Mencoba Apple Maps Serta Alternatif Lainnya yang Memiliki Keunggulan Masing-Masing

2 Apr 2013 13:00 2145 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketika meluncurkan iOS 6, Apple menyerahkan Google Maps dengan menggantinya dengan Apple Maps. Apple percaya diri dengan peta barunya yang diklaim lebih bagus dibanding peta digital buatan Google.

Ketika meluncurkan iOS 6, Apple menyerahkan Google Maps dengan menggantinya dengan Apple Maps. Apple percaya diri dengan peta barunya yang diklaim lebih bagus dibanding peta digital buatan Google. Hanya saja, akhir dari munculnya Apple Maps ini tidak menyenangkan untuk banyak pihak. Bahkan ada satu kasus yang sangat krusial dan sempat membahayakan nyawa. Sampai-sampai, pihak kepolisian di Australia memperingatkan para pelancong agar tak menggunakan Apple Maps. Hal itu terpaksa mereka lakukan karena sering membuat orang tersesat karena kesalahan navigasi oleh Apple Maps tersebut.

Polisi di bagian Victoria, Australia harus bolak-balik menyelamatkan orang yang tersesat di Taman Nasional Murray-Sunset, setelah para korban menggunakan Apple Maps untuk mencari lokasi kota Mildura. Peta tersebut menunjukan bahwa lokasi Mildura ada di dalam Taman Nasional, meleset sejauh 70 km dari lokasi aslinya. Keenam orang tersebut tersesat selama 24 jam tanpa suplai makanan dan minuman, dan dengan tingginya suhu udara di Taman Nasional itu membuat kejadian tersebut menjadi sebuah masalah yang membahayakan nyawa. Tapi apakah begitu parah Apple Maps? Rekan Plimbi pun tertarik menjajal aplikasi ini untuk bernavigasi. Dan hasilnya, untuk melakukan perjalanan di dalam kota Jakarta, seperti yang kami lakukan, navigasinya cukup bagus.

Rute yang ditunjukan untuk melakukan perjalanan tidak meleset. Hanya saja kami belum menjajalnya untuk melakukan navigasi di luar kota area yang bukan perkotaan. 1. Untuk menjajal Apple Maps, kami menggunakan iPad. Pada homescreen, langsung sajatap pada [Maps]. Pastikan GPS sudah diaktifkan lewat menu [Settings]>[Privacy]>[Location Services]>[On]. Jika sudah, tap tombol tAnda panah di sudut kiri bawah untuk mendeteksi lokasi Anda. 2. Deteksi lokasi memang agak lama, juga tergantung dari kondisi langit. Untuk menampilkan peta dalam sudut pAndang 3D, tap [3D]. Untuk mengatur tampilannya apakah dalam bentuk stAndar atau satelit, tap sudut peta di kanan bawah, dan pilih opsi yang sesuai. 3. Jika ingin melakukan navigasi, Anda cukup men-tap [Directions]. Selanjutnya, seperti pada menu di Google Maps, masukkan lokasi tujuan Anda. Biarkan pada menu start terpilih Current Location. Pilih pada opsi lokasi tujuan yang sesuai dari daftar yang muncul. 4. Jika sudah, aplikasi akan menghitung rute yang akan ditempuh. Rute akan ditampilkan pada peta dengan warna biru. Sayangnya, aplikasi ini tidak memberi pilihan alternatif rute. Untuk mulai bernavigasi tap [Start]. Anda akan dipandu turn-by-turn dengan plang yang muncul diatas layar.

Pilihan Lain untuk iPhone & iPad Setelah memutuskan hubungan dengan Google Maps, Apple kembali lagi mengintegrasikan Google Maps ke iOS 6. Bahkan sejumlah fitur anyar yang sebelumnya hanya ada di Android disertakan untuk pengguna iPhone. Selain Google Maps, pengguna iPhone juga dapat menggunakan pilihan aplikasi lain yang juga direkomendasikan di bawah ini.

Google Navigation (Google Maps) Google menjadi penyelamat kekecewaan pengguna iPhone 5 pada Apple Maps. Google akhirnya menyediakan maps untuk iOS 6. Fitur aplikasi update ini dilengkapi dengan navigasi suara, rute sepeda, offline map yang berfungsi sebagai map bila Anda kesulitan mendapatkan akses internet mobile, dan masih banyak lagi. Selain itu, fitur-fitur lama seperti Google Street View, Satelite, Google Vast dan juga poin-poin tempat penting juga tersedia.

Bing Bing menjadi aplikasi yang layak untuk dipertimbangkan untuk di-install. Aplikasi map ini dibuat sangat baik dengan navigasi dan peta yang solid. Ditambah lagi, Bing memiliki POI (Point Of Interest) yang lebih komprehensif. Tersedia rte untuk jalur jalan kaki, transit, penunjuk jalan ketika menyetir (namun bukan dengan perintah suara), info kondisi lalu lintas, jadwal film, dan integrasi dengan media sosial.

MapQuest Aplikasi ini kurang direkomendasikan untuk pemandu jalan kendaraan, namun cocok untuk pejalan kaki dan pesepeda. Fitur-fiturnya lebih diperuntukkan untuk pejalan kaki walau jga bisa digunakan untuk kendaraan. Fiturnya juga cukup lengkap karena dilengkapi dengan info POI seperti pom bensin, bAndara, rumah sakit, dan lainnya. Sekilas tampilannya serupa dengan Google Maps.

Waze Aplikasi map ini juga tersedia di iOS dan cukup lengkap. Akurasinya bagus dan fiturnya padat. Ditambah lagi, aplikasi ini bisa menggunak perintah navigasi suara dan menyediakan rute yang dapat Anda pilih dan tempuh. Keunggulan lainnya, aplikasi ini menyediakan informasi kondisi jalanan yang diinfokan oleh sesama pengguna Waze. Selain itu, antar pengguna juga bisa chatting. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel