Adu Ponsel Berkamera 2 MP - BlackBerry Curve 8300 vs Samsung Galaxy Y

30 Apr 2012 15:44 4042 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini ponsel dengan harga yang terjangkau memang tidak sulit untuk diraih. Namun dengan harga murah tersebut, Anda harus menerima fitur-fitur yang terbilang standar untuk ponsel yang menyasar pasar harga murah tersebut.

Saat ini ponsel dengan harga yang terjangkau memang tidak sulit untuk diraih. Namun dengan harga murah tersebut, Anda harus menerima fitur-fitur yang terbilang standar untuk ponsel yang menyasar pasar harga murah tersebut.

Dan untuk artikel ini, Paseban tertarik untuk membandingkan dua ponsel yang menyasar pangsa ponsel low-end dari dua vendor berbeda. BlackBerry yang mengunggulkan BlackBerry Curve 8300. Dan dari pihak Samsung yang mengunggulkan Samsung Galaxy Y. Manakah dari kedua ponsel ini yang lebih unggul?

Dimensi

Jika dilihat dari bodi, kedua ponsel ini memiliki bodi yang berbeda jauh. BlackBerry Curve 8300 memiliki bodi yang menjadi ciri khas untuk BlackBerry dengan papan QWERTY yang membuat tampilan ponsel ini bongsor, sedangkan Samsung Galaxy Y mengusung bodi ponsel yang sama seperti ponsel Android kebanyakan. Untuk dimensi pun kedua ponsel ini berbeda. BlackBerry Curve 8300 memiliki dimensi 107 x 60 x 15.5 mm dan memiliki berat sebesar 111 gram. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Y memiliki dimensi 104 x 58 x 11.5 mm dan memiliki berat hanya 97.5 gram. Untuk kategori dimensi, Galaxy Y lebih unggul dari BlackBerry Curve 8300 karena memiliki bobot dan dimensi yang lebih kecil.

Layar

Untuk layar sendiri, BlackBerry Curve 8300 masih mengusung layar dengan 65.000 warna dengan ukuran 320 x 240 pixel dan layar sebesar 2.5 inchi yang memiliki kekuatan piksel hingga 160 ppi. Sedangkan Galaxy Y mengusung kaca sentuh capacitive dengan mengusung teknologi TFT yang memiliki ukuran 240 x 320 pixel dan layar sebesar 3.0 inchi yang memiliki kekuatan piksel mencapai 133 ppi. Untuk urusan besar layar jelas Galaxy Y yang lebih unggul ketimbang BlackBerry Curve 8300, namun yang dinilai di sini adalah kekuatan piksel dan ukurannya yang mampu menampilkan grafis yang jelas. Untuk kategori layar, BlackBerry Curve 8300 lebih unggul dari Galaxy Y karena memiliki ukuran dan kekuatan piksel yang besar.

Performa

BlackBerry Curve 8300 mengusung OS BlackBerry yang telah menjadi OS resmi dari pihak RIM yang dilengkapi dengan CPU 32-bit Intel Xscale PXA272 312 MHz. Sedangkan untuk Galaxy Y sendiri mengusung sistem operasi Android v2.3.5 Gingerbrad dan didukung oleh CPU 830 MHz ARMv6.

Kamera

Kamera yang diusung oleh kedua ponsel ini sama sama memilki kekuatan 2 MP dan mampu menangkap gambar hingga reolusi 1600 x 1200 pixels. Kedua ponsel ini juga sama sama tidak dilengkapi oleh kamera sekunder yang mendukung untuk aktivitas video call.

Baterai dan Memori

Untuk daya tahan baterai, BlackBerry Curve 8300 mengusung baterai Li-Ion 1100 mAh yang mampu bertahan selama 4 jam untuk pemakaian berbicara. Sedangkan Galaxy Y mengusung baterai Li-Ion 1200 mAh yang mampu bertahan selama 6 jam untuk pemakaian berbicara. Sedangkan untuk daya tampungnya sendiri, BlackBerry Curve 8300 memilih menanamkan memori internal sebesar 64 MB dan microSD sebesar 4 GB. Untuk Galaxy Y sendiri memilih menanamkan memori internal sebesar 180 MB dan masih mampu menampung memori sebesar 32 GB untuk microSD. Untuk kategori ini Galaxy Y jelas lebih unggul dari segi manapunm dengan BlackBerry Curve 8300.

Kesimpulan

Hasil yang didapatkan dari komparasi tersebut bisa kita lihat masing masing ponsel memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Dan kedua ponsel tersebut berjalan pada sistem operasi yang berbeda pula. Dari segi kamera keduanya punya kamera 2 MP, namun dari sisi memori internal yang cukup Anda harus perhitungkana dalah kedua ponsle ini memiliki perbedaan yang cukup signifikasn, Samsung Galaxy Young pemenangnya dalam hal ini. Untuk pilihan sendiri, kembali lagi kepada minat dan hobi Anda masing masing. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel