Disconnect Search Aplikasi Web Browser yang Aman

7 Jan 2015 15:30 4852 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika situs pencarian tidak menggunakan HTTPS, ISP anda dapat melihat apa yang anda cari. Kecuali jika anda menggunakan aplikasi web browser yang aman , Disconnect Search. Alat sederhana ini memberikan hasil pencarian teratas tanpa mengekspos kegiatan anda kepada siapa pun.

Jika anda sering melakukan kegiatan browsing di rumah, apakah polisi akan datang mengetuk pintu rumah anda? Mungkin tidak, namun situs pencarian pasti melacak istilah pencarian anda untuk kepentingan iklan, dan mereka membiarkan situs yang anda klik membawa anda ke sana. Jika situs pencarian tidak menggunakan HTTPS, ISP anda dapat melihat apa yang anda cari. Kecuali jika anda menggunakan aplikasi web browser yang  aman , Disconnect Search. Alat sederhana ini memberikan hasil pencarian teratas tanpa mengekspos kegiatan anda kepada siapa pun.

aplikasi web browser yang  aman ini akan menginstal sebagai Add-On untuk Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan Safari. Tersedia juga aplikasi Android, dan anda dapat mencobanya tanpa menginstal apapun dengan mengunjungi website Disconnect.

 

OPERASI SEDERHANA

Untuk melakukan pencarian aman, anda mengklik tombol Toolbar, memilih penyedia pencarian di jendela yang muncul, dan memasukkan istilah pencarian. aplikasi web browser yang  aman  ini  mendukung pencarian menggunakan Google, Bing, Yahoo, Blekko dan DuckDuckGo. Anda akan mendapatkan hasil, seperti biasa, namun tidak ada orang lain yang dapat mengetahui apa yang anda cari.

Anda juga dapat mengaturnya sehingga pencarian anda dari bar alamat atau dari situs mesin pencarian melalui Disconnect Search, tanpa perlu mengklik tombol Toolbar. Ini sangat nyaman, dan ada pilihan untuk membuka hasil pencarian dalam mode browser pribadi. Misalnya, dalam hasil Chrome muncul di jendela Incognito.

 

APAKAH INI BEKERJA?

Pencarian aman begitu transparan yang mungkin anda berpikir tidak terjadi apa-apa. Berikut ini salah satu cara untuk melihat bahwa alat ini benar-benar bekerja. Pada browser yang tidak menjalankan Disconnect Search, lakukan pencarian di Google. Lihat pada bar alamat, ada istilah pencarian anda. Lihat pada bar alamat ketika anda mengklik salah satu hasil pencarian di bawah ini.

Anda akan melihat secara singkat URL Google sebelum memuat halaman yang diminta. Ketika anda melakukan hal yang sama di bawah Disconnect Search, istilah pencarian anda tidak muncul di bar alamat, dan mengklik link yang akan menghubungkan langsung ke halaman yang diminta.

Untuk lebih lanjut, anda dapat menggunakan alat Built-In dari pengembang Chrome. Klik tombol tiga baris menu, klik Tools, kemudian klik Developer Tools. Set alat terbuka di bagian bawah jendela browser, pilih Network View. Ketika anda menjalankan pencarian, anda akan melihat banyak kegiatan, termasuk baris demi baris yang berisi istilah pencarian anda.

 

Disconnect Search

 

Sekarang ulangi langkah tadi menggunakan aplikasi web browser Disconnect Search. Anda dapat melihat bahwa permintaan awal akan aman diarahkan dari Google ke Disconnect, itulah satu-satunya tempat di mana istilah pencarian anda muncul. Semua kegiatan lain dienkripsi.

 

Disconnect Search

Itu saja. Install aplikasi web browser Disconnect Search, atur untuk menangani pencarian dari bar alamat dan mesin pencarian, dan lanjutkan pencarian seperti biasa. Anda akan mendapatkan hasil yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah, tidak ada orang lain akan melihat apa yang anda cari.

 

PRIVATE BROWSING

Pencarian pribadi adalah hal hebat, tetapi anda dapat meningkatkan privasi dengan menginstal Disconnect, sebuah alat “Do Not Track” dari perusahaan yang sama. Seperti Disconnect Search, Disconnect didistribusikan secara Pay-What-You-Want. Ketika aktif, tombol toolbar melaporkan jumlah link pada halaman saat ini yang sedang berusaha melacak kebiasaan browsing anda.

Dengan mengklik tombol anda akan mendapat rincian berapa banyak iklan, analitik, dan link media sosial yang mencoba melacak anda. Anda dapat membuka salah satu dari ini untuk daftar lengkap link pelacakan, dan secara opsional menghentikan pemblokiran yang spesifik.

Konten, mengacu pada link yang membawa konten pihak ketiga seperti video YouTube dan foto Flickr. Ya, permintaan web yang menarik dalam konten ini dapat digunakan untuk melacak anda, tetapi tanpa itu halaman tersebut mungkin tidak akan ditampilkan dengan benar. Perusahaan tidak merekomendasikan kategori ini.

Memblokir link pelacakan tersebut lebih melindungi privasi anda. Ketika browser anda tidak harus mengikuti URL tersebut, anda menghemat bandwidth dan waktu. Jendela Disconnect hanya menampilkan berapa banyak anda yang anda simpan di halaman saat ini.

Epic Privacy Browser termasuk mirip fitur “Do Not Track”, seperti halnya beberapa produk keamanan termasuk Avira Antivirus Suite (2014), AVG AntiVirus FREE 2014, dan Zone Alarm Free Antivirus + Firewall 2015.

Namun, Disconnect memiliki sesuatu yang belum pernah anda lihat pada alat lain. Mengklik link “Visualize Page” menampilkan pandangan di mana anda dan semua link pelacakan muncul sebagai lingkaran kecil yang terhubung. Mengarahkan Mouse pada setiap lingkaran tersebut akan menampilkan rincian tentang koneksi URL, termasuk apakah setiap link diblokir atau tidak.

 

KESIMPULAN

Hal menarik tentang aplikasi web browser Disconnect Search, dengan alat ini anda tidak perlu mengubah cara anda surfing. Anda dapat mencari dari bar alamat atau dari situs pencarian, dan anda masih akan mendapatkan perlindungan privasi. Menambahkan Disconnect, membuat aktivitas online anda lebih terjaga. [RIC]

Link Download Disconnect Search

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel