Tips dan Trik Cara Merekam Aktifitas Screen Di Mac Mengggunakan QuickTime Player

21 Mar 2013 15:30 6349 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi Mac adalah salah satu stem operasi yang banyak digunakan oleh orang-orang yang memliki uang lebih, karena sistem operasi ini hanya dapat dipergunakan pada perangkat bawaan Apple saja, lain halnya dengan sistem operasi Windows yang dapat diinstal pada berbagai jenis perangkat keras. Merekam berbagai jenis aktifitas yang dilakukan pada Windows mungkin sudah banyak aplikasi yang ditemukan.

Sistem operasi Mac adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh orang-orang yang memliki uang lebih, karena sistem operasi ini hanya dapat dipergunakan pada perangkat bawaan Apple saja, lain halnya dengan sistem operasi Windows yang dapat diinstal pada berbagai jenis perangkat keras. Merekam berbagai jenis aktifitas yang dilakukan pada Windows mungkin sudah banyak aplikasi yang ditemukan. namun bagaimanakah cara merekam aktifitas pada komputer Mac? mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui caranya, maka dari itu Plimbi akan mencoba mengulasnya khusus bagi Anda para pengguna Mac, dan juga sebagai pengetahuan bagi Anda yang tidak mempergunakan aplikasi recorder Mac.

Saat Apple merilis versi terbaru dari aplikasi Quick Time Player pada OS X Snow Leopard, terdapat sebuah fitur dan fungsi baru dimana banyak diantara para pengguna Mac belum mengetahuinya, mungkin Anda juga termasuk diantaranya. Kali ini Plimbi akan memberitahu salah satu fitur tersembunyi pada aplikasi Apple QuickTime yaitu sebuah fitur yang dapat dilakukan untuk merekam segala aktifitas yang Anda lakukan, QuickTime Player Untuk Mac ini berguna dan akan sangat membantu jika Anda ingin membuat sebuah video tutorial atau petunjuk menggunakan aplikasi tertentu kedalam bentuk sebuah format file video.

Sebelum memulai ada baiknya, kita mengenal terlebih dahulu secara singkat apa itu aplikasi QuickTime Player. Aplikasi QuickTime Player sendiri adalah sebuah aplikasi yang dipegunakan sebagai sebuah media untuk memutar berbagai jenis file audio dan juga file video yang dikhususkan bagi para pengguna perangkat Apple. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa mendaptkannya secara gratis di sini.

Berikut ini adalah cara meneggunakan aplikasi QuickTime Player untuk melakukan proses prerkaman berbagai aktifitas di sistem operasi Mac Anda kedalam sebuah format video

Pengaturan Sebelum Proses Perekaman

Untuk mulai merekam aktifitas pada layar Anda, silahkan Anda buka atau jalankan terlebih dahulu aplikasi QuickTime Player X . kemudian silahkan Anda pilih pada menu File> New Screen Recording.

Sebuah jendela dari aplikasi QuickTime rekaman baru akan terbuka. Silahkan Anda klik pada tombol segitiga kecil untuk melakukan berbagai macam pengaturan. Di sini, Anda dapat menentukan jenis mikrofon yang akan Anda pergunakan jika Anda merekam sebuah penyuntingan suara voiceover, hasil output dari kualitas video (menengah atau tinggi), dan melakukan pengaturan apakah akan menampilkan klik mouse pada hasil video Anda.

Melakukan Proses Starting dan Stopping Saat Proses Recording

Setelah Anda telah selesai melakukan berbagai pengaturan yang sesuai dengan keinginan Anda, silahkan tekan tombol Record berwarna merah untuk mulai proses perekaman aktifitas pada layar Mac OS X Anda. Anda dapat memilih microphone input, dimana dengan fitur ini, audio ataupun suara juga akan ditangkap pada saat proses perekaman layar. Dengan aplikasi ini juga Anda dapat memilih seberapa banyak layar yang akan ditampilkan: klik layar sekali untuk menangkap seluruh layar, atau dengan cara melakukan klik dan drag untuk menangkap sebagian dari layar monitor Anda. Jik dirasa proses perekaman pada layar sudah Anda anggap selesai, lalu klik tombol Stop pada jendela aplikasi QuickTime yang sama yang pada saat Anda mulai melakukan proses rekaman.

Melakukan Exporting Screen Capture/Screen Shoot

Setelah proses perekaman selesai, Anda juga dapat melakukan preview dari hasil rekaman yang sudah Anda buat tersebut.

Anda dapat melakukan proses export file yang telah Anda buat tersebut denga melakukan atau menekan tombol perintah Command-Shift-S atau dengan cara memilihnya pada file menu dengan cara mengklik File > Export. Lalu Anda akan diperintahkan untuk mengisi atau menulis dari file perekaman video tersebut, memilih dimana file tersebut akan disimpan, dan memilih tipe file dari video tersebut.

Demikian salah satu trik dan juga tutorial yang dapat Plimbi berikan kali ini mengenai salah satu aplikasi recorder Mac, semoga membantu bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Mac dan belum tahu cara merekam berbagai aktifitas pada komputer atau notebook Anda. [AG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel