Tips dan Trik Komputer untuk Memberi Nama Pada Perangkat Komputer Anda

18 Feb 2013 17:00 3406 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menetapkan nama pada perangakat Anda adalah satu tindakan kecil yang memiliki konsekuensi kecil. Apakah nama perangkat komputer baru Anda masih sebagai -CORSAIR 829495-, atau dirubah menjadi -Bingo-, tidak akan berdampak apa-apa pada kinerja perangkat Anda.

Menetapkan nama pada perangakat Anda adalah satu tindakan kecil yang memiliki konsekuensi kecil. Apakah nama perangkat komputer baru Anda masih sebagai "CORSAIR 829495”, atau dirubah menjadi "Bingo”, tidak akan berdampak apa-apa pada kinerja perangkat Anda. Namun pada tingkat pribadi, memberi nama pada perangkat Anda dengan benar dapat berdampak pada produktivitas Anda, pengaturan, atau hanya kesenangan. Mungkin Anda jarang memikirkan bahwa nama perangkat adalah hal yang penting. Faktanya, beberapa dari Anda yang membaca artikel ini mungkin tidak menyadari bahwa nama perangkat Anda dapat diganti.

Berikut ini beberapa tips dan trik komputer mengenai cara memberi nama pada perangkat Anda.

Jangan Gunakan Data Pribadi Anda Pertama kali Anda menginstal sistem operasi seperti Windows, Anda biasanya diminta untuk memberi nama. Setelah proses instalasi selesai, komputer Anda secara otomatis bernama "Rudi-PC”, misalnya. Ini mungkin terlihat baik-baik saja bagi Anda, dan memang tidak ada yang buruk tentang hal ini. Namun, memberi nama komputer dengan nama Anda sendiri bisa membuat Perangkat Anda impersonal dan membosankan.

Komputer adalah entitas yang terpisah dari Anda, sehingga Anda bisa memberi namanya sendiri. Anda bisa memberikan nama-nama yang unik untuk perangkat tersebut. Secara praktis, ini bisa membingungkan. Katakanlah nama komputer Anda "Home-PC”, yang terdengar hambar namun tidak akan merusak sistem Anda. Namun bagaimana jika Anda membeli satu komputer lagi, atau barangkali dua komputer. Apakah Anda akan menamainya dengan "Home-PC-2” dan "Home-PC-3”? Atau mungkin "Home-Computer” dan "Home-Desktop”? Anda bisa kebingungan sendiri dengan hal ini.

Jangan Menetapkan Tujuan Untuk Komputer Anda Mungkin banyak pemikiran filosofis apakah yang akan Anda lakukan dengan perangkat komputer Anda, apakah untuk tujuan tertentu atau tidak. Namun bukan berarti Anda akan menamai perangkat Anda sesuai fungsi perangkat tersebut. Misalnya, jangan namai komputer Anda dengan "Laptop Gaming”, atau jangan menamai ponsel Anda dengan "Ponsel Catatan”. Mengapa? Karena perangkat yang Anda miliki bisa memiliki banyak tujuan penggunaan dan tujuan tersebut bisa berubah dari waktu ke waktu. Pada suatu waktu, netbook Anda tidak hanya akan digunakan untuk menulis, namun Anda juga menggunakannya untuk browsing.

Jangan Gunakan Deskripsi Lokasi Mungkin desktop Anda berada di ruang belakang kantor Anda, di mana ini merupakan tempat Anda untuk melakukan pekerjaan kantor, jadi Anda memutuskan untuk menamai komputer Anda dengan "PC Ruang Belakang Kantor”. Lokasi dari komputer Anda akan berubah dari waktu ke waktu. Bahkan jika komputer rumah Anda ditempatkan di ruang tamu, Anda tidak pernah tahu kapan anak Anda ingin memindahkannya ke kamar tidurnya.

Jangan Gunakan Huruf atau Karakter yang Aneh Nama perangkat Anda harus digunakan untuk banyak hal. Bluetooth adalah contoh yang baik, namun juga untuk layanan seperti HomeGroup, berbagi jaringan, dan lain-lain. Jika Anda menggunakan huruf-huruf atau simbol yang aneh, Anda membuat orang sulit untuk mengetik nama perangkat Anda. Selain itu, simbol-simbol tertentu bahkan mungkin tidak diakui oleh sistem. Meskipun nama "‡Fjœrk‡” mungkin bekerja pada sistem operasi Windows Anda, apa yang terjadi ketika perangkat Anda terhubung dengan ponsel atau komputer lain pada sistem operasi lain yang mungkin tidak mengenali simbol tersebut? Anehnya, beberapa sistem operasi tidak mendukung spasi (" "), jadi waspadai itu. Jika ragu, gunakan hanya huruf, angka, dan sesekali tanda hubung.

Gunakan Nama yang Singkat yang Mudah Diidentifikasi Karena nama-nama perangkat sering digunakan dalam konteks jaringan, membuatnya singkat dan sederhana biasanya menjadi cara yang baik. Nama atau frasa yang panjang mungkin unik atau lucu, namun suatu waktu, nama-nama tersebut bisa menjadi menjengkelkan dan mengganggu. Berilah nama perangkat yang terdiri antara 4 hingga 8 karakter bila memungkinkan. Demikian pula, jika nama Anda sulit dibaca, atau sulit untuk diidentifikasi, Anda hanya akan membuat pengalaman jaringan yang tidak menyenangkan. Coba bayangkan ketika teman Anda menanyakan nama perangkat Anda, dan Anda menjawabnya dengan berbelit-belit, mungkin Anda harus menggantinya dengan nama yang baru.

Gunakan Nama yang Mudah Diucapkan Sekali lagi, bayangkan jika teman Anda menanyakan nama perangkat Anda. Ketika Anda mengatakan kepadanya dan responnya adalah "Bagaimana cara mengejanya?” Ini tampaknya tidak begitu buruk hingga Anda harus mengejanya setiap kali seseorang membutuhkan nama perangkat Anda. Mungkin terlihat mudah ketika Anda mengeja "Xavathon” di atas kertas, namun jika Anda menyebutkannya, ada beberapa kebingungan yang muncul dari situ. Hindari nama yang susah diucapkan untuk kenyamanan Anda sendiri.

Gunakan Pola Nama untuk Beberapa Perangkat Tips dan trik komputer yang terakhir untuk menamai perangkat komputer, jika Anda memiliki banyak perangkat yang harus diberi nama, katakanlah lebih dari tiga, mungkin akan bermanfaat bagi Anda untuk menggunakan pola tertentu, set, tren, atau mengelompokkan nama tersebut di semua perangkat Anda. Sebagai contoh, perangkat komputer Anda mengikuti pola "Jeruk (elemen)”, jadi nama perangkat Anda "Jeruk Bali”, "Jeruk Madu”, dan lain-lain. Anda dapat melakukan hal yang sama atau Anda dapat melakukan sesuatu yang lebih konvensional, seperti nama-nama planet, atau warna pelangi, atau kota di Jerman. Memberinya pola akan membuatnya lebih mudah untuk diingat.

Kesimpulan Dengan menggunakan cara penamaan perangkat seperti yang terdapat pada tips dan trik komputer ini, Anda tidak akan bingung. Anda juga akan merasa melekat dengan apa yang Anda miliki, dengan nama-nama tersebut yang orang lain tidak memilikinya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel