Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Mengintegrasikan Layanan Google dengan Sistem Operasi Windows 8

28 Mar 2013 21:30 2436 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebagai pengguna sistem operasi Windows 8, anda memiliki dua pilihan. Pertama, menginstal menu Start pengganti dan melupakan semua bagian dari Modern. Kedua, memakai sistem baru untuk mendapatkan yang terbaik dari yang ditawarkan.

Sebagai pengguna sistem operasi Windows 8, Anda memiliki dua pilihan. Pertama, menginstal menu Start pengganti dan melupakan semua bagian dari Modern. Kedua, memakai sistem baru untuk mendapatkan yang terbaik dari yang ditawarkan. Jika laptop Anda dilengkapi dengan layar sentuh, Anda akan menikmati Start screen yang baru.

Microsoft dan Google mungkin bukan merupakan teman baik, namun mengintegrasikan produk Google dengan sistem operasi Windows 8 bisa menjadi cara yang baik untuk memanfaatkan UI Modern dengan mengakses layanan yang umum seperti Google Search, Chrome, Gmail dan lain-lain melalui layar Start Windows 8. Artikel ini akan membahas mengenai layanan Google yang bisa Anda integrasikan ke sistem operasi Windows 8 untuk mempermudah Anda.

Pencarian Google

Ini adalah satu-satunya aplikasi Google Modern yang tersedia, dan aplikasi ini sangat menarik. Jika Anda akrab dengan aplikasi Google Search untuk iOS, maka ini sangat mirip, dan bekerja sangat baik dengan menggunakan mouse dan interface sentuh. Untuk mendapatkannya, Anda tinggal ke toko aplikasi Microsoft, atau mencarinya di Store pada komputer Anda.

Aplikasi ini adalah aplikasi layar penuh bergaya Modern, dan termasuk pencarian suara, riwayat, dan segala sesuatu yang Anda harapkan dari Google Search.

Bonus: Dengan men-tap atau mengklik tombol "Applications” pada layar utama aplikasi, Anda bisa mengakses berbagai layanan Google lainnya seperti Gmail, YouTube, Calendar, Translate, Google+, dan Reader. Memuat layanan ini, mirip seperti saat Anda memuatnya di browser, namun mereka tetap berada di bawah header aplikasi berwarna abu-abu, dan selalu dimulai dalam layar penuh.

Gmail

Selain menggunakan Gmail yang tersedia di aplikasi Google Search, Anda juga bisa mengkonfigurasi akun Gmail Anda untuk disinkronisasikan dengan aplikasi Mail bawaan Windows. Namun ada peringatan, karena Google memutuskan untuk menghapus dukungan Microsoft Exchange ActiveSync untuk pengguna gratis, pilihan ini hanya akan bekerja hingga 31 Juli tahun ini.

Setelah itu, Anda harus menggunakan IMAP untuk mensinkronisasikan akun Gmail ke aplikasi Mail. Sudah ada beberapa pembatasan yang berlaku untuk metode ini, yang memungkinkan Anda hanya mensinkronisasikan mail, tidak termasuk kontak (namun ada trik untuk melakukan hal ini, yang akan dijelaskan nanti).

Untuk menghubungkan Gmail ke Mail, jalankan aplikasi dan tekan tombol Windows + I untuk mengakses pengaturannya. Pilih Accounts > Add an account > Google. Sekarang Anda harus memasukkan kredensial Google Anda. Pastikan Anda tidak mencentang kotak di sebelah kalimat "Include your Google contacts and calendars”, atau sinkronisasi mungkin akan gagal karena pembatasan baru Google.

Anda juga bisa mengatur nama Anda, frekuensi pembaruan (manual atau otomatis), tAnda tangan dan banyak lagi. Perhatikan bahwa pembaruan otomatis hadir dengan ikon email pada layar kunci Anda. Jika Anda memilih untuk menonaktifkan pemberitahuan ini, Anda juga akan dibatasi untuk pembaruan manual.

Anda harus membiasakan diri menggunakan Windows Mail, karena ini tidak mendukung percakapan, dan panel pratinjau di samping daftar email Anda, namun semua label telah diimpor secara utuh.

Contacts

Jika Anda menggunakan Gmail dan /atau Android, Anda mungkin telah mengumpulkan daftar kontak Google. Karena pembatasan baru Google, Anda tidak dapat lagi mensinkronisasi kontak Anda ke dalam aplikasi Mail dan People. Namun, Microsoft menawarkan sebuah alternatif untuk melakukan hal ini.

Pergi ke halaman akun Microsoft Anda dan masuk dengan akun Microsoft yang sama yang Anda gunakan untuk mengatur Windows 8. Klik "Permissions” dan pilih "Add accounts”. Pilih Google di dari dalam daftar, dan hubungkan kedua akun tersebut.

Setelah memberikan akses, tunggu beberapa menit, dan periksa aplikasi Mail dan People lagi. Harusnya sekarang Anda telah memiliki akses penuh ke kontak Google Anda langsung dari akun Microsoft Anda.

Chrome

Chrome tidak resmi tersedia sebagai aplikasi Modern, namun Anda masih bisa menggunakan Chrome sebagai aplikasi Modern layar penuh pada perangkat Windows 8 (bukan tablet Windows RT atau laptop), dan memanfaatkannya dari Windows 8 Charm seperti Search dan Share. Untuk melakukan hal ini, Anda harus mengatur Chrome sebagai browser default.

Untuk menjalankan Chrome sebagai aplikasi Modern, buka Chrome dari desktop Anda dan klik menu Settings. Dari sini, pilih "Relaunch Chrome in Windows 8 mode”.

Untuk mendapatkan pengalaman yang penuh, Anda juga bisa pin shortcut Chrome ke layar Start dengan mencari Chrome dalam aplikasi Anda (tekan tombol Windows, ketikkan "Chrome”), klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih "Pin to Start” dari bawah. Jika Anda telah menjalankan Chrome dalam mode Windows8, maka sistem akan menjalankan lagi cara ini secara default saat Anda menggunakannya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel