Sebelum Download Windows 8, Pastikan Komputer PC Anda Memenuhi Syarat Ini

25 Feb 2013 21:30 4532 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kurang lebih sudah tiga bulan yang lalu windows 8 dimunculkan untuk pertama kalinya dan sekarang semua orang mempunyai cukup waktu untuk melihat apa perbedaan dan kelebihan dari produk ini dengan produk yang lalu. Sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan windows 8 atau tidak.

Kurang lebih sudah tiga bulan yang lalu windows 8 dimunculkan untuk pertama kalinya dan sekarang semua orang mempunyai cukup waktu untuk melihat apa perbedaan dan kelebihan dari produk ini dengan produk yang lalu. Sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan windows 8 atau tidak.

Jika saja para konsumen memilih untuk menggunakan produk ini, tentunya kita juga harus menaruh perhatian lebih dengan system yang kita gunakan saat ini. Apakah system yang kita gunakan cukup mendukung untuk menggunakan software-software dan memaksimalkan kinerja windows 8. Jangan sampai pilihan kita menjadi hal yang sia-sia saja. Nah, sebelum Anda download Windows 8 pastikan PC Anda memenuhi syarat di bawah ini:

Persyaratan-Persyaratan Dalam Windows 8

Sekarang waktunya untuk kita agar dapat memaksimalkna kinerja windows 8 dengan semaksimal mungkin dengan memperhatikan system yang kita miliki. Berikut adalah tips untuk membantu kita agar dapat meningkatkan performa system yang kita miliki di saat menjalankan windows 8.

Hal pertama yang perlu kita perhatikan yaitu requirement atau kita bisa katakan sebagai syarat yang perlu kita miliki. Setiap software memiliki persyaratan-persayaratan yang berbeda dalam hardware di mana hal ini diperlukan untuk menjalankan beberapa program software tersebut secara baik. Windows 8 juga memiliki persyaratan-persyaratan yang perlu diperhatikan, namun tentunya tidak begitu sulit dibandingkan dengan windows-windows sebelumnya. Persyaratan-persyaratan yang perlu diperhatikan dalam penggunakan windows 8 yaitu sebagai berikut:

  • 1 GHz processor

  • RAM 1 GB untuk 32-bit system, atau bisa 2 GB untuk 64-bit system

  • Free space 16 GB untuk 32-bit system, atau free space 20 GB untuk 64-bit system

  • Grapik DirectX 9 dengan WDDM driver

Persyaratan ini tentunya untuk memuaskan penggunaan kita dalam produk ini sepuas mungkin. Berikut juga ada beberapa rekomendasi lain untuk memaksimalkan kinerja Windows 8, akan tetapi rekomendasi ini tidak begitu diwajibkan bagi pengguna Windows 8, di antaranya:

  • Layar multi-touch

  • Koneksi internet penuh dengan resolusi layar 1024 x 768

Jika system yang kita miliki belum mencakup persyaratan-persyaaratan di atas, kita perlu mengupgrade system-system tersebut agar dapat menjalankan dan memaksimalkan kinerja windows 8 di komputer kita. Jika persyaratan tersebut tidak dapat kita penuhi, kemungkinan besar kita tidak dapat memaksimalkan kinerja windows 8 dengan baik dan bahkan tidak dapat mendukung sama sekali system-system yang kita miliki seperti webcams, printer, joystick, dan yang lain sebagainya.

Meningkatkan Kinerja System

Tahap berikutnya yaitu cara menjalankan dan memperbaiki kinerja komputer. Kita dapat menggunakan software-software dalam windows 8 dengan menginstallnya menggunakan disc maupun dari hasil download. Akan tetapi dengan setup wizard, kita dapat melakukan dan mengatur prosedur penggunaan software-software windows 8 lebih mudah, dan bahkan kita bisa langsung melakukan "Clean Install” dari windows yang lama.

Setelah melakukan penginstallan, kita harus me-restart komputer seperti biasanya. Langkah ini dilakukan agar "Final Cleaning Up” atau tahap akhir penginstallan dapat dilakukan dengan baik dan system baru sudah dapat digunakan setelah komputer kembali dinyalakan.

Cara Mematikan "Visual Effect”

Setelah komputer kembali menyala, kita sudah bisa menikmati system windows 8 yang baru. Kita dapat merubah system setting untuk lebih meningkatkan performa komputer dan kita juga dapat mematikan beberapa system yang tidak begitu diperlukan. Untuk mematikan system-system yang tidak kita perlukan, kita bisa memulainya dari control panel. Kita pilih start screen dengan menekan tombol "start’ di keyboard kemudian pilih "control panel” kemudian pilih "system and security” lalu "system” dan terakhir pilih "advance system setting”.

Di dalam "advance”, pilih "setting” kemudian muncul option window. Option window yang dimaksud yaitu visual effect tab. Untuk mematikan graphical effects, kita pilih "adjust for best performance”. Ini dilakukan untuk mengurangin kinerja berlebih pada komputer, GPU dan RAM.

Meningkatkan "Paging File”

Tahapan lain untuk memaksimalkan kinerja windows 8 yaitu dengan "paging file”. "Paging file” merupakan file yang terdapat di dalam hardware yang mana bertanggung jawab untuk menyimpan data-data yang tidak masuk ke dalam RAM.

Dengan kata lain, ini merupakan ruang dalam hardware yang digunakan untuk menampung kelebihan data dalam RAM. Hal ini mirip dengan "swap partition” pada system operasi Linux. Adapun tahapan lain yang juga membantu untuk memperbanyak ruang kosong dalam hardware setelah di-upgrade. Untuk membuka "cleaning utility”, buka windows explore kemudian klik drive C yang terdapat di sisi panel sebelah kiri dan pilih "manage” dari menu ribbon. Terakhir pilih "cleanup” untuk membuka utility. Kita tunggu hingga proses scan berakhir dan setelah hasilnya keluar, kita lihat data apa saja yang dapat kita hilangkan atau hapus.

Kesimpulan

Dalam hal ini kita juga tak perlu khawatir dengan "defragmenting” dalam hardware kita. Windows 8 selalu melakukan hal ini secara rutin dengan system default. Dengan beberapa tips di atas kita dapat memperbaiki dan memaksimalkan kinerja windows 8 dengan sepenuhnya. Kita harus membuktikannya sendiri untuk memastikan kinerja windows 8 yang sudah kita miliki. Masih banyak cara untuk membuat windows 8 menjadi layak untuk digunakan sebaik-baiknya. [NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel