Cara Merawat Handphone dan Tablet Agar Terhindar Dari Goresan

21 Jan 2013 22:00 4235 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Handphone modern memang memberikan bentuk dan desain yang indah ketika baru dikeluarkan dari kotaknya. Tetapi yang perlu kita ingat, bahan handphone modern atau yang sering disebut dengan smartphone ini rentan terhadap kerusakan besar dan kecil.

Handphone modern memang memberikan bentuk dan desain yang indah ketika baru dikeluarkan dari kotaknya. Tetapi yang perlu kita ingat, bahan handphone modern atau yang sering disebut dengan smartphone ini rentan terhadap kerusakan besar dan kecil.

Sebuah kejadian bisa membuat layar atau badannya hancur walau itu jarang terjadi, yang lebih umum dah sulit kita elakkan adalah goresan-goresan baik itu di badan handphone atau di layarnya. Ini membuat handphone kita kurang terawat dan pastinya meninggalkan kesan jelek. Kita pun kadang agak risih dengan goresan-goresan ini, terutaman untuk smartphone yang menggunakan layar sentuh dan badan yang kinclong. Bagaimana cara merawat handphone dan tablet agar tehindar dari goresan? Mari kita simak di artikel ini. Apa-apa saja tindakan kita untuk bisa mencegah hal tersebut terjadi.

Screen Protector Ini mungkin sudah lazim digunakan pengguna-pengguna smartphone atau tablet pc. Ini benar-benar bekerja melindungi layar perangkat Anda. Harganya mungkin sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu. Orang kadang berfikir mengeluarkan uang untuk plastik seukuran layar handphone atau tablet tidak pantas. Tetapi bila Anda ingin mendapatkan layar yang terawat dengan rapi, uang senilai itu bukan lah yang berat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, terkadang dana menjadi hal yang sangat penting. Jadi belilah anti-gores yang lebih berkualitas. Walau sudah menggunakan anti-gores terkadang masalah tetap timbul.

Beberapa partikel kecil sering masuk kedalam sela-sela anti-gores tersebut. Ini cukup membahayakan layar Anda. Ketika Anda merasa aman karena adanya screen protector ternyata ada yang menyelip dan kadang kasat mata mengancam layar Anda. Kita perlu memperhatikan hal tersebut. Bila penggangu seperti itu terlihat kita harus membersihkannya. Cara membersihkannya adalah dengan membuka anti-gores tersebut.

Setelah dibuka, sulit memberikan rekatan yang rapat antara layar dan anti-gores, terkadang malah tidak bisa lagi ditempelkan. Bila sudah begini, cara terbaik adalah mengganti anti-gores tersebut. Sarannya, ketika memasang anti-gores, pastikan semua sisi layar tertutupi dengan rapat, tidak ada udara yang masuk di selah antara layar dan anti-gores.

Liquid Armor Salah satu cara merawat handphone dan tablet yang unik melindungi layar dari goresan adalah dengan Liquid Armor. Produk ini diproduksi oleh perusahaan bernama Dynaflo. Mereka memberi janji kalau produk mereka tidak akan menimbulkan gelembung udara atau lipatan ketika digunakan ke layar handphone. Ini karena memang yang menjadi masalah anti-gores biasa.

Produk ini merupakan "perisai nano”yang merupakan cara mewah "menyerap berbagai tindakan yang menyebabkan goresan”. Mari kita lihat video ujicoba yang dilakukan mereka. $[Liquid Armor Screen Protector Real World Test](sp_l7Q9rJ4Y) Apakah cara merawat handphone dan tablet dengan ini benar bekerja? Mungkin dengan menonton video diatas kita bisa percaya produk ini memang lebih baik dari anti-gores biasa. Ini terlihat jauh lebih baik dibandingkan dengan produk-produk konvensional yang beredar di pasaran saat ini. Namun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan anti-gores biasa. Produk ini dibandrol dengan harga US$15.

Buat screen protector sendiri Bila Anda ingin menghemat biaya, Anda bisa menciptakan anti-gores sendiri. Carilah vinyil di toko-toko stiker dekat rumah Anda. Pilih vinyil yang memang transparan dan tidak terlalu tebal. Biasanya vinyil bila direkatkan ke layar smartphone atau tablet langsung merekat tanpa harus menggunakan perekat tambahan. Anda bisa memotongnya sendiri menggunakan pisau cukur atau senjata tajam lain yang benar-benar tajam. Cocokkan dengan besar layar Anda. ingat, ketika merekatnya usahakan tidak ada gelembung udara masuk kedalam selah vinyil dan layar. Tempelan harus benar-benar menyatu.

Lindungi permukaan perangkat Anda Seperti yang sudah diungkapkan diatas, bukan hanya layar yang perlu kita lindungi dari goresan. Permukaan smartphone sangat rentan terhadap goresan. Tidak terkecuali iPhone dan Android, terlebih-lebih iPhone karena ke-eleganan yang ditunjukkannya. Bila banyak goresan akan terlihat jelas sekali di iPhone. Saat ini kita tidak akan kesulitan menemukan berbagai produk pelindung untuk badan smartphone. Beberapa merek yang sudah cukup terkenal untuk pelindung ini adalah ZAGG Invisible Shield, Skinomi Tech Skin, Skin Shield dan lainnya.

Merek-merek ini banyak diproduksi untuk iPhone dan Samsung. Untuk perangkat-perangkat yang lain mungkin Anda bisa mencarinya dari produsen-produsen lokal. Produk ini dibuat transparan dan berusaha tidak menutupi keindahan perangkat Anda. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel