Adu Dua Smartphone Android vs iPhone - Samsung Galaxy Nexus vs Apple iPhone 4S

1 Dec 2011 18:00 5827 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Persaingan kasta smartphone tertinggi kebanyakan berpusat pada Android vs iPhone. Awal tahun 2011 pertarungan adalah Samsung Galaxy S II dan Apple iPhone 4. Pada akhir tahun ini, masih dari kedua *brand* *smartphone* yang sama, pertarungan terjadi antara Samsung Galaxy Nexus dan Apple iPhone 4S, dan menggantikan kasta *smartphone* tertinggi sebelumnya.

Persaingan kasta smartphone tertinggi kebanyakan berpusat pada Android vs iPhone. Awal tahun 2011 pertarungan adalah Samsung Galaxy S II dan Apple iPhone 4. Pada akhir tahun ini, masih dari kedua brand smartphone yang sama, pertarungan terjadi antara Samsung Galaxy Nexus dan Apple iPhone 4S, dan menggantikan kasta smartphone tertinggi sebelumnya. Lalu manakah yang memenangkan persaingan tersebut?

Adu kemampuan browser

Dengan menggunakan SunSpider Javascript Benchmark versi 0.9.1, tool untuk mengukur kemampuan/kecepatan browser dalam membaca bahasa program javascript yang sudah umum digunakan oleh semua situs, hasil pertarungan Android vs iPhone terbaru menunjukkan Samsung Google Nexus lebih cepat daripada Apple iPhone 4S. Berikut hasilnya:

browser

Dengan tool lain dengan fungsi yang sama, Rightware BrowserMark, hasil pertarungan Android vs iPhone ini juga menunjukkan Samsung Galaxy Nexus lebih cepat daripada Apple iPhone 4S. Berikut hasilnya:

browser 2

Spesifikasi hardware yang mempengaruhi hasil ini adalah prosesor dan RAM, yang mana menunjukkan memang Samsung Galaxy Nexus lebih unggul sedikit daripada Apple iPhone 4S. Prosesor Samsung Galaxy Nexus dual-core 1.2GHz vs Apple iPhone 4S dual-core 1GHz, RAM Samsung Galaxy Nexus 1GB vs Apple iPhone 4S 512MB. Hasil ini juga menunjukkan bahwa OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich telah mengalami pengembangan software yang cukup signifikan. Maka pertarungan Android vs iPhone dalam kategori ini dimenangkan Samsung Galaxy Nexus.

Adu kemampuan GPU (Graphics Processing Unit)

Tetapi Apple fanboy boleh berbesar hati apabila obyek pertarungan Android vs iPhone adalah kemampuan grafis. Hasil tes benchmark menggunakan GL Benchmark versi 2.1 menunjukkan iPhone 4S mengalahkan Samsung Galaxy Nexus. Berikut hasilnya:

GPU

GPU

Samsung Galaxy Nexus memang mampu menangani grafis dengan baik, namun jika membahas Android vs iPhone, gadget ini tidak terlalu baik jika dibandingkan dengan iPhone 4S. Bahkan pada gambar hasil benchmark diatas bisa Anda lihat Samsung Galaxy Nexus masih berada di bawah produk pendahulunya Samsung Galaxy S II.

Dari spesifikasi hardware bisa dilihat bahwa GPU Samsung Galaxy Nexus OMAP4460 - SGX 540, sebenarnya adalah chipset yang sudah cukup kompeten. Namun pertarungan Android vs iPhone ini memberikan hasil bahwa ia masih bisa dikalahkan oleh chipset Exynos 4210 - Mali 400 milik Samsung Galaxy S II dan A5 - SGX 543MP2 milik Apple iPhone 4S.

Hasil pertarungan Android vs iPhone kategori GPU ini menunjukkan bahwa, secara teori, kinerja game dan aplikasi lain yang membutuhkan kemampuan grafis tingkat tinggi akan lebih baik pada Apple iPhone 4S. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel