Berbagai Macam Aplikasi Twitter untuk Android Anda

16 Sep 2012 15:00 11195 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Siapa yang tidak mengenal twitter ? situs micro blogging berlogo burung ini menjadi salah satu situs sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan penggunaan karakter yang terbatas, hanya 140 karakter, membuat para user tidak perlu pikir panjang untuk membuat tweet. Apapun bisa ditulis, bahkan hal yang tergolong tidak penting sekalipun.

Siapa yang tidak mengenal twitter ? situs micro blogging berlogo burung ini menjadi salah satu situs sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dengan penggunaan karakter yang terbatas, hanya 140 karakter, membuat para user tidak perlu pikir panjang untuk membuat tweet. Apapun bisa ditulis, bahkan hal yang tergolong tidak penting sekalipun.

Dan berkat perkembangan teknologi di bidang smartphone, kini ngetweet pun bisa dilakukan di platform Android Anda. Namun, banyak pengguna yang mengeluhkan size yang terlalu besar untuk aplikasi twitter for Android, khususnya bagi mereka yang menggunakan handphone Android low-end. Karena itu kali ini Paseban akan membahas berbagai alternatif aplikasi twitter untuk Android yang lebih ringan dalam size namun menyerupai peforma twitter for Android. Let's check it out, tweeps !

UberSocial for Android

Aplikasi ini dahulu bernama UberTwitter, dan hanya tersedia untuk perangkat Blackberry saja. Saat itu, Twitter harus mematikan aplikasi UberTwitter karena melanggar beberapa ketentuan dari Twitter. Setelah sang developer, UberMedia, mengatasi masalah tersebut, maka mereka meluncurkan kembali aplikasi mereka dengan nama baru, UberSocial, yang sekarang tersedia bagi Android. Kebanyakan aplikasi twitter client lainnya memiliki banyak persamaan satu sama lain dan memiliki sedikit perbedaan. Namun UberSocial sama sekali berbeda. Salah satu fitur yang menjadi pembeda adalah fitur Inner Circle. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memasukan beberapa nama username twitter yang kemudian bisa Anda lacak tanpa harus membuka profile-nya. Anda juga dapat mengakses dua akun twitter atau lebih dalam satu aplikasi UberSocial. Fitur lainnya adalah Anda dapat otomatis mengirimkan isi tweet Anda ke jejaring sosial, dan juga dilengkapi dengan fitur Mute. Fitur ini berfungsi untuk œmenghilangkan sementara tweet seseorang dari timeline Anda tanpa harus meng-klik unfollow. Ini bisa menyelamatkan pertemanan Anda, atau bahkan nyawa Anda. Aplikasi yang telah diunduh sekitar 10.000.000 pengguna ini tersedia secara gratis di Google Store dengan ukuran 5.9 Mb.

 

Plume for Android

Plume for Android adalah sebuah aplikasi dari LevelUp Studio yang dikemas dengan desain yang minimalis, simpel, dan mudah digunakan. Aplikasi ini tersedia bagi Android versi 2.1 keatas. Anda dapat meng-cuztomize warna tampilan background dan juga tulisan pada tweet Anda. Anda dapat mengakses timeline, mention, direct message, maupun membuat tweet baru, dengan hanya menggeserkan jari Anda melalui kolom-kolom yang tersedia. Salah satu keunggulan Plume for Android dari twitter client lainnya adalah bahwa aplikasi ini memiliki built-in browser, sehingga Anda dapat lebih cepat membuka link ataupun membuka file photo. Aplikasi berukuran 3.5Mb ini tersedia secara gratis dan dapat langsung diunduh di Google Store.

Twicca

Twicca tersedia secara gratis dan dapat digunakan di perangkat Android diatas versi 1.6. Sizenya tergolong kecil, hanya 2.6Mb, itulah yang menyebabkan Anda dapat mengakses aplikasi ini dengan sangat cepat sekalipun Anda tidak memiliki perangkat Android yang canggih. Walaupun berukuran kecil, namun aplikasi garapan developer Tetsuya Aoyama ini memiliki segalanya yang dibutuhkan oleh setiap aplikasi twitter client. Salah satu fitur yang paling menonjol dari Twicca ini adalah Anda dibebaskan untuk merombak tampilan twitter Anda (bahkan lebih dari yang ditawarkan Plume). Anda dapat merombak tampilan akun Anda, timeline, notification, ukuran font, trending topic, sampai penunjuk warna. Jika Anda tertarik untuk mengunduh aplikasi ini, silahkan langsung unduh di Google Play.

Slices For Android

Mungkin diantara twitter client lainnya, Slices for Android adalah yang paling bungsu. Masih banyak kekurangan disana sini, namun masih banyak juga ruang untuk improvisasi. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba. Slices for Android memiliki desain yang berbeda daripada yang lain, sehingga desain lah yang menjadi keunikan aplikasi ini. Namun, fitur utama yang ditonjolkan oleh Slices adalah œslices itu sendiri. Dengan slices, Anda dapat mengorganisir dan mengelompokkan siapa saja yang akan muncul di timeline Anda. Anda dapat membuat kategorinya sendiri apakah itu teman-teman lama Anda, rekan kerja Anda, keluarga Anda, atau hanya akun-akun berita saja. Aplikasi twitter client yang berukuran 3.1Mb ini tersedia gratis di Google Play.

So, yang manakah aplikasi twitter untuk Android pilihan Anda ? [AAD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel