Brica LS-3 dan LS-4 : Kamera Murah Meriah Dengan Harga 500 ribu an

26 Jun 2013 17:00 7933 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Situs review kamera mana yang sering Anda kunjungi? Yang pasti, umumnya kebanyakan situs review kamera membahas berbagai kamera terbaru, terbaik dan tentunya mahal. Kurang pas bagi para pembaca yang hanya memiliki budget terbatas karena yang dicari pastinya adalah kamera murah meriah. Jika itu yang Anda cari, kedua seri Brica LS-3 dan LS-4 tampaknya sangat cocok.

Brica LS-3 dan Brica LS-4 tampaknya menjadi salah satu kamera digital yang sangat murah meriah. Bagaimana tidak? Produk ini dibanderol dengan harga hanya sekitar 500 ribuan. Pastinya sangat pas bagi Anda yang ingin mengabadikan momen dengan baik namun hanya memiliki budget dibawah satu juta. Meski menjadi kamera murah meriah, seri Brica LS tidak dapat diremehkan begitu saja. Besaran sensor, desain, dan fitur-fitur dalam kamera ini cukup memenuhi standar kamera digital modern. Mari simak review keduanya dibawah ini:

Brica LS-3

Untuk yang pertama adalah Brica LS-3, salah satu kamera murah meriah dengan harga hanya 500 ribuan. Seri ini tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik, diantaranya adalah abu-abu, silver, merah dan hitam. Desainnya cukup minimalis dan kecil, rincian dimensinya hanya 94 x 60 x 24 mm serta berbobot 85g tanpa baterai dan kartu memori. Kecilnya desain Brica LS-3 membuat kamera ini mudah dibawa, disimpan dan tidak terlalu mencolok digunakan ditempat umum. Bahkan cukup pas untuk dimasukan saku celana Anda. Ukuran sensornya adalah 5.0 Megapiksel, namun memiliki resolusi maximum gambar hingga 12 megapixel dengan interpolasi. Sensor yang digunakan juga cukup modern yakni CMOS.

Untuk pembesaran, Brica LS-3 mampun melakukan zooming Digital sampai 8x baik itu untuk perekaman video maupun untuk memotret. Kemampuan tersebut didukung dengan fitur layar mini sebesar 2.7 inchi, namun tetap terlihat jelas serta bening. Untuk fitur-fitur utama lain selayaknya kamera digital diantaranya adalah Shutter speed Auto yang mampu menyesuaikan sendiri dan angka kepekaan cahaya ISO mulai dari Auto, 100, 200 dan 400. Dalam fitur Shutter speed dan ISO memang cukup terbatas, namun bukan berarti Anda akan menghasilkan foto buruk. Kekurangan cahaya dapat diatasi dengan bantuan flash internal yang tersedia dalam berbagai mode seperti Auto dan Red Eye. Selain itu penyesuaian White Balance juga ada, Anda bisa memilih Auto, Daylight, Cloudy, Tungsten dan Flourescent.

Hanya itukan fitur Brica LS-3? Tidak, karena masih ada fitur perekaman dengan ukuran 640x480 berformat VGA berkecepatan 30fps serta ukuran 320x240 berformat QVGA berkecepatan 30fps. Tidak istimewa memang, namun lumayan untuk merekam video sederhana dalam cahaya yang banyak. Selain itu Brica juga mengklaim bahwa produk ini sudah dilengkapi fitur Anti Shake yang mampu Fungsi untuk menghilangkan efek getar pada saat memotret. Fitur deteksi wajah juga disematkan untuk menajamkan fokus subjek foto ditambah fitur deteksi senyuman yang disebut Smile Shutter.

Brica LS-4

Untuk yang berikutnya adalah Brica LS-4, salah satu kamera murah meriah yang harganya hanya 500 ribuan. Tidak seperti seri LS-3, Brica LS-4 ini memiliki spesifikasi, fitur, dan performa yang lebih baik. Desain Brica LS-4 masih dibuat cukup mini, kompak, dan pilihan warnanya hanya merah cerah. Ukuran sensor seri ini sangat besar, mencapai 16 Megapiksel dengan teknologi CMOS. Lensanya pun mampu melakukan perbesaran hingga 4x digital zoom. Dengan spesifikasi demikian Brica LS-4 didukung dengan layar LCD bening berukuran 2.7 inchi. Sangat pas bagi kamera digital mini bermodel poket.

Ukuran dimensi secara rinci Brica LS-4 adalah 94 x 60 x 24 mm dengan bobot sekitar 85 g. Sangat pas untuk dimasukan ke saku celana Anda. Fitur-fitur utama yang ada diantaranya adalah aperture sebesar f/2.8 dan panjang fokal f=6.8mm. Selain itu ada juga fitur untuk pengaturan angka exposure mulai dari -3EV to +3EV (pada 1/3EV steps). Sebagai pelengkapnya juga ada setting White Balance yang bisa Anda atur, baik Auto, Daylight, Cloudy, Incandescent dan Flourecent. Namun yang sangat menarik dalam kamera murah meriah ini adalah fitur perekaman video HD. Anda bisa membuat video dengan ukuran hingga 1280 x 720, padahal seharusnya fitur ini hanya terdapat pada kamera poket mahal. Stabilizer juga tersedia untuk mengurangi efek getaran ditambah fitur deteksi senyuman pada subjek. Video yang hasilkan nantinya berformat AVI, sedangkan gambar berformat JPEG, ditambah WAV untuk audio.

Brica LS-3 saat ini dibanderol dengan harga hanya Rp 549.000, sedangkan untuk Brica LS-4 lebih mahal sedikit, yakni Rp 599.000. Kamera murah meriah ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan camdig namun dengan budget terbatas. Penggunaannya pun hanya cocok untuk pemotretan ringan, baik acara pertemuan, travel maupun sekedar foto sehar-hari. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel