1

Fitur Gmail Terbaik Yang Bisa Anda Manfaatkan Dan Memudahkan Aktifitas Anda

28 Feb 2013 08:30 4600 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berkirim email merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari sekarang ini. Dengan email, kita dapat mengirimkan tugas

Berkirim email merupakan kegiatan yang tidak dapat dihindari sekarang ini. Dengan email, kita dapat mengirimkan tugas, memudahkan pekerjaan, berkomunikasi dengan cepat, serta aktifitas-aktifitas lain yang tentunya akan mudah jika memanfaatkan program email. Dalam dunia email, terdapat dua unggulan yang berada di posisi teratas yaitu Gmail dan Yahoo!. Namun, tampaknya Gmail telah dapat mengungguli kompetitornya tersebut dengan berbagai kemudahan dan fitur yang ada didalamnya.

Gmail merupakan salah satu proyek layanan email yang menakjubkan dari Google, dan dalam pandangan penggunanya, Gmail telah merevolusi dunia email. Tidak hanya salah satu layanan email terbaik, Gmail juga merambah dunia desktop client. Tak dapat lagi dipungkiri, kelebihan Gmail terdapat pada fiturnya yang akan memudahkan segala bentuk pekerjaan kita. Paseban akan menyajikan fitur Gmail yang akan membantu Anda dalam beraktifitas di dunia maya. Sebagai catatan, beberapa dari fitur Gmail ini juga terdapat pada layanan email lainnya. Namun, poin penting di sini adalah fitur-fitur tersebut akan bekerja lebih baik jika Anda memanfaatkannya pada Gmail.

Search

Google, tentu saja merupakan situs pencarian terbaik di dunia ini, jadi bagaimana fitur pencarian ini tidak akan menakjubkan jika diaplikasikan pada layanan email Google? Ini berarti, Anda tidak perlu bersusah payah menyaring email pada folder, dan Anda dapat menyimpan email dengan mudah. Semua yang perlu Anda lakukan adalah hanya melalui beberapa detail tentang apa yang akan Anda cari, dan setelah itu masukkan pada area pencarian. Kemudian, fitur Gmail ini akan mencari email yang Anda maksud dengan cepat dan Anda akan mendapatkan hasil pencarian tersebut.

Filter

Gmail memiliki beberapa hal yang cerdas dalam melakukan filter. Pertama, setiap pencarian dapat dengan mudah diubah menjadi filter. Kedua, setiap email dapat diubah menjadi pencarian melalui More, kemudian pilih Filter messages like these. Terakhir, opsi filter akan bekerja baik untuk Anda, dan akan membawa Anda untuk menyaring apapun yang Anda inginkan. Dalam kata singkat, mengelola email menggunakan filter akan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Label

Jika Anda menggunakan filter, maka Anda juga akan menggunakan label. Fitur Gmail yang satu ini adalah suatu penandaan yang bekerja dengan pintar. Anda dapat menggunakannya seperti folder, dan fitur ini baik digunakan untuk menghindarkan email yang tidak penting dari inbox, atau menandainya menggunakan label yang berwarna-warni. Anda dapat memunculkan atau menyembunyikan label pada sidebar, untuk membuat penandaan lebih terorganisir.

Import email

Gmail membuat kegiatan meng-import akun email menjadi mudah. Yang Anda butuhkan adalah alamat email serta password. Gmail akan melakukannya secara detail dan cepat, dan Anda dapat meninggalkan akun email yang Anda miliki sebelumnya. Fitur ini hanya akan bekerja pada layanan email yang memiliki akses POP3. Untuk melakukannya, pergi ke Settings dan kemudian Accounts and Import, lau klik Add mail account you own, masukkan detail akun dan selesai.

Multiple Inbox

Ini adalah salah satu fitur Gmail dimana pengguna boleh bangga karenanya. Fitur ini akan membawa Anda untuk mengubah laman utama Gmail menjadi sebuah jaringan yang menampilkan lima inbox yang berbeda-beda. Inbox ini dapat diatur sesuai keinginan, dan Anda dapat mengaksesnya melalui Settings kemudian menuju pada Labs.

Undo Send

Apakah Anda pernah pada suatu waktu Anda klik pada Send email, Anda lupa untuk memasukkan suatu hal seperti attachment atau tulisan tanbahan, atau bisa juga Anda belum mengetahui dengan pasti email menuju pada siapa? Hal-hal seperti ini mungkin saja pernah terjadi pada Anda. Gmail, memiliki fitur yang dinamakan Undo Send. Pergi ke Settings, kemudian general, dan ini bisa aAda gunakan untuk menunda pengiriman email hingga 30 detik.

Canned Responses

Ini adalah fitur Labs pada Gamil dalam hal penulisan email. Ketika Anda memanfaatkan fitur Gmail Labs ini, suatu opsi akan tersedia ketika membuat filter. Anda akan mendapatkan pemberitahuan pada opsi filter. Canned Responses dapat dimasukkan dan diakses dari link langsung pada area subyek ketika membuat suatu email.[DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel