomba menciptakan aplikasi unik untuk diunduh dan dipakai pengguna melalui Market Apps yang tersedia di berbagai OS. Adanya aplikasi unik yang diciptakan developer tersebut tentu dapat Anda manfaatkan untuk memaksimalkan kinerja smartphone.

Salah satu aplikasi unik yang saat ini akan diulas adalah IF This, Then That (IFTTT). Aplikasi yang semula hanya disediakan untuk pengguna iOS saja, sekarang sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android. Ini dia ulasan aplikasi unik IF This, Then That (IFTTT).

 

IFTTT, APA ITU?

Aplikasi unik IF This, Then That atau disingkat IFTTT ini merupakan sebuah aplikasi yang bekerja dengan menyatukan sekelompok layanan online. Melalui layanan aplikasi unik ini, Anda dapat mengotomatisasikan berbagai aplikasi dan layanan yang sering Anda gunakan setiap hari dan memungkinkan mengotomatisasikan tugas tertentu dalam satu waktu.

 

Aplikasi unik

 

HAL YANG DAPAT DILAKUKAN IFTTT

Di dalam aplikasi unik ini, Anda bisa melakukan banyak sekali aktivitas. Contoh sederhana, Anda bisa melihat beberapa resep yang dilakukan aplikasi unik IFTTT, seperti:

  • Menyimpan foto Instagram yang Anda like secara otomatis untuk tersimpan dalam Gallery smartphone.
  • Mengupload otomatis screenshot baru ke dalam aplikasi Cloud Dropbox.
  • Menghidupkan WiFi secara otomatis saat berada di kantor.
  • Mematikan WiFi secara otomatis saat sampai di rumah
  • Mengubah wallpaper smartphone secara otomatis saat Anda mengupload sebuah foto ke dalam Instagram.
  • Secara otomatis mengirim sebuah pesan teks atau e-mail.
  • Menyimpan artikel yang telah di posting langsung ke dalam Dropbox

Beberapa hal diatas hanya sedikit contoh apa saja hal yang ditawarkan dan dilakukan aplikasi unik ini. Anda bisa menyesuaikannya semuanya dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda.

 

CARA MENGGUNAKAN

Aplikasi unik IF This, Then That atau IFTTT ini sangatlah mudah Anda gunakan. Untuk memulai membuat sebuah resep, Anda bisa mengklik icon mangkok yang terdapat pada sisi kanan atas. Setelah itu, Anda akan memasuki menu My Recipes dan lalu Anda bisa mengklik icon tambah atau plus di bagian kanan atas.

Langkah selanjutnya, Anda akan mendapatkan sebuah tulisan If + Then berukuran cukup besar pada tengah layar dan dilanjutkan dengan memilih tombol plus yang ada di tengah-tengah huruf If dan Then tersebut. Setelah melakukan hal di atas, Anda bisa memilih lokasi yang akan menghubungkan dengan aplikasi Maps lalu menemukan menu yang berisikan perintah seperti Post Message, Post Photo dan Upload URL.

Setelah Anda memilih perintah yang akan dilakukan, Anda tinggal mengisinya dan mengklik tombol finish. Mudahkan?

 

Aplikasi unik Aplikasi unik Aplikasi unik

 

FITUR DALAM IFTTT

Setelah Anda menambahkan aplikasi unik ini ke dalam Smartphone, Anda bisa menemukan fitur Collection. Melalui fitur Collection, Anda bisa mencari referensi untuk membuat sebuah resep sesuai kategori yang ada, seperti aktivitas olahraga,  aktivitas yang akan dilakukan saat surfing di internet atau aktivitas fotografi. Selain itu, terdapat juga fitur Trending yang menampilkan apa saja tren resep yang banyak dibuat pengguna IFTTT dan Anda juga bisa menambahkan akun Facebook, Twitter dan Gmail melalui fitur Channel.

 

KESIMPULAN

Produktivitas Anda sehari-hari akan lebih menyenangkan dan tidak biasa jika menambahkan aplikasi unik ini ke dalam smartphone. Aplikasi unik IFTTT dapat diunduh secara gratis oleh perangkat Android dan iOS. Tentu saja, aplikasi ini juga membutuhkan konektivitas internet yang selalu on. [ARD]

Link Download Aplikasi IFTTT [Gratis]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel