Inilah Cara Backup Contact Android Pada Akun Gmail Dengan Mudah

13 Feb 2013 17:30 10172 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Segala sesuatu memang perlu untuk di backup. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika barang tersebut tidak berharga itu tidak jadi masalah. Namun, akan menjadi masalah jika sesuatu hal tersebut berharga. Salah satu yang termasuk berharga adalah ponsel. Dalam menjalin relasi dengan rekan bisnis, persahabatan memang butuh ponsel untuk terus terjalin.

Segala sesuatu memang perlu untuk di backup. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Jika barang tersebut tidak berharga itu tidak jadi masalah. Namun, akan menjadi masalah jika sesuatu hal tersebut berharga. Salah satu yang termasuk berharga adalah ponsel. Dalam menjalin relasi dengan rekan bisnis, persahabatan memang butuh ponsel untuk terus terjalin. Maka dari itu perlu di jaga, terutama kontak yang ada di dalamnya. Dengan kontak atau kumpulan nomor ponsel tersebut relasi tersebut akan terus terjalin.

Begitu pentingnya kontak maka perlu adanya backup. Dengan melakukan hal yang seperti itu maka kontak yang ada pada ponsel Anda akan aman. Jadi, jika sewaktu-waktu ponsel Anda hilang, kontak yang ada di dalamnya masih dapat dikembalikan lagi. Adapun ponsel yang dapat dilakukan hanya ponsel dengan sistem operasi Android. Untuk membackup tersebut, Anda juga butuh tempat yang sekiranya tidak akan di curi oleh orang lain. Salah satu tempat yang dapat Anda jadikan tempat backup tersebut adalah akun Gmail. Akun ini merupakan akun email penyimpanan dari Google. Karena Google sudah termasuk website nomor satu maka akan besar kemungkinan kontak Anda yang tersimpan di dalamnya akan aman. Untuk langsung action, berikut cara backup contact Android pada akun Gmail.

Membuka Menu Impor atau Ekpor

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentu di mulai dari ponsel Android itu sendiri. Caranya adalah Anda buka menu. Lalu, Anda masuk ke bagian kontak. Pada menu tersebut Anda cari menu dengan tulisan impor/ekspor. Meski ada dua opsi namun Anda tetap menggunakan salah satu dari opsi tersebut. Dalam proses ini, bentuknya Anda mengirim sesuatu ke perangkat lain. Jadi, meski ada dua pilihan, hal yang perlu Anda pilih adalah ekspor.

Proses Ekpor Kontak

Ketika Anda sudah membuka menu ekpor/impor maka akan terdapat beberapa pilihan. Diantaranya adalah menu impor dari kartu SD, ekpor ke kartu SD, impor ke kartu SIM, dan ekpor ke kartu SIM. Seperti dikatakan di atas, proses ini adalah mengekspor. Jadi dari ke empat pilihan tersebut yang mungkin kita gunakan adalah ekpor ke kartu SIM dan ekspor ke kartu SD. Dari kedua pilihan tersebut, perangkat yang perlu Anda pilih adalah ekport ke kartu SIM. Setelah Anda memilih ekpor ke kartu SD maka tunggu hingga proses selesai. Dengan dilakukannya hal ini maka seluruh kontak yang ada pada ponsel ini seluruhnya akan tersimpan di kartu SD. Untuk tipe MicroSD, sesuaikan dengan ponsel Anda. Umumnya, ponsel android ini hanya support untuk MicroSD.

Menghapus Kontak

Setelah proses ekpor ke kartu SD selesai, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghapus kontak. Proses penghapusan ini dilakukan hanya pada ponsel Android Anda. Sedangkan kontak yang ada pada kartu SD dibiarkan saja. Untuk memudahkan proses penghapusan, Anda keluarkan terlebih dahulu kartu SD dari ponsel. Setelah itu, Anda hapus kontak yang ada pada ponsel. Jika sudah selesai, Anda masukkan kembali kartu SD ke ponsel yang tadi. Proses penghapusan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari adanya kontak ganda pada ponsel.

Mengimpor Kontak

setelah kartu SD sudah terdapat di dalam ponsel maka lakukan proses impor ini. Untuk melakukan hal ini Anda masuk dari awal dan pilih menu. Pada pilihan yang ada, Anda pilih impor/ekpor. Jika sebelumnya, Anda memilih ekpor, tetapi pada kali ini opsi yang di pilih adalah impor dari MicroSD.

Memasukkan Kontak ke Gmail.

Proses ini merupakan inti dari cara membackup kontak ponsel android pada akun Gmail. Jadi, setelah proses impor tersebut, Anda akan di kirim perintah "kirim kontak ke”. Pada opsi tersebut, Anda pilih akun Gmail. Bagi Anda yang belum mempunyai memiliki akun Gmail, silahkan di buat. Proses pembuatannya pun gratis dilakukan dan dapat dilakukan di www.gmail.com. Setelah itu, Anda pilih impor vCard dan tunggu hingga proses selesai. Jadi, proses import ini langsung dari kartu SD. Untuk memeriksanya, Anda dapat login ke Gmail dan pilih menu kontak. Di kolom tersebut, seluruh kontak Anda akan tersimpan. Itulah artikel Plimbi tentang cara membackup kontak ponsel android pada akun Gmail. Semoga bermanfaat. [TFK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel