Cari Tahu Alat Navigasi pada iPhone

20 Dec 2011 08:00 5362 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple iPhone 4, dirilis pada bulan Juni 2010. Perangkat ini memiliki aplikasi Assisted-GPS (A-GPS) yang menyediakan berbagai fitur navigasi, termasuk arah dan layanan berbasis lokasi. Fitur A-GPS ini dibuat dari kemampuan iPhone untuk menggunakan kombinasi dari menara seluler, WiFi dan sinyal satelit untuk menghasilkan data lokasi.

Apple iPhone 4, dirilis pada bulan Juni 2010. Perangkat ini memiliki aplikasi Assisted-GPS (A-GPS) yang menyediakan berbagai fitur navigasi, termasuk arah dan layanan berbasis lokasi. Fitur A-GPS ini dibuat dari kemampuan iPhone untuk menggunakan kombinasi dari menara seluler, WiFi dan sinyal satelit untuk menghasilkan data lokasi.

Fungsi GPS pada ponsel berinteraksi dengan beberapa alat navigasi untuk menyediakan data lokasi terkait, berikut diantaranya; **A-GPS (Assisted-GPS)** iPhone 4 A-GPS menyediakan fitur lokasi data spesifik yang dapat lebih cepat dan lebih akurat daripada *unit standalone* GPS.

Ia pun dapat bekerja di daerah di mana model *standalone* memiliki kesulitan, seperti daerah perkotaan yang padat dan dalam ruangan. AT & T dan Verizon Wireless, penyedia layanan wireless iPhone 4, memiliki server lokasi pada jaringan mereka yang memberitahu telepon yang terhubung ke satelit untuk data navigasi. Server-server ini juga melakukan perhitungan rumit yang diperlukan untuk menjadi alat navigasi dan menghasilkan data lokasi yang tepat.

Informasi ini digunakan oleh beberapa fitur iPhone 4, termasuk *location-based services* (LBS) dan perangkat kamera digital. **LBS (Location-Based Services)** Fitur LBS iPhone 4 bekerja dengan *interfacing* aplikasi A-GPS untuk memberikan informasi kontak untuk layanan komersial dan darurat terdekat, seperti rumah sakit, kantor polisi, pompa bensin dan restoran.

Fitur LBS juga memungkinkan pihak ketiga, seperti pengusaha dan orang tua, untuk melacak lokasi perangkat melalui komputer pribadi. Fitur LBS juga berfungsi sebagai alat navigasi yang menghasilkan arah dari titik A ke titik B dan memberi Anda akses ke layanan jaringan sosial, termasuk Twitter dan Facebook.

Teknologi LBS menyediakan data lokasi yang tepat tanpa harus memasukkan lokasi Anda ke dalam aplikasi pemetaan seperti Google Maps, karena ia secara otomatis mengkoordinasikannya dengan sinyal satelit dan menara seluler. **Geotagging** Selain dilengkapi dengan kamera 5-megapiksel dan mampu merekam video HD di 720 piksel dari resolusi vertikal, iPhone 4 juga memiliki fitur *geotagging*.

Fitur *geotagging* iPhone bekerja dengan interfacing A-GPS dan teknologi LBS untuk menanamkan peta dan mengkoordinasikan data GPS ke setiap gambar dan video yang diambil oleh telepon. Fitur ini sangat membantu jika Anda ingin kembali ke lokasi yang tepat dari foto yang sebelumnya diambil atau jika Anda tidak yakin di mana lokasi Anda saat itu.

Google Maps datang *preinstalled* pada iPhone 4. Aplikasi Google Maps menyediakan banyak fitur yang ditawarkan secara *online*, termasuk Street View dan arah secara *onscreen*. Jika Anda lelah dari semua teknologi mewah saat ini, iPhone 4 juga dilengkapi dengan alat navigasi versi dari masa lampau yaitu kompas. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel