Tips dan Trik Cara Transfer Uang Melalui SMS

8 Apr 2013 14:15 4441 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berbekal ijin operasi dari Bank Indonesia (BI, XL Tunai International Remittance. Layanan ini untuk pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia, hanya lewat SMS. Tahun lalu, XL telah melayani transaksi elektronik ini untuk pengiriman uang dalam negeri. Sebelumnya, Telkomsel dan Indosat telah lebih dulu bermain di segmen ini, lewat Telkomsel T-Cash dan Indosat Dompetku. Selain itu, ada layanan uang digital dari telkom group, seperti Delima, Flexi-Cash, t-Cash dan Mobile Cash.

Berbekal ijin operasi dari Bank Indonesia (BI, XL Tunai International Remittance. Layanan ini untuk pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia, hanya lewat SMS. Tahun lalu, XL telah melayani transaksi elektronik ini untuk pengiriman uang dalam negeri. Sebelumnya, Telkomsel dan Indosat telah lebih dulu bermain di segmen ini, lewat Telkomsel T-Cash dan Indosat Dompetku. Selain itu, ada layanan uang digital dari telkom group, seperti Delima, Flexi-Cash, t-Cash dan Mobile Cash.

Dian Siswarini, Direktur teknologi, konten, dan new business XL, menyatakan bahwa ada 60 persen masyarakat Indonesia yang belum tersentuh layanan keuangan. Mereka ingin membantu memperluas akases masyarakat ke layanan keuangan, dan membantu mewujudkan masyarakat "less cash society'. Menurut Bambang Setiawan, Direktur IT Alfamart, yang bekerja sama dengan XL, mengelola uang tunai itu mahal dan tidak mudah, terutama yang recehan. Jumlah TKI dan TKW yang bekerja di luar negeri ada jutaan. Setiap bulan, mereka rutin mengirim uang ke keluarga di kampung halaman di Indonesia. Kebanyakan, keluarganya berada di pedesaan yang belum tersentuh layanan perbankan. Data Bank Indonesia (BI) tahun 2011 lalu, nilai remittance TKI mencapai sekitar US$ 559 (Rp 5,3 triliun). Sekitar 57 persen berasal dari TKI di Malaysia atau Singapura. Mayoritas TKI memang memakai jasa perbankan untuk mengirim uang. Namun TKI juga memakai jasa non-perbankan untuk mengirimkan uangnya ke Indonesia. Ini akibat tarifnya dianggap terlalu mahal, ditambah masih lama dan sulitnya mengakses layanan bank di luar negeri. simak ulasan cara transfer uang melalui sms hanya di Plimbi.com

XL Remittance

Dari luar negeri, XL bekerja sama dengan Wetern Union dan Celcom Axiata, dan dari dalam negeri dengan Alfamart. Pengiriman uang lewat Western Union bisa dilakukan dari Malaysia, Arab Saudi, Hongkong, Singapura dan lebih dari 100 negara lainnya yang didukung oleh Agen Western Union. Caranya, TKI ke agen Western Union dan membawa uang yang akan dikirimkan ke Indonesia.

Setelah diproses, maka SMS akan dikirimkan ke penerima. Penerima akan mendapat notifikasi berupa SMS. Isinya, dia telah menerima uang dalam bentuk saldo XL TUNAI. Pelanggan harus terdaftar di XL Tunai agar bisa menerima dan menarik uang di atas Rp 1 juta. Untuk menarik uang, dengan masuk ke \123\120# pilih menu Tarik Uang, pilih menu Tarik Tunai via Agen, konfirmasi dan menerima notifikasi kode Penarikan. Nah, kode ini yang ditunjukan kepada Agen untuk menarik uang, maksimal 14 hari sejak notifikasi diterima.

Penarikan uang bisa dilakukan lewat XL Center, kantor dealer resmi XL, agen XL Tunai atau retail outlet XL bertanda khusus, dan juga ribuan gerai Alfamart. Penerima juga bisa meminta layanan antar uang oleh Petugas XL (Pak Tunai), yang berlaku di beberapa kota Jawa, seperti Jakarta, Cirebon, Tegal, Indramayu, Sumenep, Jember, dan beberapa kota lainnya. Tarifnya Rp 5.000 (penarikan Rp 200.000 kurang), dan Rp 10.000 (Penarikan Rp 200.000 sampai Rp 5.000.000). Sebelumnya, XL Tunai ini sudah bisa dipakai transaksi domestik di online shop, Alfamart, dan berbagai restoran, juga bisa untuk membayar tagihan, Listrik, hingga membeli tiket pesawat. Layanan ini diklaim bersifat mudah, karena tak perlu rekening, cepat karena bisa langsung cek, aman karena ada ada validasi lewat pin, dan langsung karena uang bisa diantar ke rumah. Hingga saat ini, pengguna XL Tunai baru mecapai 250.00 pekanggan, dan ditargetkan mencapai 2 juta di tahun ini.

T-Cash

Hadir pertama di Tanah Air, Telkomsel punya layanan e-money bernama T-Cash. Pengisian saldo bisa dilakukan di seluruh cabang Indomaret, GraPARI, GeraiHALO dan mitra T-Cash lainnya. Pengguna T-Cash ini dapat melakukan pembelian di mitra-mitra T-Cash seperti Indomaret, detikshop, tokobagus.com, dan online shop lain. Juga pembayaran Katu HALO/PLN/Telkomvision/telepon rumah, Speedy, dan pengiriman uang kepada sesama pelanggan Telkomsel. Untuk layanan pengiriman uang dari para TKI di luar negeri lewat ponsel, Telkomsel membuat layanan bernama T-Remittance bekerja sama dengan BNI. Layanan ini termasuk yang paling sukses, dengan pelanggan pertengahan tahun lalu mencapai 8,2 juta pelanggan. Angka ini jauh di atas operator lain yang baru mencapai ratusan ribu pelanggan.

Telkom Delima

PT Telkom juga telah meramaikan bisnis remittance dengan meluncurkan layanan Delima atau Delivery Money Access, yaitu aplikasi pengiriman uang lewat Plasa Telkom. Delima melayani pengiriman uang domestik dan internasional. Pengambilan uang dapat dilakukan di sekitar 730 Plasa Telkom dan 20.000 outlet mitra Delima yang telah bekerja sama. Telkom juga menggandeng bank BTN untuk mengelola dana, sehingga nasabah bisa mentransfer dan mengambil uangnya di seluruh cabang BTN tanpa perlu menjadi nasabah BTN.

Indosat Dompetku

Beberapa tahun lalu, Indosat juga telah memiliki layanan untuk melakukan pembayaran, pembelian, pemindahan dan pengiriman uang lewat ponselnya dengan akun yang telah didaftarkan. Dompetku bisa dipakai mengirim uang ke sesama pelanggan Indosat, juga untuk belanja di beberapa merchant, pembayaran listrik, dan pengisian pulsa. Namun, Indosat belum memberikan layanan pengiriman uang dari luar negeri via ponsel. Layanan ini, kata dia, ada dua macam yakni dompet kirim uang dan belanja. Untuk kirim uang, pengirim cukup mendatangi Galri Indosat. Membawa uang tunai. Uang yang dikirim maksimal Rp 5 juta dengan biaya Rp 1.00 pertransaksi. Sampai kuartal ketiga 2012, tercatat ada lebih dari 300 ribu pelanggan Indosat yang telah memanfaatkan layanan Dompetku. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel