Lensa Canon Terbaru EF 40 MM F.2.0, Lensa Mini dengan Kemampuan Melebih Ekspektasi

18 Jun 2013 15:30 2394 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi para fotografer maupun pecinta fotografi,  lensa merupakan bagian penting yang dapat menentukan kualitas gambar yang diambil. Selama ini lensa tipis yang berukuran kecil sudah cukup populer untuk kamera  mirrorless. Model ini nampaknya juga diadopsi oleh lensa terbaru dari Canon. Lensa Canon Terbaru EF 40 MM F.2.0 tidak hanya nyaris sempurna, tetapi produk ini merupakan karya nyata dari sebuah kecerdasan.

Bagi para fotografer maupun pecinta fotografi,  lensa merupakan bagian penting yang dapat menentukan kualitas gambar yang diambil. Selama ini lensa tipis yang berukuran kecil sudah cukup populer untuk kamera  mirrorless. Model ini nampaknya juga diadopsi oleh lensa terbaru dari Canon. Canon baru saja meluncurkan lensa canon terbaru yang dapat memenuhi kebutuhan untuk menghasilkan gambar sesuai dengan yang diinginkan yaitu Canon Ef 40 mm f.28.

Fungsi

Jika Anda termasuk penggemar fotografi potrait atau perekaman video dengan kamera DSLR, lensa canon terbaru ini dapat menjadi pilihan yang tepat karena dapat memberikan cakupan lensa yang cukup luas. Dengan kecepatan autofokus yang sangat cepat, lensa ini menawarkan ketajaman yang tinggi sehingga karakter warna yang dihasilkan cukup akurat. Selain bagus untuk memotret portrait, lensa ini juga dapat diandalkan untuk merekam video.

Material

Bodi lensa canon terbaru ini dibuat dengan material yang cukup kokoh. Mount-nya terbuat dari besi berwarna hitam. Walaupun terbuat dari besi, lensa ini sangat ringan. Sistem optik yang digunakan oleh lensa terbaru canon ini menggunakan gelas aspherical. Gelas aspherical ini memiliki kemampuan untuk meredam distorsi.

Style

Model lensa terbaru dari canon ini sejalan dengan konsep mirrorless atau lebih memprioritaskan faktor keringkasan. Dengan style seperti ini, lensa kamera ini nampaknya akan diminati oleh para pecinta fotografi. Lensa canon terbaru ini memiliki ukuran yang kecil dengan ring fokus manual yang cukup kecil. Walaupun lensa ini hadir dengan ukuran kecil, lensa EF 40 MM/f2.8. STM menawarkan banyak pesona dan performa yang cukup memukau.

Jika dilihat, ukuran lensa canon terbaru ini hanya setengahnya lensa EF 50 mm f/1.8 yang terdapat pada EOS 60. Sekilas lensa kamera ini hanya nampak seperti bodi cap karena sisi paling depan lensa ini hanya sedikit melewati grip. Dengan desain seperti ini, bodi kamera yang Anda pakai dapa lebih mudah disimpan dan sangat cocok untuk lensa yang selalu terpasang di kamera. Namun untuk menekan ukuran, posisi wide open yang ditawarkan hanya di f/2.8.

Focal length yang ditawarkan oleh lensa ini memang sudah menarik perhatian sejak awal. Bagi para fotografer yang menggunakan DSLR full frame, lensa 50 mm masih terasa sempit, terutama untuk para pengguna DSLR yang memiliki sensor APS-C sehingga penggunaan lensa canon terbaru EF 40 mm ini menjadi solusi yang terbaik untuk keduanya. Ketika lensa ini dipasangkan pada Canon EOS 60D bersendor APS-C, lensa ini menawarkan cakupan yang masih cukup nyaman bagi pengguna untuk memotret obyek dengan sudut pandang normal.

Jika biasanya Canon menggunakan USM atau teknologi ultrasonic motor, untuk lensa canon terbaru ini Canon menggunakan teknologi Stepper Motor atau biasa disebut dengan STM. Ketika lensa ini diuji di tempat yang minim cahaya, lensa tetap memberikan autofokus yang tepat berkat teknologi STM ini. Selain itu, suara dari motornya juga tidak terlalu mengganggu.

Salah satu kekurangan lensa canon terbaru ini adalah saat menggunakan fokus manual. Lensa ini hadir dengan bentuk yang tipis sehingga ring fokusnya juga menjadi kecil. Hal ini membuat ring fokus pada lensa ini kurang ergonomis. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ring fokus manual tetap bekerja  dengan halus sehingga membuat lensa ini juga cocok untuk merekam video

Lensa ini menawarkan ketajaman yang sangat dapat diandalkan. Pada posisi wide open, lensa canon terbaru ini tetap memiliki ketajaman yang tinggi sampai pada f/11. Setelah itu, ketajamannya sudah mulai menurun. Saat digunakan di area yang berkontras tinggi, hasilnya juga tidak terjadi penyimpangan warna.

Harga dan Kesimpulan

Untuk mendapatkan lensa terbaru canon ini, lensa ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.025.000. Hadirnya lensa canon terbaru ini akan membuat kamera DSLR menjadi lebih fleksibel. Namun, yang terpenting adalah lensa ini memberikan kualitas yang sangat baik dan dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat mengambil gambar secara portrait maupun merekam video dengan kualitas yang memukau. Apalagi, lensa ini juga bisa selalu dipasang di kamera karena desainnya yang tipis. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel