Cara Membuat Grafik dengan Mudah Melalui Situs-Situs Ini

18 Feb 2013 13:00 4131 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dari lukisan gua pertama hingga logograf, kemudian tentu saja alfabet, pencapaian manusia telah terikat erat dengan bagaimana kita menempatkan pilihan.

Dari lukisan gua pertama hingga logograf, kemudian tentu saja alfabet, pencapaian manusia telah terikat erat dengan bagaimana kita menempatkan pilihan. Kalau dipikir-pikir, kita masih belajar bagaimana berkomunikasi. Twitter dan Facebook membawa perubahan gaya hidup kita sampai sejauh ini. Halaman Wikipedia menangkap sejarah ilmu visual ini dan mengatakan kepada kita bahwa infografik bukan berarti sebuah penemuan budaya digital.

Satu-satunya perbedaan antara dulu dan sekarang adalah jumlah informasi yang membanjiri kita. Infografis memberi kita alat untuk memotong hambatan komunikasi. Pola, tren, dan hubungan menjadi lebih dimengerti. Artikel ini akan membahas cara membuat grafik dengan beberapa alat yang bisa Anda gunakan. Visual.ly Visual.ly biasanya berbicara mengenai cara membuat grafik. Ini adalah sebuah komunitas dari 35.000 lebih perancang yang menyukai visualisasi data. Ketika Anda mengunjungi situsnya, Anda bisa memperlakukannya sebagai sebuah visualisasi data terbaik. Namun diluar itu, situs ini memiliki alat gratis yang ditawarkan jika Anda tertarik untuk membuat sebuah infografik. Anda juga dapat mengunggah yang telah Anda buat ke Visual.ly setelah mendaftar, dan ini gratis.

Proses: Anda bisa login menggunakan akun Twitter atau Facebook Anda. Visually Create memiliki template yang dapat disesuaikan dengan informasi Anda. Hal menyenangkan tentang Visually Create adalah bahwa Anda tidak harus mengetahui tentang desain grafis atau memiliki kemampuan analisis untuk menggunakan Visual.ly. Ini memberikan Anda jalan pintas dengan templatenya, meskipun dalam jumlah yang terbatas.

Perlu Diperhatikan: Visual.ly adalah sebuah karya desain kreatif. Anda dapat menanamkan mereka di blog dan forum Anda tanpa pembatasan. Seperti yang dikatakan situs itu sendiri, ini semua tentang komunikasi visual. Blog Visual.ly juga layak dibaca jika Anda tertarik pada fasilitasi gambar. Ease.ly Ease.ly masih dalam versi beta dan masih gratis. Mudah-mudahan akan tetap gratis karena ini merupakan salah satu dari sedikit fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk membuat infografik dari awal.

Proses: Ease.ly memberikan Anda tema pra-desain yang disebut vheme untuk di drag and drop dalam kanvas kosong. Anda dapat menyesuaikan infografik dengan benda-benda, bentuk dan teks. Mengupload gambar dapat membantu Anda untuk membawa karya Anda yang telah disimpan di perangkat Anda. Infografik disimpan pada situs ini, dan Anda bisa berbagi dari sana.

Perlu Diperhatikan: Cara membuat grafik dengan drag and drop, dua puluh gaya huruf yang berbeda, dan grid untuk penempatan yang tepat adalah fitur yang pasti Anda sukai. Anda juga dapat menggunakan visual publik pada situs ini sebagai template untuk infografik milik Anda. Many Eyes Many Eyes adalah alat visualisasi data yang dibuat oleh IBM. Ini eksperimental, namun masih cukup berguna karena banyak visualisasi memiliki papan diskusi. Anda dapat mengomentari dan mendiskusikan visualisasi apapun. Anda juga dapat memilih data pada visualisasi dan link ke dalam diskusi Anda. Many Eyes juga fleksibel jika Anda ingin membuat visualisasi Anda sendiri.

Proses: Gunakan set data pada situs ini atau unggah data milik Anda. Banyak jenis grafik yang tersedia untuk dimasukkan ke dalam data, dari scatter plots dan matrix charts hingga word and tag clouds. Berbagai pilihan ini memungkinkan Anda untuk menampilkan data terstruktur dan tidak terstruktur.

Perlu Diperhatikan: Many Eyes memungkinkan pengguna membuat Topic Centers yang mirip seperti portal kecil di mana Anda dapat mengumpulkan semua visualisasi dan set data yang terkait dengan tema Anda. Anda dapat memulai diskusi seputar topik tersebut. Infogr.am Infogr.am adalah salah satu alat paling cepat yang dapat Anda gunakan untuk membuat infografik. Ini juga mengikuti template untuk model yang dapat disesuaikan. Jika berbicara tentang angka, alat ini telah mengumpulkan hampir 400.000 infografis hanya dalam waktu satu tahun. Ini tentunya merupakan salah satu yang paling mudah untuk digunakan sebagai satu-satunya yang Anda butuhkan untuk memulainya adalah data. Infogr.am mengklaim bahwa Anda dapat mempublikasikan pekerjaan Anda dalam beberapa menit dari mendaftar dengan Facebook atau Twitter. Anda dapat menyimpan semua karya-karya yang Anda buat di perpustakaannya.

Proses: Gunakan editor WYSIWYG untuk memilih tema dan mengisinya dengan data. Salah satu hal hebat tentang Infogr.am adalah kekayaan desainnya dan grafik interaktif yang dapat Anda ciptakan.

Perlu Diperhatikan: Interface drag and drop ditambah dengan Excel seperti grid untuk memasukkan data statistik yang user-friendly. Anda juga dapat mengupload file MS Excel atau CSV dan mengeditnya di halaman Excel yang kompatibel. Situs ini juga mendukung interaktivitas juga dibantu oleh video dari Youtube dan Vimeo. Alat Online Charts membantu Anda membuat grafik interaktif dengan cepat. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel