Perbandingan Antara Hp Samsung WiFi S5230W Star VS Nokia 5230

19 Jul 2012 14:30 3784 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hp lama yang sempat menjadi populer bahkan menjadi bintang dan terfavorit bagi para pecinta Hp populer memang tidak pernah bosan untuk diulas. Seperti salah satunya adalah hp Samsung WiFi yang lebih dikenal dengan Samsung Star. Hp ini memang layak untuk menyAndang gelar Star, karena dilihat dari penjualannya hp Samsung WiFi ini telah mampu menembus angka satu juta unit pada peluncurannya pada penjualan di awal bulan.

Hp lama yang sempat menjadi populer bahkan menjadi bintang dan terfavorit bagi para pecinta Hp populer memang tidak pernah bosan untuk diulas. Seperti salah satunya adalah hp Samsung WiFi yang lebih dikenal dengan Samsung Star. Hp ini memang layak untuk menyAndang gelar Star, karena dilihat dari penjualannya hp Samsung WiFi ini telah mampu menembus angka satu juta unit pada peluncurannya pada penjualan di awal bulan.

Hal ini pun disusul oleh Nokia 5230 yang juga menjadi Hp terpopuler di antara para penggemar Hp Nokia 5230. Namun bagiamanakah jika kedua Hp ini dikomparasikan? Bersaing berdasarkan performa dan fitur, manakah kedua Hp ini yang lebih unggul?

Dimensi

Kedua Hp ini memiliki tampilan bodi yang sekilas nampak serupa. Sama-sama mengusung desain candybar dengan sudut lengkung yang memberikan kesan nyaman pada saat digenggam meskipun hanya digunakan dengan satu tangan. Meski memiliki desain yang sama, namun dimensi dari kedua Hp ini pun tentunya berbeda. Samsung Star mengusung dimensi sebesar 104 x 53 x 11.9 mm dan memiliki berat sebesar 92 gram. Sedangkan Nokia 5230 sendiri mengusung dimensi sebesar 104 x 49 x 13 mm dan memiliki berat sebesar 107 gram. Jika ditilik dari dimensi, Samsung Star lebih unggul dibandingkan dengan Nokia karena memiliki dimensi dan berat yang lebih ringan dibandingkan dengan Nokia yang memiliki selisih berat 15 gram dengan Samsung.

Layar

Didaulat untuk membawa layar sentuh, masing-masing Hp mengunggulkan layar yang telah dibenamkan oleh masing-masing vendor. Samsung Star mengandalkan layar sentuh resistif TFT namun hanya bisa menghadirkan 256 ribu macam warna dengan ukuran 240 x 400 piksel pada layar yang memiliki ukuran 3.0 inci dan memiliki kerapatan piksel sebesar 155 ppi. Sama-sama mengusung layar sentuh, Nokia mengusung layar sentuh resistif TFT dengan kemampuannya dalam menghadirkan 16 juta warna dengan ukuran 360 x 640 piksel pada layar sebesar 3.2 inci dan memiliki kerapatan piksel sebesar 253 ppi Jika ditilik dari kerapatan hinggga besarnya resolusi, layar dari Nokia lebih unggul dibandingkan dengan milik Samsung. Fitur hand recognition pun disematkan pada kedua Hp ini yang mampu mengenali tulisan tangan Anda.

Performa

Perbedaan yang signifikan pun masih telrihat pada performa dari kedua Hp ini. Sementara Nokia mengandalkan sistem operasi Symbian OS v9.4, Series 60 rel. 5 yang di mana disokong dengan prosesor sebesar 434 MHz ARM 11 yang dibantu dengan RAM sebesar 129MB yang berarti bahwa Hp ini mampu menjalankan semua aplikasi tanpa ada hambatan atau halangan yang menghambat performa Hp ini untuk menjalankan tugasnya. Dan dikubu Samsung hanya menawarkan fitur-fitur sederhana seperti SMS, MMS, Email. Untuk urusan browsing, keduanya sama-sama mengandalkan WAP 2.0/xHTML dan HTML dan juga mengusung program Java sebagai sistem yang berjalan di dalamnya. Untuk data internet, Nokia mengAndalkan GPRS dan EDGE Class 32, sementara itu Samsung lebih mengAndalkan GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps dan EDGE yang juga memiliki Class 12 yang cukup bisa diAndalkan untuk mengajak Anda berselancar di dunia maya.

Kamera

Beralih pada sektor fotografi, kedua Hp ini sama-sama membenamkan kamera yang mumpuni yang bertengger di belakangnya. Samsung Star memasok kamera sebesar 3.15MP yang mampu menangkap gambar hingga resolusi 2048 x 1536 piksel yang dimana dengan kemampuan kamera yang cukup mumpuni itu Samsung Star justru absen dari fitur pendukung kamera seperti autofokus dan lampu LED. Sementara itu untuk Nokia 5230 hanya mampu membawa kamera sebesar 2 megapiksel yang mampu menangkap gambar dengan resolusi sebesar 1600x1200 piksel yang mana juga mampu merekam video dengan kualitas VGA@30fps. Untuk kekuatan kamera, Nokia harus mengakui keunggulan dari kamera yang dibawa oleh Samsung.

Baterai dan Memori

Untuk urusan daya tahan, masing-masing Hp memiliki punggawanya. Samsung mempercayakan urusan daya tahan kepada baterai Li-Ion 1000 mAh yang mampu membawa Hp ini bertahan hingga 700 jam dalam posisi stand-by dan 10 jam untuk penggunaan berbicara. Pada sektor daya simpan, Samsung mengandalkan memori internal sebesar 50MB yangm masih bisa Anda lebarkan hingga 16GB. Sementara itu Nokia mengAndalkan baterai Li-Ion 1320 mAh yang mampu membawa Nokia bertahan hingga 432 jam dalam posisi stand-by dan 4 jam 30 menit dalam pneggunaan berbicara. Untuk daya simpannya sendiri, Nokia telah dianugerahi dengan memori internal sebesar 70 MB yang masih bisa Anda ekspansi menggunkana microSD sebesar 16 GB.

Kesimpulan

Memilih salah satu di antara keduanya merupakan pilihan yang sulit. Namun Anda bisa memilih salah satu di antara keduanya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat Anda. Anda menginginkan Hp dengan fitur yang lumayan namun tidak masuk dalam kategori smartphone maka Samsung merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Namun sebaliknya jika Anda menginginkan Hp dengan kategori smartphone dan juga dengan fitur yang tidak kalah menarik, maka Nokia 5230 sudah siap untuk Anda bawa pulang. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel