1

Berburu Produk Kulit Di Jakarta Fair Kemayoran

17 Jun 2015 07:36 1507 Hits 0 Comments
Produk berbahan kulit domba & sapi dengan 100% kulit asli

JAKARTA, Plimbi -Jakarta Fair Kemayoran tahun ini memang cukup banyak diisi oleh beberapa pengrajin dari berbagai daerah di Indonesia. Keikutsertaan para UMKM juga cukup bersaing dengan para distributor smartphone dan juga perusahaan dari bidang otomotif.

Pameran multi produk terbesar Jakarta Fair Kemayoran juga tidak hanya diisi oleh produk-produk bermerk multi nasional saja, tapi juga diisi oleh Usaha Kecil Menengah (UKM). Para pelaku UKM kali ini mendapatkan lokasi yang lebih luas, yakni berada di areaa baru Hall B3 dan C3 seluas 10 ribu meter persegi.

Hadirnya para UKM ini tentunya melengkapi deretan produk-produk berkualitas yang dijual dengan promo-promo menarik. Produk UKM ini juga tidak kalah kualitasnya dengan produk-produk multi nasional. Contohnya adalah beragam produk berbahan kulit asli dari Garut.

Di stan ini menjual produk berbahan kulit domba dan sapi seperti, jaket, dompet, tas, sepatu, topi, gelang dan masih banyak lagi. Tentunya dengan bahan 100 persen kulit asli, kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi.

Sang pemilik Nendah Rosawati menjelaskan, produknya tersebut berasal dari industri rumahan yang telah dibesutnya sejak beberapa tahun silam. Tapi produknya tersebut bukan hannay dari industri rumahan miliknya saja, tapi juga menggandeng UKM-UKM yang ada di Garut.

"Ini semua buatan kami sendiri bukan pabrik, jadi limited modelnya. Karyawan saya ada 10 pengrajin untuk membuat jaket dan lain-lainnya. Produk lain juga ada yang diambil dari pengrajin UKM dari sekitar Garut," tutur Nendah di Jakarta Fair Kemayoran.

Harga produk yang dibanderol juga cukup bervariatif, mulai dari Rp100 ribu seperti sendal dan sepatu hingga yang termahal jaket kulit seharga Rp1,5 juta. Nendah mengungkapkan, produk yang terjual cukup merata. Mulai dari pakaian, hingga pernak pernik seperti gelang, gantungan kunci dan gesper. Nendah juga menjual semprotan khusus dan memberikan edukasi bagaimana merawat produk berbahan kulit asli agar awet.

Sementara untuk Omzet, Nendah mengungkapkan hingga hari Sabtu kemarin, dirinya sudah mengantongi Rp71 juta. "Omzet yang paling besar itu pada hari libur Selasa kemarin. Seharian itu bia kejual Rp19 juta," ungkapnya.

Menurut catatannya Nendah yang telah mengikuti Jakarta Fair Kemayoran selam 8 kali berturut, tahun lalu total omzet yang diraup hingga Rp310 juta. Dirinya berharap total omzet yang diraih tahun ini bisa lebih besar dari tahun lalu."Targetnya harus lebih dari tahun lalu. Karena tahun ini waktu penyelenggaraannya lebih lama 38 hari," pungkasnya. (rie)

 

Tags

About The Author

Juanda san 54
Expert

Juanda san

Writer and blogger
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel