Canon PIXMA iP1600 – Printer Murah Meriah Yang Cocok Untuk Mahasiswa

19 Jul 2013 12:00 8567 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk mereka yang mencari printer murah, kini terdapat banyak printer yang memiliki harga tidak menjerat kantong dan masih memiliki kemampuan cetak warna dan hitam putih. Printer Canon Pixma iP1600 ini adalah salah satu dari jajaran printer tersebut dengan harga di bawah 500 ribu rupiah saja.

Untuk mereka yang mencari printer murah, kini terdapat banyak printer yang memiliki harga tidak menjerat kantong dan masih memiliki kemampuan cetak warna dan hitam putih. Printer Canon Pixma iP1600 ini adalah salah satu dari jajaran printer tersebut dengan harga di bawah 500 ribu rupiah saja. Printer yang satu ini dijual lengkap dengan cartridge tinta hitam dan tidak seperti pendahulunya yang dijual tanpa menyertakan cartridge tinta hitam di dalamnya. jika melihat dari spesifikasi serta harga yang ditawarkannya, maka printer buatan produsen asal jepang ini rasanya sangat cocok sekali untuk para mahasiswa yang memang gemar menghemat pengeluaran mereka.

Desain & Fitur

Seperti ditunjukkan oleh harganya yang murah tersebut, printer Canon Pixma iP1600 ini merupakan printer kelas mendasar tanpa fitur yang wah sama sekali. Printer ini memiliki bagian memasukkan kertas namun tidak ada alas atau tray untuk bagian keluar kertas seperti layaknya printer pada umumnya. Oleh karena itu, hasil cetak yang keluar dari printer akan langsung terjatuh di atas meja begitu saja. Sebetulnya prosedur ini dapat bekerja dengan baik, asal Anda bisa memberikan ruang yang cukup di bagian depan printer, seperti di atas meja kerja yang berukuran cukup besar.

Printer ini akan menyulitkan bila ditaruh di atas ruang yang sempit seperti di atas rak misalnya, karena hasil cetak yang keluar dari printer akan langsung jatuh ke lantai karena ketiadaan alas kertas tersebut, yang kemungkinan besar akan membuat hasil cetak mudah terinjak oleh orang yang lewat bila diletakkan di tempat yang ramai lalu-lalang berbagai macam orang seperti di kantor atau di sekolah.

Printer Canon Pixma iP1600 ini terasa kurang dari berbagai segi dibandingkan printer Canon Pixma iP3300 dan Canon Pixma iP4300 yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan Canon Pixma iP1600. Printer ini mudah untuk dipasang, karena Anda hanya butuh memasang dua buah cartridge tinta saja yaitu tinta warna dan tinta hitam, tidak seperti printer kelas atas yang biasanya harus memasang berbagai macam cartridge tinta terlebih dahulu sebelum digunakan.

Opsi custom pada saat penginstalan program printer ini akan memberikan Anda pilihan komponen untuk diinstal seperti profil warna Adobe RGB, namun tidak dijelaskan secara rinci definisi dari komponen-komponen tersebut dan mengapa pengguna Canon Pixma iP1360 ini akan membutuhkan profil warna tersebut untuk meningkatkan akurasi warna saat melakukan pencetakan. Penginstal akan merekomendasikan Anda untuk meluruskan (align) kepala printer saat proses pemasangan, sebuah proses manual yang cukup mudah yang hanya membutuhkan satu lembar kertas saja untuk hasil cetak ke depannya yang lebih baik lagi.

Performa & Kualitas Cetakan

Dengan keberadaan tinta hitam yang diberikan pada saat pembelian printer Canon Pixma iP1600 ini, printer ini tentunya dapat mencetak tulisan dengan kualitas tinggi yang setara dengan printer Canon Pixma lainnya dan tidak lambat seperti Canon Pixma edisi sebelumnya yang harus menumpuk tiga warna terlebih dahulu jika ingin mencetak tulisan berwarna hitam.

Printer iP1600 ini memiliki kecepatan lebih dalam mencetak halaman hitam putih dibandingkan untuk mencetak tulisan warna, namun kualitas yang diberikan juga tidak memuaskan seperti printer lainnya yang berharga lebih mahal. Dalam sebuah pengetesan, printer ini tercatat mampu mencetak dokumen hitam putih pada kecepatan 19 ppm (pages per minute) dan mencetak dokumen berwarna pada kecepatan 16 ppm.

Meskipun printer ini memiliki jenis tinta warna yang sama dengan saudaranya yang lebih mahal Canon Pixma iP1700, namun hasil cetak warna yang diberikan oleh Canon Pixma iP1600 nampak lebih pucat jika dibandingkan dengan saudara Canon yang lebih mahal tersebut, entah karena apa namun kemungkinan karena software pencetakannya tidak sebaik Canon Pixma iP1700 karena tintanya sama saja. Untuk urusan mencetak foto, kualitas yang dihasilkan oleh Canon Pixma iP1600 nampak hampir setara dengan Canon Pixma iP1700, namun untuk bagian-bagian yang lebih gelap nampak mengalami penurunan kualitas dalam detil gambar yang dihasilkan dan secara keseluruhan nampak kurang wah dibandingkan saudaranya tersebut.

Secara keseluruhan, fitur serta kelebihan yang ditawarkan oleh printer ini dirasa sudah cukup pas terutama bagi kalangan berbujet tipis seperti para mahasiswa. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel