Tiga Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer Mac Anda

13 Feb 2013 17:00 2527 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Para pengguna komputer Windows memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan kecepatan sistem kerja komputer mereka ketika terasa begitu lambat. Pun dengan para pengguna **komputer Mac**. Sejatinya ada banyak cara meningkatkan kecepatan kerja komputer buatan Apple Inc tersebut.

Para pengguna komputer Windows memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan kecepatan sistem kerja komputer mereka ketika terasa begitu lambat. Pun dengan para pengguna komputer Mac. Sejatinya ada banyak cara meningkatkan kecepatan kerja komputer buatan Apple Inc tersebut. Ada beberapa hal dasar yang dapat Anda lakukan untuk melakukan tersebut. Berikut ulasannya.

Memonitor Aktifitas Anda

Anda tak perlu merasa frustasi ketika tengah memainkan game dan komputer Anda yang terasa begitu lambat bekerja. Ada cara cepat dan mudah untuk melakukan diagnosis terhadap permasalahan saat menggunakan komputer Apple. Cukup mmenggunakan fitur Activity Monitor yang dapat Anda temukan dalam fitur Application. Di dalamnya Anda cukup masuk ke dalam opsi Utilities dan akses Activity Monitor. Secara singkat, setiap aplikasi menggunakan beberapa persentase CPU komputer. Cukup dengan klik "% CPU" satu atau dua kali untuk mengatur daftar aplikasi untuk menurunkan perintah. Jika aplikasi-aplikas tersebut berjalan di atas 90% pengguaan persentase CPU, maka opsi tersebut akan mengenali program yang tengah berjalan dan Anda cukup klik Quit Process. Langkah pemeriksaan kecepatan lainnya adalah dengan meng-klik tab Disk Usage pada fitur Activity Monitor. Jika tab Space Free yang digambarkan dengan warna hijua terlihat terlalu dekat, Anda harus membersihkan beberapa foto dan video dari hard drive.

Membersihkan Hard Drive

Untuk membersihkan hard drive komputer Mac, masuklah ke About this Mac > More Info > Storage untuk mengetahui berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa. Carilah data seperti foto-foto, audio, film, atau beragam aplikasi untuk menemukan penghambat kecepatan komputer Anda. Jika foto menjadi masalah, pertimbangkan untuk mengirim foto-foto lama ke dalam USB atau hard disk eksternal. Selain itu, Afoto yang Anda hapus juga tidak benar-benar hilang karena hanya masuk ke dalam trash iPhoto. Aplikasi ini memiliki ruang tersendiri yang harus dikosongkan. Anda mungkin akan menemukan sekitar 500 gambar yang tengah menunggu untuk benar-benar terbuang dari hard drive.

Kurangi Dan Restart Sistem

Untuk mendapatkan tambahan kecepatan, masuklah ke dalam System Preferences > Users & Groups > Login Items. Lalu lihat boks yang telah tercontreng. Boks-boks tersebutlah yang akan berjalan setiap Anda melakukan start up komputer. Jika Anda tidak membutuhkan login item tersebut, hilangkan tanda checklist tersebut. Sudah saatnya Anda menghentikan menyimpan beragam hal di desktop. Setidaknya mulailah mengatur data-data Anda ke dalam beragam folder. Tetapi cara terbaik adalah membersihkannya.

Bagi para pengguna baru mac, pastikan Anda menutup program dengan baik. Secara sederhana, sebuah aplikasi atau browser tidak akan berhenti berjalan jika tidak ditutup secara manual. Jika program-program seperti Adobe Photoshop masih terlihat berjalan, hal tersebut dapat memperlambat kecepatan komputer Mac. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel