Jadikan Lagu Kesayangan Anda Menjadi Ringtone Dan Notifikasi Di Android Anda

31 Mar 2013 13:00 4531 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak hanya edit ringtone, notifikasi pun dapat Anda masukkan ke system agar Anda dapat menggunakan notifikasi - notifikasi unik dan hanya Anda yang memilikinya. Misalnya saja Anda mengunduh notifikasi yang ada di situs Paseban, Anda dapat push file tersebut ke dalam system.

Ringtone handphone merupakan satu hal yang penting agar Anda dapat mengenal suara telepon atau SMS yang keluar dari handphone Anda. Anda sudah melakukan berbagai cara memasukan ringtone ke Handphone Android Anda tetapi tetap tidak terbaca di system. Tentu saja tidak terbaca, karena Anda perlu memasukkan ringtone tersebut ke dalam system. Tidak hanya edit ringtone, notifikasi pun dapat Anda masukkan ke system agar Anda dapat menggunakan notifikasi - notifikasi unik dan hanya Anda yang memilikinya. Misalnya saja Anda mengunduh notifikasi yang ada di situs Paseban, Anda dapat push file tersebut ke dalam system.

Terdapat 2 cara untuk menjadikan lagu/suara yang Anda inginkan menjadi ringtone dan notifikasi favorit Anda. Cobalah ikuti langkah - langkah yang Plimbi berikan. Untuk langkah pertama yaitu dengan memasukkan file lagu/suara yang Anda inginkan ke dalam system, baik itu untuk dijadikan ringtone ataupun notifikasi. Yang perlu Anda garis bawahi, cara pertama ini adalah untuk handphone Android Anda yang sudah mengalami proses root. Jika handphone Android Anda sudah root, maka selanjutnya Anda harus sudah memiliki aplikasi Root Explorer atau yang sejenisnya.

Jika bahan - bahannya sudah siap, sekarang Anda dapat melakukan percobaan. - Pertama, masuk ke aplikasi Root Explorer, lalu ambil file lagu/suara yang Anda inginkan pada folder sdcard, lalu cari file yang akan Anda gunakan tersebut. Setelah ketemu, pilih file tersebut dengan cara tahan sentuhan pada file tersebut, lalu pilih copy/move Anda tekan back untuk kembali ke menu utama, keluar dari folder sdcard . Setelah keluar dari folder tersebut, kini Anda masuk ke folder system. Setelah masuk, cari folder media, masuk ke folder tersebut, lalu masuk lagi ke folder audio. - Nah, disana terdapat beberapa folder, alarm, notifications, ringtones, dan ui. Jika file tersebut Anda gunakan untuk ringtones, silahkan Anda masuk ke folder tersebut dan paste disana. Sedangkan untuk notifikasi, Anda dapat tempelkan ke folder notifications.

Tidak hanya terbatas pada ringtone dan notifikasi, alarm dan ui pun dapat Anda ubah. - Proses terakhir, pada pojok kanan atas terdapat kotak Mount R/W, ubah menjadiMount R/O. Lalu pilih dan tahan file yang tadi masukkan, setelah muncul pilihannya silahkan Anda pilih Permissions dan ubah ceklis-nya menjadi rw-,r--,r—(pada Owner ceklis Read dan Write, pada Group pilih Read, dan pada Others pilih Read). Lalu pilih OK. - Silahkan ulangi langkah - langkah diatas jika Anda ingin memindahkan file yang lainnya. Setelah selesai dengan langkah - langkah tersebut, Anda tinggal keluar dari aplikasi tersebut dan restart handphone Android Anda. Setelah Anda restart, silahkan Anda cek dengan memilih nada ringtone atau notifikasi Anda, maka akan terbaca file yang Anda masukkan. Dan untuk langkah kedua, ini merupakan trik bagi handphone Android Anda yang tidak mengalami proses root.

Bahannya cukup file yang akan Anda gunakan sebagai ringtones atau notifikasi. - Pertama, masuk ke file manager (bebas, bisa menggunakan file manager bawaan atau unduhan dari Play Store, dll) dan buatlah folder Ringtones untuk ringtone atau buat folder Notifications untuk notifikasi. Untuk alarm pun Anda dapat menggunakan cara ini dengan membuat folder baru. - Lalu, Anda tinggal pindahkan saja file yang akan Anda gunakan ringtone atau notifikasi tersebut kedalam foldernya. - Setelah selesai, silahkan Anda restart dan coba Anda cek di settingan suara. Setelah Anda cek, maka akan terlihat hasil dari pekerjaan simple Anda.

Perlu diketahui, tidak semua file dapat dibaca oleh system di handphone Android Anda. Maka disarankan bagi Anda yang ingin memasukkan file tersebut terbaca oleh system, usahakan Anda convert file tersebut ke file ekstensi OGG. Tetapi terkadang file ekstensi MP3pun bisa terdeteksi oleh system. [PNJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel